Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penting Membeli Hp Xiaomi Bekas Awet dan Tahan Lama


Dalam membeli sebuah Smartphone, terkadang kita di hadapkan oleh 2 pilihan yaitu membeli Smartphone baru atau membeli Smartphone Bekas yang disebut juga Second. Pertimbangan paling mendasar dari pilihan ini pastinya ada di harga dan spec sob, dengan membeli smartphone bekas atau second kita bisa mendapatkan smartphone dengan spec yang lebih dengan harga yang sama jika dibandingkan dengan membeli smartphone baru.

Namun membeli smartphone bekas bukan tanpa resiko sob, seperti hardware yang mungkin sudah rusak, tidak ori, baterai gampang drop, terkunci Mi Cloud dan lain-lain. Jadi ketika membeli smartphone bekas kita harus pintar-pintar sob dalam mengecek keseluruhan dari smartphone yang hendak kita beli, caranya gimana? yuk kita simak sama-sama.

Tips Penting Membeli Hp Xiaomi Bekas Yang Awet dan Tahan Lama

1. Pastikan Tidak Tersambung Mi Account

Yang pertama kali kalian harus cek ketika membeli hp Xiaomi adalah Mi Account sob. Mi Account merupakan akun pada device Xiaomi, Redmi, dan Poco yang bisa digunakan untuk beberpa hal termasuk mengunci HP dari jarak jauh.
Jadi pastikan HP Xiaomi yang akan kalian beli sudah keluar dari Mi Account, atau jika belum segera minta untuk mengeluarkannya.
untuk mengecek status Mi Account kalian bisa masuk ke Settings > Mi Account dan pastikan tidak ada akun yang sedang masuk.

2. Cek Setiap Kamera

Kamera merupakan bagian yang cukup vital di smartphone, kalau kamera hp yang kita beli bermasalah, pasti akan terasa sangat mengecewakan, maka untuk bagian kamera harus di cek dengan hati-hati sob.
> Masuk ke Aplikasi kamera, untuk kamera utama pastikan auto fokus bekerja dengan cara foto objek yang sama dengan jarak yang berbeda-beda (tapi jangan terlalu dekat). Jika auto fokus kamera tidak bekerja maka gambar tidak akan fokus dan akan menjadi blur.
> Jika memiliki lensa ultra wide dan makro coba masuk ke menu masing-masing kamera, Jika aplikasi kamera force close ketika membuka lensa tertentu besar kemungkinan ada masalah pada hardwarenya.
> Jangan lupa untuk tes merekam video, untuk mengetes apakah gambar sudah sesuai dan bisa merekam suara dengan benar.
> Cek lampu flash camera, dengan cara mengubah flash menjadi on, pastikan lampu flash bisa menyala dengan benar.
> Cek hardware kamera dengan seksama, pastikan tidak ada debu yang menempel di dalam lensa kamera hp kalian, karena jika ada debu apalagi di kamera depan akan cukup sulit untuk memebersihkannya, karena harus membongkar hp.

3. Cek Tombol

Pastikan semua tombol bekerja dengan baik, seperti tombol power, volume up dan volume down, karena bagian ini terutama tombol power rawan rusak jika sering digunakan dengan kasar.

4. Cek Sinyal

Ini penting nih sob, saat membeli HP Xiaomi pastikan untuk mencoba memasukkan kartu SIM ke dalamnya. Pastikan kalian mendapat sinyal ya sob, karena ada kasus beberapa hp jadul Xiaomi terkunci sinya 4Gnya.

5. Masuk Mode Test CIT

Yang menarik di ROM MIUI adalah adanya Mode Test CIT dimana kita bisa melakukan test di semua hardware dan sensor yang ada di hp, misalnya touch screen, speaker, MIC, Gyroscope, GPS, Display dan lainnya.

Cara membukanya masuk ke settings > about phone > all specs > tap 4x pada kernel version.
Semua boleh kalian test di sini tapi yang pasti tidak boleh sampai ketinggalan adalah:
> Display pastikan tidak ada dead pixel
> Touch Screen pastikan semua bagian layar bisa merespon sentuhan
> Speaker pastikan suara yang di hasilkan bagus
> Mic pastikan bisa merekam suara dengan benar
> Charger Test pastikan charger bisa tersambung dan menambah daya

6. Pilih Xiaomi yang Banyak Developernya (Khusus Oprek)

Khusus untuk opreker nih sob, saya sarankan pilih xiaomi yang banyak developernya, karena akan memudahkan untuk custom ROM dan Mods karena banyaknya pilihan.

Seperti yang kita tahu dukungan update versi android MIUI biasanya hanya 1x misalnya ketika diproduksi awal hp pakai android 10 maka maksimal akan upgrade sampai android 11.

Nah jika kalian ingin update android yang lebih tinggi mau tidak mau harus melakukan custom ROM, dan untuk custom ROM sendiri berdasarkan komunitas sob, jadi semakin banyak yang pakai kemungkinan semakin panjang juga update yang kita dapat. 
Caranya gimana? untuk mengeceknya kita harus sering main ke XDA, grub facebook atau telegram hp incaran kalian.

Demikian Tips Penting Membeli Hp Xiaomi Bekas Awet dan Tahan Lama semoga bermanfaat, jika ada tambahan bisa ditulis di kolom komentar di bawah ya.

Posting Komentar untuk "Tips Penting Membeli Hp Xiaomi Bekas Awet dan Tahan Lama"