Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Cetak Kartu Online

Jika kalian bekerja di perusahaan, instansi atau pabrik selain diberi fasilitas BPJS kesehatan biasanya juga akan diberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan, yang sebagian besar iurannya akan di bayar oleh perusahaan tempat kalian bekerja.

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan program yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi bagi pekerja. 

Pengusaha wajib  mendaftarkan pegawainya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Manfaatnya, bisa dinikmati baik saat  bekerja maupun di luar jam kerja. 

BPJS Ketenagakerjaan dibagi menjadi empat program. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan dapat dinikmati oleh tenaga kerja Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri.

Apa Saja Program BPJS Ketenagakerjaan?

Manfaat Program yang diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan secara umum dibagi menjadi 5 antara lain:

Jaminan Hari Tua (JHT)

JHT adalah program perlindungan yang  menjamin  peserta menerima uang jika mencapai usia pensiun,  cacat total dan tetap, atau meninggal dunia. Manfaatnya berupa uang tunai yang merupakan akumulasi dari seluruh iuran yang  dibayarkan ditambah  hasil pengembangan.

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Peserta JKK menerima manfaat berupa uang tunai dan/atau pelayanan kesehatan yang diberikan apabila Peserta menjadi korban Kecelakaan Kerja atau penyakit akibat lingkungan kerja. 

Manfaat yang diperoleh peserta adalah pelayanan kesehatan (perawatan dan pengobatan) sesuai kebutuhan medis, santunan  uang dan program kembali bekerja.

Jaminan Kematian (JKM)

Manfaat yang diperoleh dalam bentuk uang tunai  diberikan kepada ahli waris apabila peserta meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Ditawarkan secara tunai berupa santunan kematian, tunjangan berkala, biaya pemakaman, dan beasiswa pendidikan anak. 

Jaminan Pensiun (JP)

JP adalah program perlindungan yang dirancang untuk mempertahankan standar hidup yang layak ketika peserta kehilangan atau berkurang pendapatannya karena  usia pensiun atau  cacat tetap total. Manfaat  tunai  dibayarkan setiap bulan dan/atau sekaligus jika peserta mencapai usia pensiun, cacat  tetap atau meninggal dunia.

Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

JKP merupakan jaminan bagi pekerja yang mengalami PHK dengan tujuan untuk mempertahankan taraf hidup yang layak pada saat pekerja kehilangan pekerjaannya. Pekerja dapat memenuhi kebutuhan dasar kehidupan yang baik saat terjadi risiko akibat pemutusan hubungan kerja seraya berusaha mendapatkan pekerjaan kembali. 

Tunjangan diberikan kepada peserta yang telah di PHK dan tidak bekerja dan yang telah berkomitmen untuk kembali bekerja. Manfaat diterima jika peserta memenuhi masa iuran program JKP minimal 12 bulan dari 24 bulan dan telah membayar iuran minimal 6 bulan berturut-turut.

Apakah Hanya Pekerja Kantor Yang Bisa Mendapat BPJS Ketenagakerjaan?

Sebenarnya status kepesertaan yang dibagi menjadi 2 yaitu Pekerja Penerima Upah dan Pekerja Bukan Penerima Upah, yang mana manfaat program yang diperoleh akan berbeda.

Pekerja Penerima Upah adalah Setiap orang yang bekerja dan menerima  upah, gaji atau imbalan dalam bentuk lain dari pemberi kerja. Seperti pekerja kantoran atau pekerja pabrik. Program yang diperoleh antara lain:

  • Jaminan Hari Tua
  • Jaminan Kematian
  • Jaminan Kehilangan Pekerjaan
  • Jaminan Kecelakaan Kerja
  • Jaminan Pensiun

Pekerja Bukan Penerima Upah adalah Perorangan yang melakukan kegiatan usaha secara mandiri untuk memperoleh penghasilan. Seperti dokter, pemilik toko, ojek online dan lain-lain. Program yang diperoleh antara lain:

  • Jaminan Hari Tua
  • Jaminan Kematian
  • Jaminan Kecelakaan Kerja

Bagaimana Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online?

Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan kita bisa ikuti langkah berikut sob:

  • Download Aplikasi JMO di play store (android) atau app store (ios)
  • Login ke akun JMO atau daftar dulu jika belum
  • Pilih Jaminan Hari Tua

  • Lalu pilih Cek Saldo

Selain cek saldo kalian juga bisa melakukan simulasi dan klaim JHT di menu ini.

Cara Mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sendiri Online.

Untuk mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang mungkin sudah hilang atau memang belum diberikan bisa menggunakan aplikasi JMO juga kok sob, caranya seperti ini:

  • Buka aplikasi JMO
  • Pilih Profil saya (pojok kanan bawah)
  • Pilih Kartu Digital Anda
  • Tap pada gambar kartunya
  • Pilih Simpan

Kartu akan otomatis masuk ke galeri HP kalian dan bisa langsung di print menggunakan printer biasa.

Kesimpulan

BPJS Ketenagakerjaan memberi jaminan untuk jangka panjang, untuk melakukan pengecekan saldo dan klaim bisa dengan mudah diakses melalui aplikasi JMO. Jika kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang kalian juga bisa mencetaknya sendiri di rumah menggunakan aplikasi JMO.

Demikian Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Cetak Kartu Online terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Cetak Kartu Online"