Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Perpanjang SIM Online Lebih Murah dan Cepat? Ternyata Seperti Ini Setelah Dicoba!


Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen yang diberikan oleh pihak berwenang di Indonesia yang memungkinkan pemiliknya untuk mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya.

SIM di Indonesia dikelompokkan menjadi beberapa macam antara lain: 

1. SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kilogram. 

2. SIM B1, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kilogram. 

3. SIM B2, untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kilogram. 

4. SIM C, berlaku untuk mengemudikan sepeda motor, terdiri atas: 

SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) paling tinggi 250 kapasitas silinder 

SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) antara 250 sampai dengan 750 kapasitas silinder (cylinder capacity) 

SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) di atas 750 kapasitas silinder (cylinder capacity). 

5. SIM D, berlaku untuk mengemudi kendaraan bermotor khusus bagi pengemudi disabilitas/berkebutuhan khusus.

Masa Berlaku SIM Indonesia

Masa berlaku SIM untuk semua kategori di atas adalah 5 tahun terhitung sejak SIM dicetak, bukan berdasarkan tanggal lahir lagi, hal ini ditegaskan dengan peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 tahun 2012.

SIM harus diperpanjang sebelum masa berlaku habis, jika terlambat meskipun hanya 1 hari, SIM tidak akan bisa diperpanjang. Kita harus melakukan ujian SIM ulang untuk mendapatkan yang baru.

Cara Memperpanjang SIM Secara Online

Memperpanjang SIM bisa dilakukan secara Offline maupun Online. Untuk perpanjangan offline kita harus mendatangi SATPAS terdekat dan juga mendatangi tempat tes kesehatan serta tes psikologi.

Sedangkan perpanjangan online semua tahapan bisa dilakukan di mana saja asalkan ada koneksi internet yang lancar.

Bagaimana cara memperpanjang SIM secara Online?

Sebelum mulai memperpanjang SIM siapkan dulu persyaratan berikut ini:

  • Foto Fisik E-KTP
  • Foto Fisik SIM
  • Foto tanda tangan di atas kertas putih
  • Pas foto (ukuran 480 x 640 pixel background biru, tidak pakai kaca mata, jangan pakai hijab warna biru, jangan pakai penutup kepala seperti topi atau peci). (Baca: Cara Membuat PAS FOTO SIM pakai HP Android)
  • Melakukan pengecekan  kesehatan jasmani di erikkes.id
  • Melakukan tes psikologi di eppsi.id

Jika persyaratan sudah komplit bisa ikuti langkah berikut:

  • Download dan daftar Aplikasi Digital Korlantas
  • Masuk menu SIM, pilih perpanjangan SIM
  • Silahkan isi data sesuai dengan KTP dan SIM
  • Jika sudah selesai maka akan diberikan Nomor Rekening Virtual untuk transfer biaya pembuatan SIM

Jika semua tahapan sudah benar maka SIM akan diproses dan di kirimkan ke alamat yang sudah di daftarkan.

Berapa Biaya Perpanjangan SIM Online?

Saya melakukan Perpanjangan SIM C di tahun 2023 dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya tes kesehatan erikkes.id : gratis
  • Biaya tes psikologi eppsi.id : 37.500
  • PNBP SIM C: 75.000 (SIM A & B: 80.000, SIM D: 30.000) 
  • Biaya Layanan: 10.000
  • Biaya Pengiriman: 26.501 (berbeda-beda tergantung jarak dari satpas  online ke rumah)

Jadi total yang saya keluarkan untuk perpanjang SIM C online adalah 149.001.

Pengalaman Perpanjang SIM Online

Setelah melakukan perpanjangan SIM di awal bulan Maret 2023 saya rasa untuk biaya yang dikeluarkan lebih murah dari perpanjangan secara offline, karena total biaya perpanjangan offline bisa lebih dari 150.000.

Namun perlu diperhatikan untuk tes psikologi eppsi.id memiliki jumlah soal yang lumayan banyak dengan waktu pengerjaan lebih dari 30 menit jadi pastikan mengerjakan tes ditempat yang kondusif dan memiliki koneksi internet yang stabil.

Pastikan Juga melakukan pendaftaran perpanjangan SIM Online jauh hari sebelum masa berlaku SIM kalian habis. Saya sendiri sudah 1 minggu namun status masih mentok "dibayar". Menurut informasi dari teman yang sudah pernah melakukan perpanjangan SIM online sebelumnya, proses perpanjangan SIM dari pendaftaran hingga SIM diterima bisa mencapai 1 bulan bahkan lebih. 

Kesimpulan

Perpanjang SIM secara Online lebih mudah dan murah karena bisa dilakukan di mana saja asalkan ada koneksi internet yang stabil, namun perlu diperhatikan proses perpanjangan SIM secara Online sangat lama bisa mencapai 1 bulan lebih. Jadi disarankan jika ingin memperpanjang SIM secara online sebaiknya jauh hari sebelum masa berlaku SIM habis. Sebagai informasi kita bisa memperpanjang SIM 90 hari sebelum masa berlaku SIM habis.

Demikian Informasi Cara Memperpanjang SIM Secara Online, terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Biaya Perpanjang SIM Online Lebih Murah dan Cepat? Ternyata Seperti Ini Setelah Dicoba!"