Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(No Root) Mengatasi Kamera Ultra Wide Xiaomi, Samsung, Realme, OPPO Blur Saat Gelap

Akhir-akhir ini trend kamera di dunia smartphone mengarah kepada persaingan besarnya megapixel dan jumlah kamera yang tersemat pada sebuah smartphone.

Biasanya paket kamera yang di tawarkan adalah kamera utama dengan megapixel besar, kamera bokeh, kamera macro dan juga kamera ultra wide. Kalau menurut saya, selain kamera utama yang bersensor besar, kamera lain yang sangat berguna dan sering dipakai adalah kamera ultra wide, karena dengan kamera ultra wide kita bisa mengambil gambar dengan sangat luas dan menciptakan hasil panorama yang unik yang mana tidak bisa nih sob di ambil dengan kamera utama.

Untuk memotret di cahaya cukup saya rasa hasilnya sudah cukup bagus, tapi ketika malam hari dimana cahaya sangat minim, hasil foto kamera ultra wide akan terlihat sangat gelap dan tidak tajam sob, apalagi untuk smartphone mid atau low entry karena biasanya tidak tersedia menu night mode di lensa ultra widenya. Tapi tenang sob tidak usah risau saya punya kok trik untuk mengatasinya, yuk kita simak sama-sama.

Mengatasi Kamera Ultra Wide Xiaomi, Samsung, Realme, OPPO Blur Saat Gelap No Root

Untuk meningkatkan hasil foto kamera ultra wide saya punya dua cara sob, bisa pakai "pro mode" atau "Gcam" kalian bisa pilih salah satu yang menurut kalian paling mudah. Disini saya prakteknya pakai hp Xiaomi ya sob, karena punyanya itu hehehe, untuk hp lain bisa menyesuaikan.

1. Pakai Pro Mode Kamera Bawaan.

  • Buka aplikasi kamera bawaan hp masing-masing
  • Cari mode pro/expert/manual (tergantung hp masing-masing)
  • Pada bagian "Lens" pilih Ultra Wide/ UW
    Ultrawide Xiaomi Jernih

  • Pada bagian "S" coba geser ke kanan misalnya pilih 1 detik jika masih gelap bisa tambah lagi, jika terlalu terang bisa kalian kurangi, usahakan tangan stabil saat pengambilan karena shutter speed akan lebih lambat.
    Ultrawide Xiaomi Jernih

  • Coba sekarang ambil foto, pasti hasilnya gak gelap lagi sob.

2. Pasang GCam

Bagi kalian yang gak pengen ribet setting, atau tidak ada mode pro di kamera bawaan, bisa coba pasang GCam sob. Tapi Gcam di tiap hp beda-beda ya sob coba cari yang sesuai dengan tipe hp kalian san jangan lupa pasang config nya. Untuk cara install gcam bisa klik postingan saya sebelumnya Pasang GCAM Terbaik.
  • Buka GCam
  • Pilih Menu Night Sight
  • Ganti ke lensa wide, pilihan biasanya ada di pojok kanan atas, atau kalau tidak ada coba tekan dan tahan tombol ganti kamera di sebelah kiri tombol shutter sampai keluar menu ganti lensa
    Ultrawide Xiaomi Jernih

  • Coba ambil gambar, hasilnya pasti lebih mantab!

Untuk yang penasaran perbandingan hasil fotonya bisa klik di sini sob. Baca Juga: Cara Setting Foto Malam Hari Kamera HP Android, Bisa Foto Bintang dan Galaxy Tanpa Install Aplikasi!

Demikian Cara Mengatasi Kamera Ultra Wide Xiaomi, Samsung, Realme, OPPO Blur Saat Gelap No Root, semoga membantu silahkan di share jika bermanfaat.

1 komentar untuk "(No Root) Mengatasi Kamera Ultra Wide Xiaomi, Samsung, Realme, OPPO Blur Saat Gelap"