Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pakai Pivot Table dan Pivot Chart Langsung Bisa!

Pivot dalam excel adalah ringkasan data dalam bentuk tabel atau chart yang bisa kita atur sendiri sesuai kebutuhan. Jadi seumpama kita memiliki data yang sangat banyak dan kompleks mungkin mencapai puluhan bahkan ratusan kolom, kita bisa atur dan ringkas data tersebut secara otomatis sesuai kebutuhan kita. Tentunya dengan menguasai fitur ini akan amat sangat membantu sob terutama jika kita mengerjakan pekerjaan yang menggunakan banyak data.

Pivot sendiri ada dua sebenarnya sob yaitu Pivot Table dan Pivot Chart, ya seperti namanya sih untuk PivotTable berfungsi untuk menampilkan ringkasan data dalam bentuk tabel dinamis yang bisa kita atur sesuai keinginan kita, sedangkan Pivot Chart berfungsi untuk menampilkan ringkasan data dalam bentuk chart. yuk kita bahas satu persatu.

Pivot Table

seperti yang kita singgung sebelumnya pivot table berguna untuk meringkas data dalam bentuk tabel, contohnya seperti dibawah ini sob

Kita memiliki data ujian dari beberapa sekolah, nah kita ingin menampilkan data tersebut agar lebih informatif dan mudah dipahami, misalnya kita ingin mengelompokkan Sekolah dahulu, lalu disusul dengan kelompok yang lulus dan tidak lulus dalam sekolah tersebut seperti contoh dibawah:

Cara Memakai Pivot Table:

  1. Blok data yang ingin dijadikan sumber data, Klik Insert, Plih Pivot Table

  2. Klik Ok, maka akan muncul tampilan seperti ini. Lihat pada sisi kanan (Pivot Table Field List), centang data yang ingin ditampilkan. 

  3. Data akan muncul sesuai dengan urutan klik kalian, misalnya saya klik berurutan seperti ini: SEKOLAH - LULUS/TIDAK - NAMA - NILAI UJIAN 1 - NILAI UJIAN 2 - RATA-RATA, hasilnya akan seperti di bawah. 

  4. Jika urutan belum sesuai, kita bisa kok mengubahnya (lihat kanan bawah) drag item yang ingin diubah posisinya.
  5. Pivot Table sudah selesai.

Mengubah Formula Pivot Table

Kalau kita perhatikan lagi dari pivot table di atas masih ada data yang kurang sesuai sob, yaitu total dan subtotal nilai yang seharusnya adalah rata-rata tetapi data yang ditampilkan adalah total keseluruhan. 

Untuk mengubah menjadi rata-rata bisa cek cara berikut sob:

  1. Klik data yang ingin diubah, pilih Options > field settings > ganti ke Average > klik OK

  2. Maka hasilnya akan sebagai berikut, total dan subtotal yang semula adalah jumlah data sudah berubah menjadi rata-rata. untuk kolom yang lain bisa ulang cara yang sama. 

  3. Kalian bisa mengubah formula sesuai kebutuhan kalian dengan cara di atas sob.

Cara Mengubah Tampilan Pivot Table

Setelah data sudah sesuai keinginan selanjutnya kita bisa mengubah tampilan Pivot Table akan lebih menarik dan mudah di pahami, caranya:

1. Klik Data Pivot Table, hingga muncul menu design.
2. Ada beberapa menu yang bisa dipilih

  • - Subtotals > untuk memilih letak tampilan subtotals
  • - Grand totals > untuk memilih letak tampilan grand totals
  • - Report layout > untuk mengubah tampilan layout, misalnya compact, outline, atau tubular
  • - Pilihan untuk menampilkan Header & Banded.
3. Contoh disini saya ubah Report Layoutnya menjadi Compact. 

4. Kalian bisa otak atik sesuai kebutuhan kalian

Agar tidak terlalu panjang, untuk Cara Pakai Pivot Chart akan saya teruskan di postingan selanjutnya ya sob.

Demikian Cara Pakai Pivot Table dan Pivot Chart Langsung Bisa, semoga bisa dipraktekkan dan silahkan di share jika bermanfaat, terima kasih. 

Posting Komentar untuk "Cara Pakai Pivot Table dan Pivot Chart Langsung Bisa!"