Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Penelitian Kualitatif? Ini Penjelasan Simpelnya!


Jika kalian kuliah dan sudah menjelang tahap skripsi, mungkin kalian akan mengalami kegalauan untuk menentukan jenis penelitian mana yang akan dipilih yaitu kualitatif atau kuantitatif?

Jujur dulu saya juga mengalami masa ini sob, tapi akhirnya saya memutuskan untuk memilih penelitian kualitatif karena saya orangnya mager dan tidak mau ribet meminta izin ke instansi-instansi untuk mengumpulkan data kuantitatif, lalu apakah penelitian kualitatif lebih mudah dari kuantitatif? yuk kita simak sama-sama.

Apa Itu Penelitian Kualitatif?

Penelitian kualitatif adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data non-numerik, seperti bahasa. Penelitian kualitatif dapat digunakan untuk memahami bagaimana individu secara subjektif mempersepsikan dan memberi makna pada realitas sosialnya.

Data kualitatif didefinisikan sebagai data non-numerik, seperti teks, video, foto atau rekaman audio.

Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk memahami realitas sosial individu, kelompok dan budaya sedekat mungkin dengan yang dirasakan atau dialami oleh partisipannya. 

Penelitian kualitatif bersifat eksploratif dan berusaha menjelaskan 'bagaimana' dan 'mengapa' sebuah fenomena, atau perilaku tertentu, sealami mungkin dalam konteks tertentu. 

Jadi kurang lebih intinya begini sob, pada penelitian kualitatif data yang kita olah bukanlah angka, melainkan non-angka seperti teks, video, foto, atau rekaman video, nah dalam analisisnya nanti lebih menekankan pada persepsi peneliti untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa sebuah fenomena bisa terjadi.  

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Gampangnya sob pada penelitian kuantitatif sumber datanya berupa angka yang akan dianalisis secara statistik sedangkan penelitian kualitatif sumber datanya adalah data deskripsi yang tidak bisa langsung diukur misalnya bahasa, data akan dianalisis berdasarkan deskripsi dari narasumber.

Kekurangan Penelitian Kualitatif

  • Karena bersifat subjektif validitas dan reliabilitas penelitian sering dipertanyakan.
  • Waktu pengumpulan data lama. Misalnya kita analisis video, semakin lama durasi video maka semakin lama pula durasi pengumpulan datanya.
  • Skala data yang diambil tidak bisa terlalu besar, karena masalah durasi tadi.

Kelebihan Penelitian Kualitatif

  • Lebih fleksibel dalam pengambilan data
  • Karena bersifat subjektif, seharusnya kita lebih paham dengan skripsi kita. Sehingga lebih mudah untuk mempertahankan skripsi ketika ditanya dosen penguji.

Kesimpulan

Penelitian kualitatif membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam, karena kita harus benar-benar bisa mendeskripsikan apa yang kita teliti. Jika kita benar-benar bisa menguasainya, akan menjadi senjata yang kuat untuk menghadapi ujian skripsi.

Jika kalian membutuhkan contoh skripsi kualitatif mungkin akan saya share di lain waktu.

Saya rasa cukup sekian Penjelasan Simple Mengenai Penelitian Kualitatif, terimakasih sudah berkunjung dan silahkan dishare jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Penelitian Kualitatif? Ini Penjelasan Simpelnya!"