Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti MIUI Indonesia ke MIUI China atau Global

Seperti yang kita ketahui untuk ROM MIUI di hp Xiaomi di bagi menjadi beberapa region diantaranya ada China, Global, EAA, Rusia, India, Indonesia dan lainnya. Pembagian ini di lakukan agar ROM lebih optimal untuk kebutuhan daerah yang lebih spesifik.
Tapi pembagian ini juga terkadang menimbulkan kecemburuan, karena beberapa region akan mendapat update yang lebih cepat dari region lainnya yang bedanya biasanya mencapai beberapa bulan.

Menurut pengalaman saya sih yang paling cepat dapat update adalah ROM China, yang kemudian disusul oleh ROM global. Kalau ROM Indonesia biasanya lebih lama apalagi kalau ada update besar-besaran, misalnya dari MIUI 12 ke MIUI 12.5 kalau di hitung-hitung jeda dari update ROM China bisa sampai setengah tahun lebih sob.

Kondisi ini lah yang membuat beberapa user ingin mengganti ROM MIUI Indonesia mereka menjadi MIUI China atau Global. Perlu diperhatikan, untuk ROM China tidak ada play store ya sob, jadi kalau ingin ganti MIUI yang ada playstorenya mending ganti ke MIUI Global.

Cara Ganti MIUI Indonesia ke China/Global

Untuk mengganti ROM Indonesia menjadi China atau Global bisa cek cara berikut:

1. UBL (Unlock Boot Loader)

Untuk mengganti region ROM perlu dilakukan UBL sob, kalau dulu sebelum ada region-regionan kita bebas pindah dari ROM China ke ROM Global tanpa UBL, tapi sejak 2018 (kalau tidak salah zamannya Redmi Note 5) untuk pindah region harus UBL terlebih dahulu sob.
Untuk cara UBL Xiaomi Bisa cek postingan saya berikut Cara Dasar UBL, Pasang TWRP, Root dan Custom Rom Xiaomi untuk Pemula.
Cukup sampai proses UBL saja sob tidak usah sampai ke yang lain-lain.

2. Download File yang Dibutuhkan.

Sebelum ganti ROM hp xiaomi, kita butuh 2 files di bawah untuk di download.
  • Mi Flash Tool, download di sini
  • Download fastboot ROM (format .tgz) Sesuai Tipe HP! Silahkan pilih di sini (Saya sarankan jangan download pakai IDM karena kadang format file berubah) dan extract ROM yang sudah terdownload menggunakan WinRar.

3. Install Mi Flash Tool

Kalau ini sebenarnya tidak perlu diinstall, cukup extract saja ke folder yang diinginkan.
Lalu double klik pada XiaoMiFlash.exe
Cara Ganti MIUI Indonesia ke MIUI China atau Global

Kalau berhasil akan muncul aplikasinya seperti berikut, klik driver, lalu pilih install.
Cara Ganti MIUI Indonesia ke MIUI China atau Global

4. Masuk fast boot mode

Sekarang matikan hp kalian, dan hidupkan kembali dengan cara tekan dan tahan tombol power dan volume down (-) secara bersamaan, hingga muncul tampilan mi bunny yang menandakan kita sudah masuk mode fastboot seperti di bawah.
Cara Ganti MIUI Indonesia ke MIUI China atau Global

5. Buka Miflash Tool

Cara Ganti MIUI Indonesia ke MIUI China atau Global

  • Klik Refresh Sampai Device terdeksi, kalau belum keluar coba ulangi lagi langkah sebelumnya.
  • Klik select, lalu cari dan pilih fastboot rom yang sudah di extract tadi.
  • Pilih metode flashnya (menu yang ada di bawah), kalau clean all semua data akan terhapus, kalau save user data data tidak akan terhapus, tinggal pilih sesuai kebutuhan kalau ingin benar-benar bersih saran saya pilih clean all dengan catatan semua data yang ada diinternal memory akan terhapus.
  • Klik flash, tunggu hingga proses  selesai jika berhasil maka hp akan restart secara otomatis.
Jika sudah menyala coba cek di about phone, untuk melihat ROMnya sudah berubah atau belum. (Baca juga:(No Root) Mengatasi Kamera Ultra Wide Xiaomi, Samsung, Realme, OPPO Blur Saat Gelap)
Demikian Cara Ganti MIUI Indonesia ke MIUI China atau Global, semoga bisa membantu silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Ganti MIUI Indonesia ke MIUI China atau Global"