Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Channel Wifi Terkencang dan Stabil

Memilih Channel wifi yang tepat bisa membantu kecepatan dan kestabilan internet kita sob. Hampir semua router memiliki menu untuk mengatur channel wifi yang dipancarkan, untuk cara settingnya berbeda-beda di setiap merk router, tapi pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan. Yang mungkin menjadikan dilema adalah channel wifi mana yang tercepat dan paling stabil untuk dipakai?

Perlu diketahui nih sob frekuensi router ada 2 yaitu 2.4 Ghz dan 5 Ghz, yang saya akan bahas di artikel ini adalah channel wifi untuk router 2.4 Ghz saja ya, karena untuk saat ini router 2.4 Ghz lah yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Channel Wifi Mana Yang Terbaik?

Untuk router 2.4 Ghz channel yang tersedia biasanya dari channel 1 - channel 14, kita bisa bebas memilih di antara channel-channel tersebut. Nah dari yang saya baca-baca nih sob, diantara channel-channel tersebut yang paling disarankan untuk dipakai adalah channel 1, 6 dan 11 karena minim akan interferensi dan tidak terjadi tumpang tindih.

Apakah Harus Pakai Channel 1, 6 atau 11?

Sebenarnya channel terbaik adalah channel yang paling sedikit digunakan dalam suatu area. Misalnya kalian tinggal di rusun atau perumahan yang banyak pasang wifi, dan semuanya pakai channel 1 maka yang terjadi adalah channel 1 sangat crowded dan performanya turun. Kalian harus cari channel lain yang masih kosong atau sedikit penggunanya.

Jika pengguna Channel 1, 6 dan 11 sudah penuh kalian bisa menggunakan channel kosong, diluar channel tersebut.

Bagaimana Cara Cek Penggunaan Channel di Suatu Area?

Untuk mengetahui kosong atau tidaknya channel di area tertentu, kita tidak perlu alat yang khusus kok sob, kita hanya perlu menggunakan hp android dan meng-install aplikasi Wifi Analyzer dari play store. Cara Pakainya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Wifi Analyzer
  • Jika ada permintaan izin lokasi izinkan saja
  • Setelah terbuka akan muncul grafis sinyal-sinyal wifi yang ada di sekitar kita. Contoh di area saya ini channel 1 dan 6 sudah lumayan crowded. 

  • Sekarang pindah ke tab berlogo bintang, akan muncul rekomendasi channel yang bagus untuk di pakai. Contoh untuk Wifi saya disini rekomendasi yang terbaik adalah channel 4,10,11 dan 12. 

Demikian sob Cara Memilih Channel Wifi Terkencang dan Stabil tapi perlu dicatat pemilihan channel tidak mutlak mempengaruhi kecepatan dan kestabilan internet, banyak faktor seperti pengaturan bandwith, jumlah device yang terhubung dan kecepatan dari provider itu sendiri.

Terimakasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Channel Wifi Terkencang dan Stabil"