Mengatasi Xiaomi Hardbrick (Mati Total) Tanpa Bongkar HP

Mungkin sekarang sobat lagi berhadapan dengan masalah hp Xiaomi yang mati total, tidak merespon saat dicharrge, gak bisa masuk mode apapun baik recovery ataupun fastboot atau orang luar sana sering menyebutnya dengan hardbrick.

Di artikel saya yang sebelumnya saya sudah share cara Menghidupkan HP Xiaomi Mati Total Tanpa PC Tanpa Root. jika masih belum berhasil kemungkinan ada masalah pada OS androidnya, kita harus flash ulang agar bisa menyala kembali. Tapi untuk flash ini kita wajib punya PC atau Laptop ya sob dan kalau bisa gunakan kabel original dari xiaomi, kalau gak ada kabel lain juga gak papa pastikan kualitasnya bagus, soalnya pernah kejadian saya flash gagal terus ternyata kabelnya yang bermasalah.

Oke lanjut ke cara flash hp xiaominya, tapi ingat DWYOR (Do with Your Own Risk) alias resiko ditanggung sendiri ya sob, saya hanya coba membantu sebisa saya.


1. Download File yang Dibutuhkan.

Sebelum melakukan flash hp xiaomi yang hard brick kita butuh 3 files di bawah untuk di download.

  • HS-USB QDLoader 9008 (Klik di sini jika windows kalian 64 bit, klik di sini jika windows kalian 32 bit)
  • Mi Flash Tool, download di sini
  • Download fastboot ROM (format .tgz) Sesuai Tipe HP! Silahkan pilih di sini (Saya sarankan jangan download pakai IDM karena kadang format file berubah)

2. Install HS-USB QDLoader 9008
caranya double klik pada file instalasinya , nanti bakalan keluar instalasi seperti di bawah, klik next.

Jika sudah akan keluar konfirmasi license agreement, pilih "accept the terms in the license aggrement." lalu klik next.

3. Install Mi Flash Tool
Kalau ini sebenarnya tidak perlu diinstall, cukup extract saja ke folder yang diinginkan.
Lalu double klik pada XiaoMiFlash.exe

Kalau berhasil akan muncul aplikasinya seperti berikut, klik driver, lalu pilih install.

4.  Flashing HP
Di komputer klik start, lalu ketik Device Manager, Pantengin terus Ports (COM & LPT). Sekarang pegang HP, secara bersamaan tekan dan tahan tombol power dan volume down (-), tahan terus sambil sambungkan hp ke PC atau Laptop menggunakan kabel data, tahan terus tombolnya, agak lama memang bisa 1 menit lebih,, sabar 😉 sambil pantengin komputer kalau sudah muncul Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COM XX) artinya hp sudah berhasil terhubung ke komputer di mode EDL.

Sekarang buka Miflash Tool,
  1. Klik Refresh Sampai Device terdeksi, biasanya "COMXX" (XX berupa angka biasanya beda-beda di tiap komputer) kalau belum keluar COMXX ulangi lagi langkah sebelumnya.
  2. Klik select, lalu cari dan pilih fastboot rom yang sudah di download tadi.
  3. Pilih metode flashnya, kalau clean all semua data akan terhapus, kalau save user data data tidak akan terhapus, tinggal pilih sesuai kebutuhan kalau ingin benar-benar bersih saran saya pilih clean all
  4. Klik flash, tunggu hingga proses  selesai jika berhasil maka hp akan restart secara otomatis.

Demikian sob cara Mengatasi Xiaomi Hardbrick (Mati Total) Tanpa Bongkar HP, hp yang sudah saya flash statusnya sudah UBL jadi memang lebih gampang di flash, tapi seharusnya bisa juga di terapkan di hp yang belum UBL . Terima kasih sudah berkunjung, silahkan di share jika bermanfaat. 😁

Posting Komentar

0 Komentar