Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecepatan WiFi Indihome 10 Mbps Sebelum dan Setelah FUP


Mungkin sobat ada yang ingin berlangganan  indihome tapi masih bertanya-tanya dan bimbang tentang sisi positif dan negatif dari Indihome. Disini saya coba share pengalaman saya pakai paket indihome 10Mbps internet only selama kurang lebih 2 tahun kebelakang, mungkin akan bisa memberi sedikit referensi bagi sobat sekalian.
Yang pertama mari kita mulai dari kecepatan yang di peroleh baik kecepatan download maupun uploadnya.

Kecepatan Download dan Upload Indihome 10Mbps


Kalau saya test dengan aplikasi speed test by ookla kecepatan download dari paket ini kurang lebih 10Mbpsan sesuai dengan yang di klaim sama Indihome bahkan lebih dikit, kalau di pakai untuk download kecepatannya mentok di sekitar 1.2 MBps. Tapi,, untuk kecepatan downloadnya agak ngenes ni sob, cuma 2 Mbpsan kalau buat upload beneran sih sekitar 250 KBps, untuk upload video ngos-ngosan coy.


Untuk kecepatan segini sih sudah lumayan menurut saya cukup untuk beberapa device tersambung ke jaringan. Kebetulan di rumah ada sekitar 7 gadget yang terhubung ke jaringan wifi, tapi kadang memang kalau ada yang download akan terasa sangat lemot bahkan gak connect ke internet, untuk menyiasatinya saya harus limit bandwith dari wifinya.

Kestabilan Jaringan WiFi Indihome 10Mbps

Untuk urusan kestabilan jaringan menurut saya selama 2 tahun ini sangat stabil, jarang terjadi kendala yang berarti, secara ini pakai jaringan kabel jadi kalau hujan deras pun gak masalah.
Untuk main game online seperti PUBG Mobile atau Mobile Legend juga sangat stabil, Pingnya rata-rata di 20ms kadang malah di bawahnya. Mungkin beberapa pengguna ada yang merasa sangat lah lag saat bermain game online menggunakan WiFi Indihome, tapi sepengalaman saya itu terjadi karena router Indihome yang tidak memiliki bandwith. Jika kita bisa mengatur bandwidthnya lag akan sangat jarang di temui.

Baca juga: 

Berapa FUP Indihome 10Mbps dan Kecepatannya?

FUP adalah Fair Usage Policy atau dalam bahasa indonesia di sebut batas penggunanan wajar. Ketika pertama kali saya daftar ke Indihome untuk paket single play internet only 10Mbps dapat FUP 300GB, tapi dipertengahan 2020 FUPnya bertambah menjadi 350GB, jadi setelah 350GB kecepatan akan diturunkan.

Berapa kecepatan setelah FUP?

Kalau menurut pengalaman saya kecepatan setelah terkena FUP turun sekitar 75%, sehingga maksima download menjadi 350 KBps kalau kecepatan uploadnya kurang begitu saya hitung kalau tidak salah sekitar 100 KBps. Kalu sudah FUP gini harus setting lagi bandwithnya supaya gal ada yang pakai kecepatan WiFi sampai mentok. Tapi memang kalau sudah FUP gini buat main game online agak geregetan sob sering dapat ping merah 😬.

Cara Cek Kuota Indihome dan Cara Bayarnya.

Nah tadi kan kita udah ngomongin FUP, gimana cara ngeceknya? Eits tenang gampang kok.
Ada 2 cara sebenarnya pakai aplikasi android atau kunjungi situs webnya.
Cukup login dengan user name dan password sobat kalau sudah login akan ada informasi mengenai sisa kuota, dan tagihan Indihome yang harus dibayar.


Untuk aplikasi my Indihome bisa klik di sini MyIndihome
Untuk websitenya klik di sini MyIndihome Login

Untuk pembayarannya Indihome gak perlu ke kantor indihome, pakai mbanking atau situs e-commerce juga sudah bisa, cukup masukkan nomor internet anda maka akan muncul tagihan yang harus di bayar.
Demikian pengalaman saya pakai Indihome selama kurang lebih 2 tahun jarang ada kendala yang terjadi, paling masalahnya hanya pada FUP saja, kalau semua anggota keluarga ngumpul 350 GB habis dalam 2 minggu, kalau udah FUP susah main game online 🥺.

8 komentar untuk "Kecepatan WiFi Indihome 10 Mbps Sebelum dan Setelah FUP"

  1. manteb sob, terimakasih atas share pengalaman nya, membantu bnget

    BalasHapus
  2. Bagi pengalam dong bro, saya pake indihome 10mbps, apa kecepatan uploadnya memang hanya di 2mbps ya??

    BalasHapus
  3. emang bener sob, cuman sekitar 2mbps untuk kecepatan uploadnya

    BalasHapus
  4. Kalau download 10.59mbps namun upload hanya 0.79Mbps berarti tidak wajar ya?

    Terima kasih jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau upload 0.75mbps ga wajar itu sob, wajarnya sekitar 2mbps an

      Hapus
  5. bro kalo semisal udah kena fup tu untuk zoom meeting apakah masih kuat ya? maksimal 5 device yang tersambung

    BalasHapus
  6. Apakah fup jga mempengaruhi kecepatan upload, kecepatan upload punya ane cmn 0,87 mbps

    BalasHapus