Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Komponen Utama Pada Sistem Komputer

Agar komputer dapat beroperasi dengan baik diperlukan kelengkapan komponen wajib yang harus dipenuhi. Komponen utama pada sistem komputer sendiri dibagi menjadi 3 yaitu: Hardware, Software, dan Brainware.


Untuk informasi lengkapnya bisa kita lihat di penjelasan berikut.

Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras merupakan alat yang bisa dilihat dan diraba secara langsung. Hardware atau perangkat keras akan bekerja sesuai fungsinya apabila kita beri perintah menggunakan instruksi yang sudah disesuaikan dengan hardware yang akan digunakan.

Ada lima komponen utama dari sistem perangkat keras komputer yaitu:

  1. Input device (unit masukan)
  2. Processing device (unit Pemrosesan)
  3. Output device (unit keluaran)
  4. Storage device (unit penyimpanan)
  5. Peripheral Device (unit tambahan)
Sebagai gambaran prosesnya bisa dilihat di bagan berikut.

Input Device (Unit Masukan)

Merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke komputer, yang paling umum dan wajib ada di komputer contohnya adalah keyboard dan mouse.

Selain keyboard dan mouse ada input device lain yang bisa digunakan untuk komputer misalnya untuk memasukkan gambar bisa menggunakan scanner atau webcam, untuk memasukkan suara bisa menggunakan microphone, untuk memasukkan input bermain game bisa menggunakan joystick, dan lain-lain. Input device sendiri semakin beragam dan memiliki kemampuan yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi.

Processing Device (Unit Pemrosesan)

Processing Device atau unit pemrosesan bisa dikatakan sebagai otak dan jantung dari komputer, tanpa processing device komputer kita tidak akan bisa digunakan secara normal atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Semua instruksi dari input device akan diproses oleh processing device.

Processing device atau unit pemrosesan yang wajib ada dalam sistem komputer antara lain:

Power Supply (PSU)

Power Supply atau sering juga disebut PSU merupakan hardware yang bertugas mengkonversi dan menyalurkan arus listrik ke seluruh komponen komputer.

RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan penyimpanan sementara yang digunakan untuk menjalankan sistem dan aplikasi. Semakin besar RAM maka perpindahan antar aplikasi akan menjadi semakin responsif.

Processor (CPU dan GPU)

Processor merupakan otak dari komputer, semakin canggih processor maka akan semakin cepat pula kinerja dari komputer kita.

Processor sendiri dibagi menjadi dua yaitu CPU dan GPU. 

CPU bertugas mengeksekusi perhitungan kompleks untuk menjalankan sistem operasi.

GPU atau disebut juga VGA bertugas untuk menampilkan gambar ke layar, misalnya untuk bermain game dan menonton video.

Processor sekarang kebanyakan sudah mengintegrasikan antara CPU dan GPU menjadi satu (VGA/GPU onboard) jadi kita tidak perlu membeli VGA eksternal untuk keperluan komputasi ringan.

Untuk Processor intel biasanya menggunakan VGA/GPU onboard Intel HD, sementara untuk Processor AMD biasanya menggunakan VGA/GPU onboard Radeon.

Motherboard (Mobo)

Merupakan papan untuk menempatkan PSU, RAM, Processor, dan chip-chip lain. Tanpa motherboard processing unit tidak akan bisa saling terhubung untuk menjalankan instruksi.

Output device (unit keluaran)

Output device merupakan device yang bertugas menampilkan hasil pemrosesan dari processing unit.

Contoh output device antara lain:

  • Monitor > bertugas menampilkan hasil pemrosesan dalam bentuk grafis misalnya gambar atau video. Selain monitor untuk menampilkan gambar atau video bisa menggunakan proyektor.
  • Speaker > bertugas menampilkan hasil pemrosesan dalam bentuk suara.
  • Printer > bertugas mencetak hasil pemrosesan data misalnya dokumen pada media kertas.

Storage Device (Unit Penyimpanan)

Storage Device atau unit penyimpanan merupakan device yang  bertugas untuk menyimpan data dari processing unit. bisa berupa dokumen, audio, video, gambar, dan file-file lainnya termasuk system.

Storage Device sendiri ada beragam jenisnya namun yang sering dipakai adalah Hardisk (HDD), SSD, dan NVme.

Bagi kalian yang membutuhkan kecepatan bisa menggunakan SSD atau NVme karena kecepatan baca dan tulisnya yang tinggi, namun perlu dicatat harga untuk SSD dan NVme lebih mahal dibandingkan HDD.

Jika kalian menginginkan penyimpanan yang besar dengan harga yang lebih terjangkau bisa menggunakan HDD sebagai media penyimpanan utama. 

Peripheral Device (Unit Tambahan)

Peripheral Device atau unit tambahan merupakan unit yang tidak wajib ada pada sistem komputer, penambahan peripheral device digunakan sesuai kebutuhan, misalnya:

Modem

modem digunakan untuk mengkoneksikan komputer ke jaringan internet dari ISP.

VGA Eksternal

VGA Eksternal diperlukan jika kita menggunakan komputer untuk kebutuhan grafis yang berat misalnya gaming, desain grafis, atau rendering video. Ada dua brand besar yang bersaing di pasar VGA eksternal ini yaitu NVIDIA dan AMD.

Sound Card Eksternal

Setiap motherboard sudah memiliki sound card onboard yang bisa  memberikan instruksi audio ke speaker dengan kualitas yang cukup baik. Namun untuk keperluan khusus seperti studio recording perlu ditambahkan sound card yang mumpuni untuk menghasilkan audio yang diharapkan.

Software

Berbeda dengan hardware, software tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa dioperasikan. Software atau perangkat lunak merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. 

Software sendiri dalam distribusinya dibagi menjadi 2 kategori yaitu berbayar (paid) dan gratis (freeware).

Brainware

Brainware adalah orang atau manusia yang menjalankan komputer. Ada dua tingkatan brainware yaitu operator (hanya bisa mengoperasikan atau memakai program) dan Tingkatan yang lain adalah programmer (pembuat program).

Kesimpulan

Agar komputer bisa beroperasi dengan baik perlu sinergi yang baik antara Hardware, Software, dan Brainware. Brainware sebagai operator memberikan instruksi ke komputer melalui input device yang akan diterjemahkan oleh software agar bisa diproses oleh processing device yang hasilnya akan dikeluarkan melalui output device.

Demikian Penjelasan Lengkap Komponen Utama Pada Sistem Komputer terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Komponen Utama Pada Sistem Komputer"