Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Sinyal Wifi Indihome TP-Link Sering Hilang

Seperti yang saya informasikan di postingan sebelumnya, kita bisa memperlancar WiFi Indihome dengan melakukan pengaturan bandwidth menggunakan router TP-link TL-WR840N. 

Akan tetapi beberapa bulan setelah menggunakan TP-link TL-WR840N saya menemukan sebuah kejanggalan yaitu ketika komputer tersambung ke jaringan Wifi Indihome, WiFi akan sangat lemot sekali dan akhirnya sinyalnya tiba-tiba menghilang. 

Hilangnya Sinyal WiFi Indihome ini sering sekali terjadi sob, apalagi ketika banyak device yang terhubung. Terpaksa saya harus restart router agar sinyal bisa muncul kembali. Akan tetapi restart router ini hanya solusi sementara karena beberapa jam kemudian masalah yang sama muncul kembali.

Setelah coba saya baca-baca artikel dan otak atik router TP-Linknya, ternyata permasalahan ada di setting bandwith tepatnya pada bagian "mode" dan "channel width". Penasaran bagaimana cara settingnya? yuk kita cek sama-sama.

Cara Mengatasi Sinyal Wifi Indihome TP-Link TL-WR840N Sering Hilang

  • Login ke router TP-Link dengan membuka http://tplinkwifi.net/ atau kalau tidak bisa coba pakai http://192.168.0.1 di browser HP (misalnya Chrome).
  • Masuk ke Wireless Settings. 
    Setting Bandwith TPLink
  • Pada menu "Mode" ganti ke "11bg mixed".
  • Untuk menu "Channel" bisa ganti sesuai dengan area masing-masing. (Baca: Cara Memilih Channel Terkencang dan Stabil)
  • Di "Channel Width" ubah menjadi "20MHz" (biasanya sudah otomatis).
  • Terakhir pilih "save".

Saya sudah coba selama 1 bulan lebih dan hasilnya sinyal WiFi indihome stabil dan tidak pernah hilang lagi sob. 

Oh iya masalah ini saya temui di router TP-Link TL-WR840N ya sob, mungkin jika kalian menggunakan seri TP-Link lain dan menghadapi masalah yang sama bisa juga mencoba solusi di atas.

Demikian sob Cara Mengatasi Sinyal Wifi Indihome TP-Link Sering Hilang, terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Sinyal Wifi Indihome TP-Link Sering Hilang"