Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Memperkuat Sinyal WiFi Indihome

Mengandalkan jaringan wifi indihome atau wifi provider lain untuk koneksi di rumah memang sangat menyenangkan, karena kita gak khawatir kuota abis dan kestabilan jaringan gak terpengaruh cuaca buruk. 

Masalah Utama Jaringan Wifi

Palingan masalah yang biasa di hadapi adalah sebaran wifi yang gak merata, gak biasa menjangkau semua bagian rumah. 
Hal ini di sebabkan karena bangunan rumah yang terlalu luas, bertingkat, dan banyak terhalang oleh benda padat, misalnya tembok, lemari, beton, dll. 

Nah kita sudah tau nih masalah utamanya, lalu bagaimana agar sinyal wifi indihome kita tersebar rata ke semua bagian rumah? Saya ada beberapa tips ni sob yang mungkin bisa diterapkan di rumah masing-masing. 

Cara Gampang Memperkuat Sinyal WiFi Indihome

1. Perhatikan Letak Router Wifi

Letak router sangat berpengaruh terhadap performa sinyal wifi. Sebisa mungkin letakkan router di tengah rumah dan tidak ada penghalang disekelilingnya, jangan letakkan router wifi di dalam lemari dan sebagainya sob, itu akan sangat mengurangi kekuatan sinyal wifi kita. 
Dengan peletakan posisi router wifi yang tepat akan sangat membantu sebaran wifi yang dapat di tangkap oleh perangkat-perangkat di rumah. 

2. Setting Router

Sebenarnya di dalam router bawaan indihome ada setting untuk mengatur kekuatan sinyal wifi yang dipancarkan. Cara settingnya gampang kok, sambungkan hp atau pc kalian ke jaringan wifi. 
Lalu buka browser misalnya chrome, ketikkan: 192.168.1.1, masukkan username dan password router, biasanya sih
Username: admin
Password: admin
Kalau sudah masuk ke Network > WIFI Control
Pada bagian WIFI Power Control akan ada pilihan mulai dari 20% sampai 200%, secara default sih ada di 100% nah coba naikkan sesuai kebutuhan dan pilih apply. Sekarang coba cek kekuatan sinyal nya apakah sudah ada peningkatan di bandingkan sebelumnya. 

3. Pasang Wifi Extender

Kalau memang sinyal wifi masih terasa terlalu lemah misal rumah kita ada 2 lantai, 3 lantai atau lebih, kita bisa pakai wifi extender, sekarang udah banyak kok dijual di toko online, harganya juga cukup terjangkau, Instalasinya pun gampang, tinggal colok ke listrik, setting beres. 

Saran saya sih kalau router wifi ada di lantai 1, wifi extender bisa di tempatkan di lantai 2, kalau sama-sama di lantai 1 yaa sama aja boong 💆. 

Selain wifi extender, kalau punya router wifi tidak terpakai bisa di cek dulu sob, kalau ada setting mode access point berarti router bisa dipakai sebagai wifi extender, mayan ga usah keluar duit lagi buat beli hehe. 

Cukup sekian sob, Cara Gampang Memperkuat Sinyal WiFi Indihome, semoga bisa sedikit membantu. Silahkan dishare jika bermanfaat 😁. 

Posting Komentar untuk "Cara Gampang Memperkuat Sinyal WiFi Indihome"