Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Memori HP Tanpa Micro SD

Memori internal merupakan bagian yang penting dari hp Android, karena berfungsi untuk menyimpan data, aplikasi dan sistem android itu sendiri.

Ukuran internal memori hp android beragam sob dari 8 GB sampai yang 512 GB juga ada, tergantung dari harga hp yang kita beli.

Penggunaan internal memori hp android semakin tahun semakin bertambah, di tahun 2022 ini saja internal memori hp android 32 GB terasa sangat kurang sekali, baru di install sedikit aplikasi dan foto saja sudah muncul peringatan "ruang penyimpanan hampir habis".

Jika peringatan ruang penyimpanan hampir habis sudah muncul menandakan sisa internal memori hp android kita tinggal sedikit mungkin tersisa 1 GB-an. Dan biasanya hp android kita akan mulai terasa sangat lemot sekali ketika peringatan ini muncul.

Kenapa Peringatan Ruang Penyimpanan Hampir Habis Muncul?

Seperti yang saya singgung sebelumnya peringatan ini muncul karena sisa internal memori hp android kita sudah sangat tipis. Mungkin kalian bertanya-tanya saya baru install sedikit aplikasi kok sudah penuh internal memori hpnya?

Jawabannya adalah karena memori internal kita sudah terpotong oleh sistem, jadi semisal kalian beli hp android dengan memori internal 64 GB kalian tidak bisa menggunakan full 64 GB untuk install aplikasi dan menyimpan file karena sistem juga menggunakan internal memori agar bisa berjalan.

Contohnya MIUI dari Xiaomi, bisa kita lihat di bawah menggunakan internal memori hp sekitar 8.8 GB yang artinya aslinya kita hanya bisa menggunakan 55 GBan untuk install aplikasi dan menyimpan file. 

Selain itu android juga selalu menghasilkan cache yang jika tidak dibersihkan akan menumpuk di internal memori HP.

Kita bisa menambah internal memori hp dengan memasang micro sd tapi micro sd sekarang hanya bisa menyimpan file saja, tidak bisa untuk install aplikasi.

Untuk kalian yang ingin Menambah Memori HP Tanpa Micro SD karena punya masalah dengan Peringatan Ruang Penyimpanan Hampir Habis mungkin cara di bawah akan bisa membantu kalian, yuk kita cek sama-sama.

Cara Menambah Memori HP Tanpa Micro SD

Hapus Sampah Pakai Cleaner

Langkah pertama yang biasa saya lakukan adalah menghapus file sampah sob, untuk melakukan ini kita bisa pakai aplikasi bawaan Xiaomi. Caranya buka Security > Pilih cleaner, maka aplikasi akan secara otomatis memindai dan menghapus file sampah yang ada di dalam internal storage.

Kita juga bisa memilih deep clean untuk mendapat tambahan internal storage jika dibutuhkan.

Hapus Trash Bin di Gallery

Aplikasi gallery Xiaomi menyumbang porsi yang cukup besar sob untuk kategori other, karen selain menghasilkan thumbnail, gallery juga menyimpan foto-foto dan Video yang sudah kalian hapus dalam jangka waktu tertentu. Ya, benar sob setiap gambar dan video yang kalian delete sebenarnya tidak langsung dibuang melainkan disimpan dulu di folder trash bin, yang pastinya akan memakan internal storage kalian.

Jika merasa sudah tidak membutuhkannya, kalian bisa kok menghapus media file di trash bin ini, caranya buka gallery > albums > trash bin > delete all. Maka semua yang tersimpan di folder trash bin akan terhapus. 

Backup Foto dan Video ke Google Photos

Google photos memungkinkan kita untuk membackup semua foto dan video yang ada di hp kita ke google drive. Dengan membackup foto dan video dari internal memori hp ke google drive tentu akan mengosongkan cukup banyak ruang untuk kita gunakan.

Berikut cara backup foto dan video ke Google Photos:

  • Download Google Photos dari Playstore
  • Login dengan akun google kalian
  • Tap pojok kanan atas, dan pilih "photos settings"
  • Hidupkan Backup & Sync
  • Jika Backup sudah selesai, pilih Free Up Space. 

Foto dan video akan otomatis terhapus dari internal memori hp, tapi tenang semuanya sudah tersimpan di google drive. Untuk membuka foto dan video kalian cukup buka google photos maka foto dan video akan bisa dimunculkan asalkan hp kalian terkoneksi dengan internet.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Ketika kita beli hp xiaomi pasti ada aplikasi bawaan yang sudah terinstall dari pabrik. Beberapa aplikasi seperti google drive, facebook, google music dll yang bisa di hapus sebaiknya kalian hapus karena selain bisa memberikan tambahan internal storage juga bisa mengurangi beban dari RAM. Aplikasi atau game yang mungkin kalian download sendiri dari play store dan tidak pernah kalian pakai sebaiknya juga di hapus untuk memperingan beban dari hp kalian.

Hapus .msgstore Dari WhatsApp

.msgstore merupakan file backup otomatis yang dibuat oleh WhatsApp isinya beragam dari chat, video, audio, dokumen, dan lainnya. Ukuran dari .msgstore ini juga beragam mulai dari ratusan MB hingga sekian GB tergantung dari intensitas dari chat kalian.

Kalian bisa menemukan file .msgstore ini dengan cara membuka file manager dan buka folder android > media > com.whatsapp > WhatsApp > Databases.

Ada 2 macam dari .msgstore, yaitu yang aman dan tidak aman untuk di hapus:

  • Aman untuk di hapus: msgstore-yyyy-mm-dd.1.db.crypt14.
  • Tidak aman untuk di hapus: msgstore.db.crypt14 (karena ini merupakan file chat hari ini). 

Hapus folder .protected_image

Sebenarnya saya ga terlalu paham . protected_image ini folder apa sob, tapi menurut saya folder protected_image ini ada hubungannya dengan gallery xiaomi sob, karena ketika dibuka isinya gambar-gambar dari gallery (mungkin thumbnail). 

Saya beberapa kali hapus folder ini dan hasilnya aman sob, tidak ada gambar di galeri yang terhapus dan saya bisa dapat internal storage  kosong yang besar. Oh iya folder ini akan otomatis muncul terus ya sob, kalian bisa cek secara berkala jika kalian merasa isinya sudah cukup banyak bisa kalian delete saja.

Install Custom ROM

Seperti yang saya sebutkan di awal sistem mengambil sangat banyak ruang di internal memori hp android kita, karena sistem bawaan hp sekarang memiliki banyak sekali bloatware. Jika kalian merasa internal kalian masih kurang menginstal Custom ROM bisa jadi salah satu alternatif karena sistem Custom ROM sangat minim bahakan sama sekali tidak ada bloatware, kita bahkan bisa memilih sendiri GMS yang akan diinstall. 

Bagi yang masih bingung cara Custom ROM mungkin artikel berikut bisa membantu kalian: Cara Dasar UBL, Pasang TWRP, Root dan Custom Rom Xiaomi untuk Pemula

Kesimpulan

Kita bisa menambah memori hp android kita dengan cara memaksimalkan penyimpanan foto dan video, kita juga perlu membersihkan file sampah secara rutin agar tidak menumpuk di internal memori hp kita.

Demikian sob, Cara Menambah Memori HP Tanpa Micro SD terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Memori HP Tanpa Micro SD"