Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Daftar Siaran TV Digital Jepara, Kudus, Pati, Demak Jawa Tengah

Tv Digital Indonesia

Siaran TV di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1962 menggunakan sistem analog, sistem yang sudah jadul ini banyak ditinggalkan oleh negara-negara maju. Mereka sudah mengupgrade sistem pertelevisiannya menjadi sistem digital. 

Apa Keunggulan Tv Digital? 

Sistem televisi digital lebih unggul dari analog. Di tv analog semakin jauh dari pemancar gambar akan semakin banyak semut, berbeda dengan tv digital, kualitas gambar akan sama hingga batas maksimal pancaran sinyal. 

Tv digital punya resolusi yang jauh lebih tinggi dari analog sehingga kita berasa nonton youtube sob! Gambar jernih dan suara stereo, lebih manteb kalo denger dangdutan :D. 

Tv digital bisa menampung lebih banyak informasi, seperti jadwal siaran. Jadi kita bisa melihat secara real time apa yang sedang dan akan tayang di semua channel tv digital. 

Tv digital memakai frekuensi yang lebih sedikit dari tv analog. Seperti yang kita tahu lebar frekuensi itu sangat terbatas, dengan dihematnya frekuensi ini, pemerintah bisa lebih leluasa memanfaatkannya untuk yang lain, misalnya teknologi 5G.

Kapan Tv Digital di Indonesia Mulai? 

Pemerintah Indonesia sudah mulai ancang-ancang untuk migrasi ke tv digital. Ancang-ancangnya lamaaaaa benerrr dari tahun 2006 sampai sekarang ga kelar-kelar . 

Sebenarnya dari segi teknologi Indonesia sudah mumpuni untuk melakukan siaran digital. Dilihat dari beberapa tv nasional dan tv lokal yang sukses melakukan siaran percobaan. Masalahnya adalah di regulasi yang sampai saat ini belum ketemu jalan tengahnya. 

Semoga saja pembahasan ini segera menemukan titik akhir dan semua rakyat Indonesia bisa menikmati siaran digital. (Baca Juga: Jadwal ASO Resmi Pemerintah Indonesia)
Masak ya kalah sama Malaysia yang udah full digital.

Channel Digital Indonesia Yang sudah Aktif

Beberapa tv nasional sudah mulai aktif melakukan uji coba siaran tv digital, yang paling getol adalah TVRI, sudah banyak wilayah Indonesia yang terjangkau oleh TVRI Digital. Tv swasta lain juga sudah mulai terlihat gregetnya untuk mulai siaran tv digital di tahun 2020.

Untuk list channel apa saja yang sudah on digital per daerah berbeda-beda tergantung dari kebijakan tv itu sendiri. 
Saya sendiri tinggal di Jepara, list channel yang sudah digital di daerah Jepara sebagai berikut:
Channel Stasiun TV Resolusi Ada EPG
28 TVRI NASIONAL SD (576i) TIDAK
TVRI JATENG FHD (1080i) TIDAK
TVRI 3 SD (576i) TIDAK
TVRI SPORT SD (576i) TIDAK
TV KU SD (576i) TIDAK
36 MAGNA CHANNEL FHD (1080i) TIDAK
METRO TV SD (576i) TIDAK
METRO TV HD FHD (1080i) TIDAK
42 TRANS TV SD (576i) ADA
TRANS 7 SD (576i) ADA
CNN INDONESIA FHD (1080i) ADA
CNBC INDONESIA FHD (1080i) ADA
32
(Update November 2020)
INDOSIAR SD (576i) TIDAK
SCTV SD (576i) TIDAK

Untuk channel-channel tersebut diambil dari pemancar yang ada di Semarang, jadi daerah sekitar kemungkinan akan mendapat channel yang kurang lebih sama. 

Bagaimana Cara Menonton Tv Digital? 

Syarat utama nonton siaran digital di Indonesia adalah punya decoder DVBT2. Tv keluaran baru biasanya sudah banyak include dengan decoder DVBT2 di dalamnya. 
Lah kalau TV jadul gimana? Tenang sob tv jadul bisa juga kok nonton siaran digital, kita hanya perlu beli STB DVBT2 dan sambungin ke TV kita.

Ingat sob DVBT2 ya, karena sistem TV digital itu ada DVBT dan DVBT2. Indonesia pakai sistem DVBT2 yang merupakan pengembangan dari DVBT jadi kalau beli TV atau STB harus yang DVBT2 biar bisa nangkep siarannya. 

Kalau decodernya sudah ada tapi gak muncul siaran digital, coba cek antenanya sob sudah support digital apa belum, kalau belum coba di upgrade terlebih dahulu. Untuk antena lebih di sarankan pakai antena luar, saya sendiri pakai antena dalam untuk tv digital semua channel memang tertangkap, tapi kadang macet-macet gambarnya kalau ada yang jalan di depan atau belakang antena.

Kalau masih ragu upgrade kr TV Digital kita bisa kok nonton TV lewat HP Android, channel lebih banyak dan resolusi bisa di sesuaikan (Baca: Cara Gampang Nonton TV Gratis di Android)

Sekian informasi mengenai Channel TV Digital yang tayang di Jawa Tengah, semoga bisa jadi referensi bagi yang ingin membeli tv baru atau STB tv digital, terima kasih sudah berkunjung 😁. 

21 komentar untuk "Update Daftar Siaran TV Digital Jepara, Kudus, Pati, Demak Jawa Tengah"

  1. Terima kasih informasinya gan,nanti kalau uda komplit siaranya baru beli dvb t2,,,,,

    BalasHapus
  2. Februari 2021, Channel digitalnya dah tambah atw masih yg di atas itu, gan ?

    BalasHapus
  3. jika ambil semarang bukan itu saluran digitalnya
    saluran 28 tvri group
    saluran 32 emtex group
    saluran 36 media group
    saluran 40 viva group
    saluran 42 trans group
    saluran 48 tvri kudus
    sedangkan mnc group blm ada.... di tunggu aja... mungkin karna blm ASO jd ya yg beruntung aja yg bisa menikmati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update april 2021 MNC grup sudah siaran di gital

      Hapus
    2. Mantap, saya cek udah nambah MNC group di MUX 46

      Hapus
  4. Saya Demak, cuma nangkap TVRI TVKu MagelangTV saja

    BalasHapus
  5. Kok MNC group saya suka ilang2an (gk stabil) ya? Sy di Kudus Kota, apa harus pakai stb biar lebih clear sinyal digitalnya?

    BalasHapus
  6. Daerah kudus ap saja z chanel digitalnya

    BalasHapus
  7. Saya di bangsri jepara tpi yg agak desa. Mau beli STB tpi antena saya antena uhf biasa bisa gk ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa,antena yg memdukung wilayah sinyal yg kurang sepengetahuan sy,antena uhd-25,antena uh-d25,antena zeus dan tambah booster yg bagus..

      Hapus
  8. Di tempat saya gubug, grobogan per 13 juli 2021 ada 20 chanel min, minggu lalu sempat ada 22 chanel, TV ONE sama AN TV, tapi ilang lagi, sekarang tinggal TVRI ada 4 chanel, iNews, GTV, MNC TV, RCTI, KOMPAS TV, TRANS 7, CNN INDO, CNBC, TRANS TV, METRO, BNTV, MAGNA, TESTCARD ( blm ada gambar ), MAGELANG TV, TATV, sama TVKU, padahal cm pakai antenna kecil bulat dlm ruang warna oranye model jadul, lumayan stabil, gambar jernih, cm mau kasih info..!!

    BalasHapus
  9. Untuk kota Pati gimana min?
    Ada yang tau ?

    BalasHapus
  10. Utk kota Semarang sampe saat ini SCTV dan Indosiar belum bisa diterima siaran digital bro...

    BalasHapus
  11. Bagaimana siaran digital Dipati Utara kec.cluwak, Dukuhseti-Pati?? apakah sampai??? soalnya rata2 daerah nya pakai parabola???

    BalasHapus