Cara Gampang Mengatasi Android Bootloop (Stuck di Recovery Mode)

Android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di dunia. Banyak user dan vendor yang suka dengan sistem operasi ini karena lebih mudah di custom untuk ditambahkan fitur-fitur baru. 

Vendor-vendor smartphone seperti samsung, xiaomi, oppo, vivo, realme, LG, sony, dan beberapa brand smartphone lainnya sebagian besar lini smartphone mereka menggunakan android sebagai sistem operasinya. 

Namun android bukanlah sistem operasi yang tanpa celah, terkadang kita menemui kendala saat menggunakan hp ber os android, salah satunya stuck di menu recovery. 

Stuck di menu recovery artinya ketika hp di matikan dan dinyalakan ulang tidak bisa kembali ke menu home screen, meskipun kita restart berulang kali akan tetap kembali ke menu recovery seperti di bawah. 
Kondisi stuck atau nyangkut di menu recovery dapat disebabkan oleh banyak hal seperti salah update ROM, file ROM yang corrupt, malware yang merusak sistem, atau bisa juga karena hal lain seperti terkena benturan. 
Tapi jangan panik, kita bisa kok mengatasinya sendiri. 

Kebetulan hp realme 3 pro temen saya ada yang ngalamin stuck di menu recovery ini sob, sekalian lah saya tulis kali aja manfaat. Selain Realme cara di bawah bisa juga kok buat vendor lain seperti xiaomi, oppo, samsung, lg, dan lainnya. Mungkin hanya tampilan menunya saja yang sedikit berbeda. 

Cara Mengatasi Android Realme, Xiaomi, dan lainnya Stuck Di Menu Recovery

1. Download ROM Recovery
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah download ROM Recovery yang sesuai dengan seri HP, Ingat ROM Recovery dan seri HP harus sama! Kalau gak sama bisa tambah parah nanti 😅. 
Untuk realme bisa klik di sini
Untuk xiaomi bisa klik di sini
Untuk vendor hp lain bisa search sendiri di google dengan keyword "recovery Rom 'Merk Hp sobat'' cari saja yang official dari vendor hp masing-masing. 
Ukuran file cukup besar berkisar antara 1GB - 2GB setiap hp akan berbeda. 

2. Pindahkan ROM yang sudah di download ke Micro SD. 
Jika hp kalian ada slot micro sd, pindahkan Recovery ROM ke micro SD. Kalau tidak ada slot micro SD kalian harus pakai PC atau laptop. 
Sambungkan HP ke laptop lewat kabel data dan transfer Recovery ROM ke HP. 

3. Install Recovery ROM
Langkah terakhir install ROM Recovery yang sudah di download tadi. Pada menu recovery klik install from storage, lalu cari file ROM Recovery nya. 
Jika sudah tunggu proses instalasinya. Kalau ada perintah untuk restart pilih restart, kalau tidak ada biasanya akan otomatis restart dan hp bisa nyala secara normal. (baca juga: Mengatasi Xiaomi Hardbrick (Mati Total) Tanpa Bongkar HP)

Sekian cara cara gampang mengatasi android bootloop (stuck di recovery mode), mohon maaf karena tidak ada gambar di setiap langkahnya karena gak sempet ngefotoin. 
Dan ingat ROM harus sesuai dengan seri hpnya, DWYOR. Selamat mencoba 😁.