Setting WIFI Indihome Tidak Lemot Game Online


Game Online sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun ini, terutama game online mobile.
Semenjak hp android lebih terjangkau dengan spek lumayan tinggi banyak developer game online yang berlomba-lomba untuk membuat game online yang menarik.
Untuk bermain game online secara mobile khususnya android dapat di lakukan dengan memilih dua cara yaitu menggunakan kartu SIM atau menggunakan WIFI.
Bagi yang menggunakan kartu SIM kecepatan dan kelancaran game akan sangat tergantung pada operator yang di pilih, jika penerimaan sinyal jelek kita hanya bisa pasrah menerima kenyataan😢.
Nah bagaimana jika memainkan game online menggunakan WIFI?
Jika kalian menggunakan WIFI rumah sebagai contoh di sini Indihome, kita bisa memaksimalkannya untuk bermain game sehingga gejala-gejala lag biasa disebut ping merah pada game bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Cara Mengilangkan Lag WIFI Indihome
1. Letakkan Router Di Tempat yang Strategis
Letak router sangat berpengaruh terhadap jangkauan dan kekuatan sinyal dari wifi.
Hindari meletakkan router di tempat yang rendah apa lagi tertutup. Letak router yang strategis dapat memperkuat sinyal wifi Indihome.
Usahakan router wifi diletakkan di tengah rumah, jika rumah kalian memiliki 2 lantai lebih baik jika di letakkan di dekat tangga, Antena wifi juga harus dihindarkan dari benda-benda yang dapat menghalangi sinyal, sehingga penyebaran sinyal lebih sempurna.

2. Restart Router
Ya, ini terlihat sepele setiap kita telepon CS ketika internet indihome lemot opsi ini sering di sampaikan "silahkan di restart dulu modem/routernya kaka 😌." 
Ngeselin emang kalau denger kata ini tapi ada benarnya juga, karena router selalu dalam keadaan nyala nonstop 24 jam setiap hari, kecuali kalau listrik mati. 
Router bisa lelah juga jadi dengan restart kita bisa merefresh router kita.

3. Pilih Bandwith dan Channel WIFI yang Tidak Rawan Konflik
Bandwith merupakan lebar frekuensi wifi biasanya untuk wifi 2.4 GHz ada 2 pilihan yaitu 20 Mhz dan 40 MHz, pilih saja yang 40 MHz biar lebih lebar.
Lalu untuk Channel wifi pilih antara channel 1, 6 atau 11 karena channel ini lebih minim konflik.
Untuk Router bawaan Indihome bisa menu ini bisa di temukan di Network > Wlan Settings > Basic.

Untuk yang pakai router eksternal bisa di cek sendiri di menu routernya biasanya mirip-mirip. Misal saya di sini pakai TP Link TL-WR840N menunya ada di Wireless > Basic Settings.

4. Limit Kecepatan Maksimal Wifi
Main game online tidak membutuhkan kecepatan yang tinggi, tapi membutuhkan kestabilan jaringan sehingga ping game tidak loncat-loncat.
Dari pengalaman saya limit ini yang sangat berpengaruh dalam kestabilan main game online, saya jarang mendapatkan drop meskipun saya hanya langganan paket yang paling rendah.
Untuk Me-limit kecepatan internet router harus memiliki menu bandwith control, sayangnya di router bawaan Indihome saya tidak ada menu tersebut. 
Terpakasa kita harus pakai Router Eksternal, untuk settingnya bisa di lihat di postingan saya sebelumnya (Baca: Setting TP Link TL-WR840N Untuk Mengatur Bandwidth WIFI Indihome)

5. Upgrade Firmware Router
Dengan upgrade router akan ada optimisasi lebih lanjut untuk router kita baik dari segi kecepatan, keamanan atau tambahan fitur.
Untuk upgrade firmware TP Link-WR840N bisa dilakukan di menu System Tools > Firmware Upgrade. 

Cari firmware yang sesuai di sini, untuk router lain bisa cari di website resmi masing-masing.

Demikian Setting WIFI Indihome Agar Tidak Lag Game Online. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua, silahkan dishare jika berkenan.

Posting Komentar

0 Komentar