Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Dasar UBL, Pasang TWRP, Root dan Custom Rom Xiaomi untuk Pemula


Sistem operasi android dikenal memiliki kemudahan dalam proses kustomisasi baik itu hanya tampilan maupun sampai kesistemnya. salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pengguna android adalah memasang custom rom.

Ada beberapa alasan kenapa beberapa user memasanng custom rom seperti menginginkan kustomisasi fitur yang lebih banyak, peningkatan performa untuk gaming, meningkatkan kualitas audio, kamera dan sebagainya.

Untuk memasang custom rom kita harus memiliki akses ke sistem android yaitu dengan cara Unlock Bootloader atau sering disebut UBL. Setelah di UBL kita akan memiliki akses lebih dalam di hp android, sehingga kita bisa memasang custom recovery seperti TWRP untuk menginstal custom rom di hp android kita.

Langkah dan bahan custom rom setiap brand dan seri HP berbeda-beda sob, jadi jangan coba-coba pakai custom rom seri hp lain meskipun di brand yang sama, karena efeknya bisa fatal.

Kali ini akan saya share Cara Dasar UBL, Pasang TWRP, Root dan Custom Rom untuk Xiaomi sob, sehingga kalian ada gambaran bagaimana sih cara untuk menginstallnya. 

Untuk bahan-bahan custom rom mungkin akan saya share terpisah di postingan selanjutnya, karena seperti yang saya jelaskan tadi untuk custom rom harus benar-benar sesuai dengan seri hpnya.

Untuk custom ROM Xiaomi secara garis besar alurnya seperti ini sob: Unlock Botloader (UBL), pasang custom recovery (biasanya TWRP), pasang custom rom, root (opsional). terlihat simple tapi tetap harus hati-hati untuk menghindari bootloop atau hardbrick.

Unlock Botloader (UBL)

UBL merupakan langkah paling awal untuk melakukan custom rom, dengan UBL kita bisa mendapatkan akses untuk memasang custom recovery.

Untuk UBL ada 2 cara sob, yang resmi dan tidak resmi (bypass). Untuk UBL sih saya sarankan pakai yang resmi saja untuk menghindarkan hal-hal yang kurang menyenangkan.

Cara UBL Xiaomi:

1. Pastikan HP Xiaomi kalian login ke Mi Account yang usianya minimal 3 hari.
2. Backup semua data yang ada di internal memory untuk berjaga-jaga.
3. Aktifkan Developer Option di HP Xiaomi kalian dengan cara masuk ke settings > About phone > tap 7x pada MIUI Version sampai muncul notifikasi Developer Option telah aktif.
4. Aktifkan OEM Unlocking, masuk ke settings > additional settings > developer options > aktifkan OEM unlocking.
5. Masuk ke Mi unlock status
Disini terlihat kalau device masih terkunci yang artinya bootloader masih terkunci.
Di menu Mi unlock status ini klik account & device, tunggu sampai ada notifikasi kalau device berhasil di tambahkan (pastikan dalam proses ini pakai data ya sob, jangan pakai wifi karena kalau pakai wifi bisa dipastikan gagal).

5. Aktifkan USB Debugging
6. Download Mi Unlock Tools dan ADB Fastboot install ke duanya di laptop atau PC kalian.
7. Buka aplikasi Mi Unlock Tools, login ke Mi Account yang sama dengan hp Xiaomi kalian dan tampilan aplikasi akan seperti di bawah.
8. Sekarang kembali ke HP Xiaomi kalian lagi, matikan hp kalian, lalu hidupkan kembali dengan cara menahan tombol power dan volume down (volume -) secara bersamaan, hingga masuk ke mode fastboot seperti gambar di bawah.

9. Sambungkan HP Xiaomi kalian ke PC atau laptop menggunakan kabel USB maka status di aplikasi akan berubah menjadi "Phone Connected"
10. Klik Unlock, jika berhasil akan muncul notifikasi "unlocked successfully."
11. Terakhir klik Reboot Phone, dan coba cek kembali di mi unlock status. jika berhasil UBL maka gambar gembok akan terbuka.

Pasang TWRP

Setelah berhasil UBL HP Xiaomi kita, langkah selanjutnya adalah Pasang TWRP. Pasang TWRP ini gampang-gampang susah sob. 

Perlu diingat untuk pasang TWRP harus pakai versi yang sesuai dengan HPnya, misalkan hp kalian Redmi Note 4 pastikan pakai TWRP untuk Redmi Note 4 karena kalau salah proses pasang TWRP di pastikan gagal yang bisa menyebabkan bootloop. 

Cara install TWRP cukup simple, kalian cukup cari TWRP installer sesuai seri HP kalian biasanya dalam bentuk CMD. 
Tampilan menu kurang lebih seperti ini:
cukup pilih menu yang kalian perlukan, dangan mengetik angka sesuai menu yang dibutuhkan, klik enter, tunggu proses sebentar, jika berhasil HP akan langsung restart ke menu TWRP yang tampilannya kurang lebih seperti ini sob.



Pasang Custom ROM

Setelah TWRP terpasang sekarang saatnya pasang custom rom. kalian bisa cari dan download custom rom yang kalian sukai (formatnya .zip), tapi sekali lagi pastikan sesuai dengan seri hp kalian ya sob.

Untuk pasang custom rom caranya seperti ini sob:

1. Backup data penting dari internal memory.
2. Pastikan baterai terisi minimal 50%.
3. Pindah custom rom (format .zip) ke folder yang mudah dicari.
4. Masuk ke TWRP, kalian bisa akses dengan cara matikan hp, lalu hidupkan kembali dengan cara tekan dan tahan tombol power dan volume up + volume down secara bersamaan.
5. Sekarang pilih menu wipe, pilih Dalvik / ART Cache, System, Data, Cache. Fungsi dari wipe ini agar custom rom bisa terinstall dengan bersih sehingga tidak ada bug saat penggunaan.
6. Sekarang pilih menu install, cari file custom rom yang sudah kalian download tadi. Swipe ke kanan pada panah biru "Swipe to confirm flash", tunggu hingga proses selesai.

7. Kembali ke menu utama TWRP dan pilih reboot > system. Otomatis HP android kalian akan restart, untuk proses restart pertama ini mungkin akan sedikit lama antara 10 sampai 30 menit, jadi sabar aja sob.
Tapi kalau lebih dari 30 menit belum nyala kemungkinan terjadi bootloop, Bisa jadi ada yang terlewat saat proses instalasi. kalian bisa coba ulangi langkah install custom ROM dari awal dengan teliti atau coba ganti dengan custom rom yang lainnya.

Root

setelah custom rom yang biasa dilakukan oleh opreker adalah root, tapi root ini opsional sih sob. Kalau kalian sudah merasa puas dengan performa dan kustomiasasi custom rom yang sudah terinstall saya rasa tidak perlu untuk root. Tapi kalau terasa masih kurang kalian bisa kok melakukan root. 

Untuk root ada beberapa pilihan tapi yang paling sering dipakai biasanya Magisk Manager karena Magisk memiliki beberapa fitur yang cukup penting salah satunya bisa menyembunyikan status root untuk beberapa aplikasi seperti perbankan, netflix, android pay, pokemon GO dan lainnya sehingga kita tetap bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut meskipun hp kita dalam keadaan root.

Cara Root Xiaomi Magisk:

1. Download Magisk sesuai seri HP kalian, bisa di download di sini 
2. Masuk ke TWRP, pilih Install dan cari file magisk yang sudah di download tadi.
3. geser kekanan pada "Swipe to Confirm Flash" dan tunggu proses selesai
4. Terakhir kembali ke menu awal TWRP pilih reboot > system.
5. Setelah HP menyala install apk magisk dari link berikut > Download Magisk Manager

Demikian Cara Dasar UBL, Pasang TWRP, Root dan Custom Rom Xiaomi untuk Pemula, semoga bisa menjadi gambaran bagi kalian yang baru pertama kali oprek hp android terutama Xiaomi.

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan dishare jika bermanfaat.
 

2 komentar untuk "Cara Dasar UBL, Pasang TWRP, Root dan Custom Rom Xiaomi untuk Pemula"