Install GCAM Terbaik Xiaomi Redmi Note 8 Pro (Mediatek G90T) No Root

GCAM LOGO
Xiaomi Redmi Note 8 Pro meupakan jajaran mid level dari Redmi yang release di akhir tahun 2019 lalu. Kemunculannya sangat di tunggu-tunggu karena memiliki value price to performance yang sangat baik sob. Bayangin di akhir tahun 2019 dengan budget 3 jutaan kita dapat hp quad camera 64MP, layar HDR, PUBG bisa smooth extreme, ada NFC, ada liquid cooling, body depan belakang pakai kaca corning gorilla glass 5, dan fitur-fitur menarik lainnya.

Namun dibalik itu semua banyak yang meragukan Redmi Note 8 Pro ini saat awal-awal release, yang di sebabkan oleh penggunaan SoC Mediatek sebagai dapur pacunya. Seperti yang kita tahu track record smartphone Xiaomi jika menggunakan mediatek tidak sesukses smartphone Xiaomi lainnya yang menggunakan SoC Snapdragon, karena beberapa alasan.
 
Pertama pasti ngeluh panas banget kalau pakai mediatek, ya memang seri-seri mid dan low end mediatek sebelumnya sangat cepat panas dan tidak stabil, namun mulai seri Helio G90T nampaknya Mediatek sudah berbenah karena isu panas berlebih sudah gak ada di Redmi Note 8 Pro.

Kedua sangat sedikit kustomisasi. Bagi para opreker SoC mediatek bukan pilihan utama jika membeli smartphone baru, karena kalian tahu sendiri developer Snapdragon diluar sana bejibun sob, jadi gampang cari custom-custom ROMnya. Berbeda dengan Mediatek yang jarang banget ada Custom ROM, meskipun gitu jangan khawatir sob Redmi Note 8 Pro cukup populer di luar sana, jadi developer khusus untuk Mediatek di Redmi Note 8 Pro cukup banyak dan mulai bermunculan.

Ketiga gak bisa install GCAM? Nah nyambung ke masalah oprek-oprek tadi, ini merupakan masalah yang paling tidak di sukai oleh oprekers kebanyakan smartphone Mediatek tidak bisa di instal GCAM. Karena basis dari GCAM sendiri adalah dari GOOGLE PIXEL yang pakai Snapdragon yang tentunya harus ada usaha lebih untuk memasukkannya ke Smartphone dengan SoC Mediatek. Tapi tenang sob,, khusus Redmi Note 8 Pro juga bisa kok di instali GCAM tanpa root!

Apa itu GCAM? GCAM adalah software kamera eksklusif untuk ponsel google pixel, yang dikenal memiliki dynamic range yang bagus, dan hasil foto low light yang sangat memukau, di kondisi sangat gelap pun GCAM bisa menghasilkan gambar yang sangat baik. Hal ini yang membuat para developer sangat tertarik untuk memporting GCAM ke ponsel lain.

Sebagai Contoh saya ambil foto seperti di bawah, yang pertama pakai aplikasi kamera bawaan xiaomi, dan yang ke dua pakai GCAM. Bisa di lihat Dynamic Range aplikasi bawaan xiaomi kurang bagus karena langit terlihat terlalu putih sehingga bendera hampir tidak terlihat, sedangkan hasil jepretan dari GCAM dynamic rangenya lebih baik , warna langit terlihat biru dan bendera bisa terlihat jelas.

Hasil Foto Aplikasi Kamera Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto GCAM Redmi Note 8 Pro

GCAM akan berjalan sangat baik di smartphone Snapdragon karena google pixel memakai SoC Snapdragon, untuk porting ke smartphone SoC Mediatek tentu membutuhkan usaha ekstra. Beruntung untuk Redmi Note 8 pro ada banyak developer yang mencoba untuk porting ke ponsel ini dan sudah ada beberapa gcam yang bisa diinstal, meskipun masih kurang sempurna. 

Berikut GCAM yang work di Redmi Note 8 Pro (Mediatek):

1. GCAM 6.1 Reborn
Masalah utama GCAM di Redmi Note 8 Pro adalah view finder yang patah-patah atau lag, jadi kurang nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Nah di versi ini isu lag view finder sudah dapat di atasi oleh developer Wyroczen jadi lebih enak buat jepret-jepret. Fitur-fitur lain seperti perekaman video  juga bisa berjalan dengan normal.
Untuk instalasinya gampang kok, pertama download 2 file di bawah:


Setelah terdownload install GCAM 6.1, jika muncul warning seperti di bawah allow saja.
Allow Install Unknown Application

Allow Install Unknown Application
Jika sudah sekarang extract dan pindahkan file Config GCAM 6.1 ke foloder GCam/Configs
Sekarang Buka GCam yang sudah terinstal tadi, lalu ketuk dua kali di bagian yang saya lingkari warna hijau, lalu pilih config yang sesuai dengan keinginan dan jangan lupa pilih restore.

Oh iya semua lensa bekerja dengan baik di GCAM ini, untuk berpindah ke lensa wide cukup pilih "Aux1", untuk ke Macro pilih "Aux2".

2. TRCAMERA
TRCamera sebenarnya memiliki basis GCAM, tepatnya versi GCAM Versi 7 yang memiliki keunggulan di fitur astrophotography yang tidak di miliki oleh GCAM 6.1. Fitur ini sangat berguna untuk memotret rasi bintang di malam hari.  Namun kekurangan dari versi ini adalah viewfinder yang masih lag, sehingga cukup mengganggu ketika ingin mengambil foto. 
Jika berminat silahkan download 2 file di bawah:


Cara installnya sama seperti GCAM 6.1 tapi file config TRcamera 7.1 di masukkan ke dalam folder trCamera/XMLConfigs.

Update!!!! 
3. PixelCam X2
Ada update gcam baru nih sob, pixelcam x2. PixelCam X2 pakai basis GCam 6.1 yang tentunya sudah tidak lag di viewfindernya, semua lensa juga bisa di pakai dengan normal. 
Kelebihan dari PixelCam ini menurut saya si ada di night mode nya yang mantab. Bisa dilihat perbandingan foto di bawah, foto pertama pakai ultra wide aplikasi kamera bawaan xiaomi, dan foto kedua pakai PixelCam X2. 
keliatan bener bedanya kan sob! 
Kalau berminat silahkan download file berikut:


Cara pakainya gampang, cukup install seperti biasa PixelCam X2 nya, lalu pindahkan file config yang sudah di download ke folder Pixelcam/X. Buka PixelCam X2 lalu pilih confignya (caranya persis seperti di gcam 6.1 reborn) 

update: GCAM di atas sudah saya coba install di MIUI 12 dan bisa berjalan dengan baik

Demikian GCAM Terbaik Xiaomi Redmi Note 8 Pro (Mediatek G90T) No Root, sebenarnya ada beberapa GCAM lain yang bisa diinstal di Redmi Note 8 Pro namun saya rasa 2 GCAM di atas sudah cukup mewakili GCAM yang lainnya, Jika ada update GCAM terbaru yang lebih baik akan saya update di halaman ini, jadi stay tune aja terus dan silahkan di share jika bermanfaat 😁.

Baca Juga:

Posting Komentar

0 Komentar