Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Revisi Kata Otomatis Di Microsoft Word


Ketika kita mengetik tugas sekolah ataupun kuliah seperti materi presentasi, makalah, proposal ataupun Skripsi tentu tidak akan selalu sempurna, pasti ada kesalahan di sana sini yang harus direvisi,  karena ya,, namanya manusia tempatnya salah kalau ga pernah salah ya bukan manusia namanya 😬.

Kesalahan dalam penulisan ada banyak macamnya dari kesalahan penjabaran, kesalahan tata bahasa atau yang paling simple kesalahan dalam megetik kata.

Kesalahan mengetik kata sangat sering dijumpai, entah karena salah ejaan, salah tanda baca, atau bisa juga salah penggunaan huruf kapital. Ambil contoh saja kita ingin membuat makalah yang isinya mengulas produk "xiaomi" nah seharusnya huruf "X" pakai huruf besar, tapi kalian pakai huruf kecil. Kalau sadar di awal dan masih sedikit sih gampang dan cepat gantinya, tapi kalau sudah selesai baru sadar bisa gempor kita kalau harus cari satu persatu dari awal kalimat hingga akhir kalimat makalah, dan pastinya akan rawan untuk terlewat.

Sebenarnya untuk masalah seperti ini Microsoft Word sudah memberikan solusi dangan menggunakan menu Find & Replace, mungkin sudah banyak yang tau tentang menu ini karena memang mudah penggunaannya. Bagi yang belum tahu, tenang ikuti langkah-langkah berikut.

Mencari Kata Yang Ingin Di Ganti

Untuk mencari dan mengganti kata atau kalimat yang kita inginkan kita harus mencari menu Find and Replace dengan cara:

klik Home > klik Find and Replace, 

atau kalau mau pakai shortcut pencet Ctrl + H pada keyboard, 

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah:


Masukkan kata yang salah di kotak find, dan masukkan kata yang benar di kotak replace. Kalau ikut contoh di atas berarti ketik "xiaomi" di kotak find, lalu ketikkan "Xiaomi" di kotak replace. Jika sudah klik Replace All maka semua kata "xiaomi" akan terganti dengan kata "Xiaomi".

Masih belum cukup?  Maruk sekali anda 😏. Jika masih kurang bisa klik "More >>" akan ada tambahan opsi seperti di bawah.

Disini kita akan menemukan banyak fitur tambahan untuk pencarian yang lebih spesifik, kita juga bisa mengubah format kata yang ingin di ganti misal bold, italic, underline dan lain-lain di menu format yang ada di bawah.

Demikian Cara Mengganti Banyak Kata Otomatis Sekaligus Di Microsoft Word saya hanya sharing dasarnya saja, untuk menu-menu di dalamnya bisa di explore sendiri sesuai kebutuhan.
Terima Kasih sudah berkunjung, silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Revisi Kata Otomatis Di Microsoft Word"