Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALTERNATIF GRATIS MICROSOFT OFFICE TERBAIK (WPS OFFICE)


Halo sob, sudah lama ini blog sudah tidak saya update karena kesibukan pekerjaan.
Kali ini saya akan share mengenai software alternatif untuk Microsoft Office. Microsoft Office sudah menjadi software wajib ketika menginstal komputer atau laptop, karena sangat penting untuk mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor dll.
Akan tetapi semakin kesini Microsoft Office semakin membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Saya sudah merasakan sendiri ketika mengerjakan perkerjaan di kantor menggunakan komputer yang spesifikasinya tergolong rendah. Office sangat lama untuk terbuka dan sering not responding ketika membuka file yang agak berat.
Karena sudah terlalu mengganggu akhirnya dipasanglah WPS Office. Setelah saya gunakan beberapa minggu, rasanya lebih responsif dan ada beberapa fitur tambahan yang saya rasa sangat membantu dan tidak saya temukan di Office, fitur apa sajakah itu? Mari kita lihat.

Fitur - Fitur Ajib WPS Office

1. Gratis

Ya, WPS bisa didapatkan secara gratis dari websitenya, jadi kita tidak perlu crack-crack lagi "ups". 
WPS juga tersedia di platform lain seperti Linux dan Android

2. Interface Lebih Memudahkan
Saya pribadi lebih suka tampilan WPS karena ketika kita membuka file berbeda maka akan muncul di tab atas, untuk berpindah pun mudah cukup tekan CTRL +  TAB, maka kita akan berpindah dari file satu ke lainnya. Untuk membuat dokumen baru juga mudah, cukup klik icon + di sebelah Tab.

3. Ada Bahasa Indonesia 
Ini merupakan fitur yang bisa jadi sangat membantu bagi yang sangat awam dengan aplikasi Office. Untuk mengaktifkannya tinggal klik icon buku dengan huruf "A" yang ada di kanan atas, lalu pilih Bahasa Indonesia dan restart WPSnya.

4.  Reading Layout
Fitur ini bisa memberikan highlight warna vertikal dan horizontal dari cell yang kita klik. Fitur ini sangat membantu untuk melihat data yang sejajar, jadi kita ga perlu mantengin layar sampai melotot :v.
Untuk mengaktifkan fitur ini cukup klik icon reading layout yang ada di bawah. Kita juga bisa memilih warna highlight sesuai kebutuhan.

5. Kustomisasi Shortcut Keyboard
Fitur ini nih yang simple tapi sangat membantu. Di WPS kita bisa edit shortcut perintah sesuai kebutuhan kita. 
Misal perintah "copy" yang default shortcutnya adalah CTRL+C kita bisa ganti dengan tombol lain misalnya "F1", Lalu kita bisa ganti shortcut lain misalnya Paste yang defaultnya adalah CTRL+V menjadi "F2" Jadi untuk Copy-Pastekita cukup pencet F1 lalu F2 ajib kan?
Untuk mengganti shortcut di WPS cukup mudah.
Cukup Klik Spreadsheet > General & Save Shortcuts > Tinggal ganti dah sesuai keinginan.

Sekian sharing saya mengenai ALTERNATIF MIICROSOFT OFFICE TERBAIK "WPS OFFICE". Saya bukan sales WPS, saya hanya sharing pengalaman menggunakan software ini.
Terima Kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "ALTERNATIF GRATIS MICROSOFT OFFICE TERBAIK (WPS OFFICE)"