Cara Menghapus Halaman Kosong Akibat Salah Section Break

Cara Menghapus Halaman Kosong Akibat Salah Section Break

Pagi sob, Apakah kalian pernah menemui se-onggok halaman kosong yang tidak bisa di hapus di dokumen Microsoft Word kalian? Kalau iya berarti nasib anda sama dengan teman saya 🥺.

Beberapa waktu yang lalu ketika teman saya mengerjakan skripsi dia curcol karena ada halaman kosong yang tidak bisa di hapus, mau di delete, di backspace, di block, tetap nggak bisa hilang. Usut punya usut ternyata penyebab dari adanya halaman kosong tersebut adalah karena ada kesalahan dalam membuat section break. 

Apa sih section break itu? Section break bisa kalian temukan di menu Layout -> breaks. Fungsinya adalah untuk membagi dan memformat halaman dokumen yang berbeda, seperti membagi bab, sub bab, format kolom, header footer, page borders, sehingga akan memudahkan untuk memberi nomor halaman yang berbeda (baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi). 

Namun terkadang memang ada masalah yang di timbulkan menu section break ini, seperti halaman kosong yang tidak bisa dihapus. Terus gimana dong cara hapusnya? Di menu breaksnya kan nggak ada menu delete section breaks? 🥺

Tenang gampang kok ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.      Langkah pertama klik home pilih show/hide paragraph. Itu tu yang lambangnya kayak huruf “P” kebalik.

 

2.      Kalau sudah diklik, maka halaman yang tadinya kosong akan menampilkan beberapa karakter tersembunyi salah satunya tulisan “Section Page (Next Page).
3.      Blok section page tersebut dengan cara menahan tombol shift diikuti menekan tombol anak panah kekanan di keyboard.

4.      Pencet tombol delete di keyboard ilang dah tu halaman. Oh iya jangan lupa klik icon P terbalik sekali lagi setelah proses selesai.

Demikian cara menghapus halaman kosong akibat salah page break dari kelarnugas.com
Jika ada pertanyaan bisa di tanyakan di kolom komentar, dan silahkan di share jika dirasa bermanfaat.

Baca Juga:

Posting Komentar

0 Komentar