Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sharing Wifi Indihome Ke Tetangga? Perhatikan Cara Ini Agar Tidak Gagal!

Berlangganan Indihome sekarang sudah jauh lebih mudah karena bisa dilakukan secara online, baik menggunakan aplikasi atau ke website indihome langsung.

Ada banyak promo-promo yang di tawarkan Indihome ketika hendak berlangganan layanan Indihome. Akan tetapi harga yang dipatok Indihome tetap dirasa kurang bersahabat untuk beberapa kalangan.

Untuk mensiasati hal tersebut biasanya kita bisa pasang 1 Indihome untuk di share ke tetangga dekat rumah kita, sehingga pembayaran Indihome bisa dilakukan dengan cara patungan, lumayan sob misalnya dibagi ke 3 rumah yang awalnya bayar 300 ribuan karena di bagi 3 bayarnya menjadi 100 ribuan per rumah, kalau lebih banyak rumah makin sedikit pula patungannya.

Tapi perlu diingat, pihak teknisi Indihome gak bakal mau masang 1 indihome untuk di bagi ramai - ramai, jadi kita harus pasang sendiri secara manual.

Untuk sharing Wifi Indihome ada 2 cara sebenarnya sob yaitu secara wireless (tanpa kabel) dan wired (menggunakan kabel), yuk kita cek caranya.

Sharing Wifi Indihome Tanpa Kabel (Wireless) ke Tetangga

Untuk sharing wifi ke tetangga tanpa kabel kita bisa memanfaatkan repeater atau disebut juga wifi extender. Keunggulan dari cara ini adalah cara pemasangan yang simple tanpa perlu menggunakan teknik khusus. Namun cara ini juga memiliki kekurangan sob, yaitu jarak yang terbatas dan kecepatan yang kurang stabil jika ada penghalang yang cukup mengganggu sinyal.

Seperti yang saya jelaskan, untuk sharing wifi secara wireless bisa menggunakan repeater atau disebut juga wifi extender. Repeater adalah alat khusus untuk menangkap, menguatkan dan meneruskan  kembali sinyal wifi, jadi jangkauannya bisa menjadi lebih jauh, bentuknya kira-kira seperti ini sob:

Repeater ini sangat praktis, karena kita hanya perlu colokkan repeater ke stop kontak, setting sedikit dengan HP Android, jaringan langsung siap.

Cara setting repeater beda-beda di tiap merk tapi mirip-mirip sob, biasanya sudah aplikasinya di playstore, dan langkah-langkahnya juga ditulis di buku manualnya. Untuk kali ini saya contohkan setting Mi Wifi Extender ya sob.

Setting Repeater Untuk Sharing Wifi:

  • Download aplikasi Mi Home dari Play store di HP android kalian
  • Buka aplikasi Mi Home, kemudian tambahkan device Mi Wifi, sesuai perangkat yang akan kita sambungkan.
  • Akan muncul perintah untuk memilih jaringan wifi yang akan di Extend.
  • Pilih, dan masukan password wifi yang akan diextend.
  • Tunggu proses hingga selesai, jika berhasil nanti mi wifi akan restart dan setelah itu akan menyala led biru.

Untuk sharing secara wireless cukup hanya itu saja yang dibutuhkan sob, simple dan cepat prosesnya. Tapi perlu di ingat, jangkauan repeater ini sangat terbatas, optimal dibawah 10 meteran jadi letakkan sumber wifi dan repeater sestrategis mungkin, kalau bisa hindarkan dari penghalang yang terlalu tebal.

Sharing Wifi Indihome Menggunakan Kabel LAN

Cara kedua untuk sharing wifi indihome adalah menggunakan kabel LAN. Sharing dengan menggunakan kabel LAN akan menjamin jaringan yang lebih stabil, saya pernah coba sambungkan internet dengan jarak lebih dari 20 meter bisa berhasil dengan kecepatan yang sangat baik. Untuk gambarannya seperti ini sob.
Tapi sharing menggunakan kabel LAN cukup ribet, karena kita harus mengatur kabel dan jika kurang panjang kita harus menyambung kabel LAN dengan benar, jika ada kesalahan penyambungan koneksi internet tidak akan tersambung. Untuk cara menyambung kabel LAN bisa cek di postingan saya sebelumnya sob (Baca: Cara Menyambung Kabel LAN)

Setelah kabel LAN terhubung dengan benar kita harus setting router Indihomenya. Untuk cara settingnya bisa kunjungi postingan saya sebelumnya (Baca: Setting Router TP Link Untuk Indihome)

Demikian Sharing Wifi Indihome Ke Tetangga baik tanpa kabel maupun dengan kabel, semoga bisa membantu silahkan di share jika bermanfaat.

3 komentar untuk "Sharing Wifi Indihome Ke Tetangga? Perhatikan Cara Ini Agar Tidak Gagal!"

  1. sip sekarang bisa bayar indihome lebih murah hhe

    BalasHapus
  2. "PELANGGAN dilarang melakukan penjualan kembali baik sebagian maupun keseluruhan Layanan IndiHome dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari TELKOM."

    Untuk hal tersebut bagaimana pak? Saya ingin berbagi biaya dengan tetangga tapi ada ketentuan tersebut pada kontrak Indihome.

    BalasHapus