Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Lag Saat Main Game? Pakai Trik Rahasia Developer Mode Ini agar Lancar!

Rom MIUI pada Xiaomi dikenal cukup baik karena memiliki kustomisasi yang cukup banyak, dan lumayan hemat baterai.
Tapi ada beberapa keluhan dimana Rom MIUI ini ternyata cukup berat untuk gaming, terutama di HP Xiaomi low end atau biasa disebut HP kentang, sehingga membuat game terasa sangat lag saat dimainkan.


Tapi tenang sob saya ada trik nih biar lebih lancar saat main game di xiaomi, trik ini bisa di gunakan di semua Xiaomi tanpa root! penasaran bagaimana caranya? yuk kita simak:

Cara Mengatasi Xiaomi Lag Main Game:

Sebelum mulai pastikan hp kalian sudah masuk developer mode, caranya masuk ke settings > about phone > tap 7x pada MIUI version sampai muncul developer  options telah aktif.
sekarang masuk ke developer options di settings > additional settings > developer option, maka kalian akan menemukan menu berikut:

1. Log Buffer Sizes

Scroll terus kebawah sampai kalian menemukan Log Buffer Sizes, secara default setting berada di angka 256K, untuk memaksimalkan gaming di sini kalian bisa ubah menjadi off sob.
Akan tetapi dengan memilih setting Log Buffer Size menjadi off, multitasking agak sedikit kurang maksimal, karena akan sering reload aplikasi.
Jadi sebaiknya kembalikan seperti semula ketika selesai bermain game.

2. Game Driver Preference

Setelah dari Log buffer sizes kita scroll lagi sedikit ke bawah sampai ketemu menu game driver preference. Di sini ada beberapa pilihan antara lain Default, Game Driver, Prerelease Driver, dan System Graphic Driver.
Untuk memaksimalkan gaming kita bisa pilih Game Driver, untuk menu ini tidak perlu dikembalikan serperti semula, akan tetapi tidak semua ROM Xiaomi ada menu ini.

3. Disable Overlay Hardware

Scroll agak jauh ke bawah maka kalian akan menemukan menu Disable overlay hardware, dengan mengaktifkan menu ini akan memaksa hp untuk menggunakan GPU dalam menampilkan konten di layar.
Menu ini bisa mengurangi lag, tapi membuat hp lebih cepat hangat, jadi kalau sudah selesai bermain game sebaiknya di matikan saja. 

4. Force GPU rendering (Jika Ada)

Dulu saya pernah menemukan menu ini di hp xiaomi lama saya, jika di hp sobat ada menu ini, bisa kalian hidupkan untuk meningkatkan performa gaming.

Meningkatkan Performa Gaming Di Luar Developer Options.


Kita bisa meningkatkan pengalaman gaming selain setting di developer option antara lain

1. Matikan Battery Saver

Seperti yang kita tahu mode Battery Saver apalagi Ultra Battery Saver akan mengutamakan ketahanan baterai dengan menurunkan performa hp kita. Tanda mode ini aktif adalah icon baterai kita berwarna orange.
Untuk mematikannya kita bisa ke settings > battery & performance > matikan battery saver dan ultra battery saver.

2. Aktifkan Game Turbo

Game Turbo sudah ada sejak MIUI 11 akan tetapi tidak semua game masuk otomatis ke dalam list Game Turbo terutama game-game baru yang kurang familiar, kita bisa menambahkan secara manual dengan cara masuk ke menu Settings > Special features > Game Turbo > Tap tanda + di kanan atas > tambahkan game ke list.
Demikian sob Cara Mengatasi Xiaomi Lag Main Game tanpa root, jika kalian kurang puas dengan hasilnya dan ingin oprek lebih dalam, kalian bisa custom rom hp kalian pakai rom gaming (Baca Juga: Cara Dasar UBL, Pasang TWRP, Root dan Custom Rom Xiaomi untuk Pemula).
Terima kasih sudah berkunjung, silahkan dishare jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Xiaomi Lag Saat Main Game? Pakai Trik Rahasia Developer Mode Ini agar Lancar!"

Berlangganan via Email