Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kirim Paket Keluar Negeri Pakai UPS vs DHL Cepat Mana?

<a href='https://www.freepik.com/vectors/background'>Background vector created by jcomp - www.freepik.com</a>

Untuk Mengirim paket barang ke luar negeri baik itu perusahaan maupun perorangan memiliki beberapa pilihan kurir diantaranya adalah DHL, UPS, FEDEX, JNE atau POS juga bisa. Kebetulan teman saya ada yang bekerja di perusahan ekspor yang sering melakukan pengiriman sample barang ke luar negeri khususnya Cina. Untuk pengiriman barang perusahaannya biasa menggunakan DHL dan UPS.

Sebagai informasi DHL berdiri pada tanggal September 25, 1969 di San Francisco, USA. Namun sejak Desember 2002, DHL diakuisisi secara penuh oleh Deutsche Post dan berpusat di Bonn, Jerman. Nama DHL sendiri berasal dari gabungan nama pendirinya yaitu Dalsey, Hillblom dan Lynn.

DHL sendiri merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang sangat besar karena memiliki 400.000 karyawan di 220 negara. DHL juga sudah sering mengirim barang untuk event besar seperti F1 dan Moto GP sehingga untuk keamanan dan kecepatannya tidak perlu diragukan lagi.

Sedangkan UPS alias United Parcel Service merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang didirikan oleh Claude Ryan and Jim Casey pada tahun 1907 di Seattle, USA. Tidak kalah dengan DHL UPS memiliki 540,000 pekerja di 220 negara sehingga kedua perusahaan ini bisa di bilang sama-sama besar.

Kembali ke topik nih sob, kalau di lihat kedua perusahaan sama-sama besar tapi bagaimana dengan kualitas dan kecepatan pengirimannya? apakah sama? Jawabannya adalah untuk kualitas layanan sama-sama bagus dan untuk kecepatan beda tipis sob.

Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat dari tracking pengiriman barang ke China berikut, data di bawah merupakan pengiriman barang yang sama dari Jawa Tengah ke Cina.
Bisa dilihat untuk UPS berangkat pada tanggal 12 Agustus 2021 dan sampai pada tanggal 19 Agustus 2021 (7 hari), sedangkan DHL berangkat pada tanggal 13 Agustus 2021 dan sampai di tanggal yang sama yaitu 19 Agustus 2021 (6 hari).

Waktu pengiriman di atas sebenarnya bukan time line yang normal sob, waktu pengiriman di atas lebih lambat karena terdampak wabah Covid-19 sebelum Covid-19 pengiriman ke Cina menggunakan DHL hanya memakan waktu 3-4 hari, untuk UPS biasanya memang lebih lambat 1 atau 2 hari jika di bandingkan dengan DHL, kenapa demikian?

Untuk pengiriman dari Jawa Tengah DHL memiliki kurir sendiri, meskipun barang kiriman kecil akan tetap dipickup oleh kurir DHL. Setelah di pickup akan langsung dikirim ke Semarang untuk di terbangkan menggunakan pesawat DHL.

Sedangkan untuk UPS di wilayah Jawa Tengah, jika barang kiriman kalian tidak mencapai 1 truck akan di titipkan ke kurir JNE untuk di pickup. Setelah di pickup akan di kirim Jakarta untuk diterbangkan menggunakan pesawat UPS. Proses kirim ke Jakarta sendiri membutuhkan waktu antara 2-3 hari, mungkin ini yang menyebabkan pengiriman UPS lebih lambat jika di bandingkan dengan DHL untuk wilayah Jawa Tengah.

Demikian informasi mengenai Cepat Mana Kirim Paket Keluar Negeri Pakai UPS vs DHL? Semoga bisa membantu, silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kirim Paket Keluar Negeri Pakai UPS vs DHL Cepat Mana?"