Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat HP Android Jadul Sebagai CCTV Jarak Jauh, Bisa Ngobrol Sama Maling!

CCTV Android Gratis

CCTV alias Closed Circuit Television  memiliki fungsi utama untuk memantau keadaan suatu wilayah yang ingin kita pantau. Penggunaan CCTV sendiri sudah lumrah digunakan di beberapa tempat, kayak di swalayan, tempat parkir, bank, jalan raya, bahkan di rumah juga sudah banyak yang pasang CCTV.

Kelebihan dan Kekurangan CCTV

Punya CCTV dirumah sebenarnya enak sob, kita bisa mengawasi keadaan rumah misal mau cek keadaan peliharan, adek bayi, kendaraan di garasi, ngawasin suami yang sering ilang tengah malem juga bisa.

Tapi pasang CCTV kagak gratis, kita harus beli kamera CCTV, beli hardisk buat nyimpen, terus bayar instalasi CCTV, kalau CCTV online kita juga harus langganan untuk servernya.

Nah untuk sobat kere hore sekalian saya punya nih solusi gratis dan gampang untuk membuat CCTV online sendiri, yaitu dengan memanfaatkan hp android lama yang tidak terpakai. Dari pada nganggur tak berguna kita bisa manfaatkan "dia" untuk dijadikan CCTV Online, gimana caranya? yuk kita simak.

Cara Membuat HP Android Jadul Sebagai CCTV Jarak Jauh.

Persiapan:

1. Siapkan 2 HP, HP pertama sebagai kamera (sebut saja HP jadul), HP kedua sebagai viewer (HP yang digunakan untuk nonton siaran CCTVnya)

2. Download Aplikasi "ALFRED CAMERA" di kedua HP tadi.
3. Siapkan kuota internet / wifi untuk hp jadul dan hp viewer. Karena untuk upload dan download video ke dan dari server butuh akses internet.

Eksekusi di HP Jadul:

1. Sekarang pegang hp jadul.

2. Buka aplikasi Alfred Camera yang sudah didownload tadi.

3. Login (pakai akun google saja biar gak ribet)

4. Terus di pojok kanan atas ganti setup dari viewer menjadi camera.
5. Kalau di Hp Xiaomi akan muncul notifikasi perizinan seperti di bawah, di centang-centang aja. Kalau bukan xiaomi mungkin ada juga tapi dengan tampilan yang sedikit berbeda.
6. OK Camera sudah siap buat dijadikan CCTV.
oh iya kalau kalian perhatikan di bawah ada 3 menu, 
  • Yang paling kiri gambar gerigi itu untuk setting.
  • Yang tengah untuk on/off motion detection, kalau diaktifkan kamera akan otomatis merekam video dan upload ke server ketika ada gerakan yang tertangkap camera.
  • Yang paling kanan itu tombol lock yang fungsinya mengunci hp biar layarnya mati untuk hemat baterai.

Eksekusi di HP Viewer:

1. Sekarang pegang hp yang akan dijadikan viewer

2. Buka aplikasi "Alfred Camera".

3. Login (misal pakai akun google, akunnya harus sama dengan hp jadul sebelumnya).

4. Setelah berhasil login, kita akan otomatis tersambung dengan hp jadul cctv yang sudah kita setting tadi.
5. Pencet tombol live maka akan masuk tampilan berikut, yang mana itu adalah siarang langsung dari hp jadul CCTV kita tadi, CCTV sudah siap untuk dinikmati. (Gambar sengaja di blur biar penasaran)
6. Menu-menu yang ada di hp viewer.
  • Di pojok kanan atas ada tombol speaker kalau diaktifkan kita bisa mendengar suara yang ditangkap cctv hp jadul.
  • Kalau di sisi bawah ada gambar microphone yang fungsinya untuk mengeluarkan suara kita di hp jadul CCTV, jadi kita bisa ngobrol dah sama maling ikan asin 😅. Cara pakainya di tekan dan tahan terus kita ngomong (kayak bikin voice note di WA gitulah).
  • Disebelahnya ada gambar record, fungsinya untuk merekam video yang sedang ditampilkan ke HP kita.
  • Sebelahnya ada panah kekanan kecil kalau di tekan ada menu tambahan.
  • Dari yang paling kiri icon hp kejengking fungsinya untuk memutar tampilan gambar.
  • Yang sebelahnya itu icon untuk memindah kamera, jadi bisa pindah sob dari kamera depan ke kamera belakang dan sebaliknya.
  • Sebelahnya ada gambar senter untuk menyalakan lampu flash di kamera cctv hp jadul
  • Sebelahnya lagi gambar bulan untuk mengatur mode pengambilan 
  • Dan yang terakhir paling kanan fungsinya untuk mengidupkan suara alarm, jadi kalau ada bahaya dan kita aktifkan menu ini, cctv hp jadul bakal ngeluarin suara sirine yang kenceng banget.

Tips Untuk Pengguna Xiaomi

Untuk hp xiaomi saya punya tips nih (karena punyanya itu), cuman tambahan doang sih sebenarnya kalau gak diikutin juga gak papa.

1. Lock aplikasi alfred camera di hp jadul, dan matikan battery optimization (caranya bisa cek di artikel sebelumnya, baca: Cara Agar Aplikasi Android tidak Force Close). Fungsinya agar aplikasi tidak tertutup saat hp jadul di lock.

2. Aktifkan notifikasi suara, jadi ketika ada gerakan tertangkap kamera hp jadul akan ada notifikasi di hp viewer caranya:
  • Di aplikasi alfred camera pilih setting, hidupkan motion detection, terus hidupkan notification.
  • Sekarang keluar dari aplikasi alfred camera, masuk ke setting hp, pilih Apps > manage apps > cari aplikasi aflred camera
  • Di bagian notification centang kayak di bawah
Demikian cara Membuat HP Android Jadul Sebagai CCTV Jarak Jauh, kita juga bisa kok lacak lokasi orang lain lewat google maps (Baca: Cara Cepat Melacak Lokasi Orang Lain di Google Maps). 
Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan dishare jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membuat HP Android Jadul Sebagai CCTV Jarak Jauh, Bisa Ngobrol Sama Maling!"

Berlangganan via Email