Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Foto Malam Hari Kamera HP Android, Bisa Foto Bintang dan Galaxy Tanpa Install Aplikasi!

Kamera HP sudah berkembang sangat pesat semenjak kehadiran Android, hasil jepretan kamera HP sudah sangat baik jika dalam kondisi cukup cahaya, namun beda cerita untuk foto di kondisi gelap misalnya pada malam hari. Untuk hasil foto yang jernih di malam hari diperlukan hp dengan spesifikasi kamera bagus, hp dengan kamera jernih di malam hari ini harganya biasanya berada kelas di menengah ke atas.

Kenapa Foto Malam Hari Pakai Kamera HP Hasilnya Jelek?

Untuk menghasilkan foto yang bagus di malam hari, sensor kamera harus bisa mengumpulkan cahaya yang cukup untuk menghasilkan Foto malam hari yang cerah dan tajam, selain itu sensor juga harus di tunjang dengan chipset yang mumpuni agar hasilnya maksimal dan proses pengambilan gambarnya cepat. Kita bahkan bisa memfoto bintang dan galaxy dengan hp jika syarat-syarat itu terpenuhi.
Pada HP entry level atau HP murah, sensor dan chipset kurang powerful untuk menangkap detail foto malam hari, sehingga kebanyakan foto malam hari menggunakan hp entry level hasilnya gelap, banyak noise, dan sering ngeblur (karena tidak ada OIS).

Bagaimana Cara Setting Foto Malam Hari Kamera HP Android?

Jika kalian merasa hasil foto malam hari kamera hp android kurang jernih, kita bisa melakukan setting kok sob tanpa harus install aplikasi tambahan. yuk kita cek sama-sama caranya.
  • Buka aplikasi kamera bawaan HP kalian.
  • Lalu cari mode pro atau mode manual.
  • Di hp Xiaomi kurang lebih akan seperti ini tampilannya, untuk di hp merk lain kurang lebihnya sama. 
    Mode Manual Kamera Android
  • Lihat pada bagian bawah, secara default settingnya adalah "Auto" alias otomatis.
  • Tap pada "S", "S" (shutter speed) adalah kecepatan rana pada kamera terbuka, semakin lama membuka maka akan semakin banyak cahaya yang dikumpulkan sensor.
    Mode Manual Kamera Android
  • Dalam mode pro ini kita bisa atur shutter speed sesuai keadaan sob, pertama kita bisa coba ke 1 detik, jika masih gelap bisa dinaikkan lagi ke 2 detik, jika masih kurang terang bisa dinaikkan lagi.
Namun perlu diingat sob, semakin tinggi shutter speed maka loading pengambilan gambar akan semakin lama, dalam proses pengambilan gambar tangan kita tidak boleh goyang sedikitpun, karena akan menyebabkan gambar menjadi blur, untuk menghasilkan gambar yang sempurna tanpa blur kita bisa memanfaatkan tripod atau bisa juga meletakkan HP di tempat yang stabil.

Cara Memfoto Bintang dan Galaxy Menggunakan HP Android Murah

Jika kondisinya memungkinkan kita bisa memfoto bintang dan galaxy juga loh sob, caranya sama yaitu setting shutter speednya.
  • Cari tempat lapang yang gelap tanpa ada gangguan sinar lampu.
  • Pasang HP ke Tripod, arahkan ke langit.
  • Masuk ke mode pro atau mode manual.
  • Setting shutter speed "S" ke paling tinggi (sebagian hp ada yang sampai 32 detik ada juga yang hanya 16 detik). 
    Mode Manual Kamera Android
  • setting ISO ke paling maksimal (biasanya 3200).
  • Ambil gambar (kalau bisa aktifkan timer agar hp tidak goyang saat kita mengambil gambar) dan tunggu proses pengambilan gambar selesai, pastikan hp tidak bergoyang sedikitpun saat proses berlangsung.

Kesimpulan 

Kita bisa membuat hasil Foto Malam Hari Kamera HP Android Murah menjadi jernih bahkan bisa memfoto bintang dan galaxy hanya dengan melakukan setting manual pada shutter speed, namun perlu diingat tangan kita harus benar-benar stabil saat mengambil gambar agar hasilnya tidak blur.
Demikian sob Cara Setting Foto Malam Hari Kamera HP Android, Dijamin Terang Tanpa Install Aplikasi! Terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Foto Malam Hari Kamera HP Android, Bisa Foto Bintang dan Galaxy Tanpa Install Aplikasi!"