Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Update Xiaomi Jadul Ke Android 10,11,12 dan Lebih Baru


Android merupakan sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di dunia, namun kebanyakan vendor smartphone tidak menggunakan pure android di smartphone yang mereka jual sob, karena mereka akan menggunakan android yang sudah di custom sehingga sesuai dengan target pasar mereka, contohnya Xiaomi.

Xiaomi menggunakan android custom yang mereka sebut MIUI dengan menambahkan fitur-fitur yang sesuai dengan target dari xiaomi.

MIUI dikenal cukup rajin untuk melakukan update, sampai tulisan ini dibuat MIUI sudah sampai MIUI 13. 

Rata-rata hp Xiaomi akan upgrade 1x - 2x versi android dan untuk versi MIUI bisa 2x atau lebih tergantung developer xiaominya sob. 

Misalnya begini, kalian beli Redmi Note 8 Pro yang ketika release menggunakan MIUI 11 dengan android 9, kemungkinan maksimal hanya akan mendapat pembaruan sampai MIUI 13 dengan android 11, setelah itu tidak akan ada update lagi dari Xiaomi.

Lalu apakah ada harapan xiaomi jadul akan mendapatkan update versi android yang lebih baru? tentu ada sob, tapi memang butuh usaha ekstra untuk upgrade.

Cara Update Xiaomi Jadul Ke Android 10,11,12 dan yang lebih baru

Jangan patah semangat untuk pemilik xiaomi jadul yang sudah tidak disupport oleh Xiaomi lagi, karena banyak developer diluar sana yang menyediakan custom rom untuk diinstal di hp xiaomi jadul kalian, biasanya custom rom ini memakai android terbaru atau satu tingkat di bawahnya sob, jadi hp kalian bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi baru.

Nah, untuk melakukan Update Xiaomi Jadul Ke Android 10,11,12 dan yang lebih baru bisa mengikuti langkah berikut:

1. Cari Custom Rom Terupdate untuk HP Kalian. 

Kalian bisa cek di forum-forum XDA atau grub facebook yang membahas mengenai custom ROM khusus untuk hp kalian. Contoh custom ROM yang terkenal antara lain:

  • Lineage  OS
  • Pixel Experience
  • AEX
  • Arrow OS
  • Resurrection Remix

dan masih ada banyak lagi sob, yang penting pastikan kalau custom ROM tersebut benar-benar untuk seri HP kalian, karena jika salah ROM bisa menyebabkan kerusakan di HP kalian.

2. UBL 

Langkah berikutnya adalah UBL sob, Langkah ini sangat penting untuk membuka kunci bootloader hp xiaomi kalian, sehingga kita bisa memasukkan custom ROM kedalamnya.

3. Pasang TWRP

Untuk memasang custom rom kita harus menggunakan custom recovery sob, biasanya sih saya pakai TWRP kecuali jika custom rom mensyaratkan untuk menggunakan custom recovery tertentu.

4. Pasang Custom ROM

Yang terakhir kita tinggal install Custom ROM yang sesuai dengan seri hp Xiaomi kita sob.


Kalian bisa klik disini untuk cara UBL, Pasang TWRP, dan Pasang Custom ROM di Xiaomi, saya sudah coba rangkum caranya dari awal hingga akhir. 

Demikian Cara Update Xiaomi Jadul Ke Android 10,11,12 dan yang lebih baru, terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Update Xiaomi Jadul Ke Android 10,11,12 dan Lebih Baru"