Cara Cepat Menghapus Atau Menandai Data Duplikat Excel dan WPS Otomatis


Fungsi utama dari Microsoft Excel adalah untuk mengolah data. Data - data di dalamnya bisa sangat banyak sekali jenis dan jumlahnya. Terkadang kita tidak membutuhkan semua data itu, hanya beberapa bagian yang di butuhkan untuk kepentingan kita.
Untuk memisahkan data di Microsoft Excel kita bisa menggunakan fitur filter. Tapi fitur filter ini terbatas, kita tidak bisa memisahkan data yang sama atau istilahnya duplikat.

Misalnya kita mempunyai data produk yang berjalan di suatu pabrik, ada data tanggal kapan produk mulai di produksi, kode produk, warna produk, dan jumlah produk yang akan diproduksi.

Nah di sini kita cuma pengen tau nih ada berapa jenis produk sih yang jalan di pabrik tersebut? Kalau pakai menu filter akan susah kita harus menghitung satu persatu, karena mungkin di satu kode produk yang sama mungkin akan ada warna yang berberda.

Bingung cara memisahkannya? Tenang ada cara gampangnya kok, saya akan share cara menandai dan menghapus data duplikat baik menggunakan Microsoft Excel dan juga WPS Office, mari kita cek cara di bawah.

1. Cara Menandai Data Duplikat di WPS.

Jika kita hanya ingin menandai data yang terduplikasi di WPS tanpa menghapusnya kita bisa menggunakan menu Highlight Duplicate. Caranya senagai berikut:

> Block data yang ingin kita cek

> Klik Data, Pilih Highlight Duplicate, terus plih Set. Akan muncul menu seperti di bawah.
   Klik Ok, maka otomatis data yang terduplikasi akan di blok warna oranye, sedangkan data yang tidak terduplikasi tidak ter-blok warna oranye.

2. Cara Menghapus Data Duplikat Di WPS

Mungkin hanya menandai data yang terduplikasi masih belum cukup, karena kita ingin menghitung jumlah jenis produk yang di  produksi, maka kita perlu menghapus data yang terduplikasi agar bisa lebih mudah menghitungnya.
Mari kita cek bersama langkah-langkah berikut:
> Block data yang ingin kita cek

> Klik Data, pilih Remove Duplicates, akan muncul tampilan seperti di bawah, 

(Sebenarnya dari sini kita sudah bisa melihat jumlah jenis produk yang sedang berjalan, di pojok kiri bawah ada tulisan "  24 duplicates are found, 9 unique values will be left after delete" Artinya ada 24 data yang terduplikat, sebenarnya hanya ada 9 jenis produk yang berjalan.) 

> Jika kita membutuhkan detailnya lebih lanjut, centang semuanya dan klik Remove Duplicates, akan muncul tampilan seperti berikut.

> Klik OK maka kita bisa melihat data yang sudah tidak terduplikasi. 

Bisa kita lihat data yang sebelumnya banyak hanya tinggal 9 jenis produk, 9 jenis produk inilah yang sedang berjalan di pabrik.

3. Cara Menghapus Data Duplikat Di Excel

Disini saya menggunakan Microsoft Excel 2010, sayangnya saya gak nemu cara untuk menandai data duplikat, hanya ada menu untuk menghapus data duplikat saja.
Caranya sama kok seperti di WPS Office:

> Block data yang ingin di cek

> Klik Data, pilih Remove Duplicates, Centang semua lalu OK.

>
Data produk yang tidak terduplikasi akan muncul seperti berikut.

Demikian Cara Cepat Menghapus Atau Menandai Data Duplikat Excel dan WPS Otomatis, mudah dan hemat waktu kan? Kita gak perlu cek data manual satu persatu, semuanya otomatis. Terima kasih sudah berkunjung, silahakan di share jika bermanfaat.

Baca Juga:

Posting Komentar

0 Komentar