Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WiFi Indihome Tidak Ada Koneksi Internet? Mungkin Ini Penyebabnya

Saya sudah berlangganan internet indihome sudah hampir 2 tahun. Selama ini jarang menemui kendala yang berarti, tapi jarang bukan berarti gak pernah ya sob, saya pernah mengalami trouble juga ketika menggunakan layanan internet dari Indihome.
Cara mengatasinya bermacam-macam ada yang bisa saya atasin sendiri ada juga yang memang harus memanggil petugas Indihome untuk di lakukan perbaikan.

Nah saya coba sharing nih masalah-masalah yang pernah saya alami selama 2 tahun berlangganan indihome.

Masalah Layanan Indihome

1. Sinyal Wifi Hilang

Karena saya hanya berlangganan indihome paket internet only (1P) (baca juga: Pengalaman Daftar Indihome Internet Only 1P) Yang menjadi layanan utama tentu adalah wifinya.

Nah pernah nih ketika saya keluar kota ternyata wifi di rumah mati, otomatis satu rumah gak bisa internetan. Pada waktu itu saya belum pakai router tambahan untuk memancarkan sinyal wifi, jadi sinyal wifi langsung dari router indihomenya. 

Ketika saya pulang dan cek indikator lampu di router semua berwarna hijau normal kecuali lampu indikator wifi yang mati.
Kalau masalah seperti ini sih sangat gampang sob ngatasinnya, tinggal cari dan tekan tombol wifi di router Indihomenya (biasanya ada di sisi kiri/kanan router), maka lampu indikator wifi akan menyala hijau kembali dan otomatis sinyal WiFi akan muncul lagi.

Kalau letak routernya susah dijangkau dan ada komputer yang terhubung ke router pakai kabel LAN, kita ga perlu susah-susah manjat sob, bisa login ke router indihome kalian.
Dari browser komputer buka: http://192.168.1.1 lalu Ke Menu Network > WLAN Setting> Basic.
Pada menu Radio On/Off Pilih On dan terakhir klik Apply.
Tapi perlu di catat cara ini hanya berlaku kalau ada perangkat yang tersambung ke router melalui kabel LAN ya sob, kalau ga tersambung ya gak akan bisa.

2. Ada Sinyal Wifi Tapi Tidak Tersambung Ke Internet.

Di masalah yang ke dua ini saya sudah pakai router tambahan sob untuk memancarkan wifi indihome (baca juga: Setting Router TP Link Untuk Wifi Indihome). Semua indikator di router saya cek menyala normal hijau semua, wifi tersambung ke perangkat tapi tidak bisa buat internetan. Ternyata masalahnya ada di setting LAN Binding yang entah kenapa berubah sendiri.
Cara mengatasinya gampang kok, login ke router dan cari menu Network > Internet Settings di bagian LAN Binding centang port Lan yang kalian pakai lalu pilih Apply
Udah gitu doang internet bakal nyambung lagi secara normal.

3. Tidak Tersambung Ke internet Warna Indikator PON Merah.

Nah kalau masalah ini agak gawat biasanya sob, indikator PON merah biasanya ada masalah dengan koneksi kabel fiber optik indihome ke router kita. Untuk mengatasinya coba cabut kabel warna kuning di belakang router dan colok ulang kabelnya ke router. 

Kalau masih tetap merah berarti memang ada masalah dengan jaringan kabelnya.
Saya pernah mangalami masalah seperti ini, ternyata karena memang kabel Indihome saya putus total tersangkut truk proyek di dekat rumah. Mau tidak mau kita harus hubungin petugas indihome, bisa telpon ke 147 atau kalau gak mau boros kuota bisa lapor lewat twitter atau facebook dari indihome.

4. Indikator Internet Mati

Saya belum lama mengalamai masalah ini sob, jadi semua indikator di router menyala normal, tapi indikator internetnya mati, gak berwarna hijau ataupun merah, pokoknya mati gitu sob.
Masalah kayak gini juga ga bisa kita tanganin sendiri sob, harus manggil petugas dari indihome, bisa telpon 147 atau melalui sosmed indihome.

Usut punya usut kata petugas yang benerin indihome saya, beberapa hari sebelumnya ada perubahan box ODP Indihome di wilayah rumah saya, dan katanya router rumah saya belum di registrasi ulang walhasil ga bisa nyambung ke internet dah.

Setelah di otak atik tetep ga bisa juga, akhirnya router saya di ganti sama yang baru sob, menjadi ZTE F609, mayan lah dapet perangkat baru 😁.

Jadi sekian sharing-sharing saya mengenai masalah yang pernah saya alami selama berlangganan indihome. Kalau di wilayah saya memang jarang ada gangguan sob, kalau pun ada saya lapor biasanya langsung cepet di tanganin kok. Kalau ada masalah yang gak bisa di tanggulangi sendiri jangan ragu kontak petugas Indihome lewat 147 atau sosmed mereka.

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan dishare jika bermanfaat 😁.

Posting Komentar untuk "WiFi Indihome Tidak Ada Koneksi Internet? Mungkin Ini Penyebabnya"