Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setting Nomor Halaman untuk Print Bolak-Balik


Kemarin saya sudah share bagaimana cara print bolak-balik, mungkin ada beberapa teman yang masih gundah gulana karena nomor halamannya jadi aneh dan tidak sesuai. Oleh karena itu, sekarang saya akan share mengenai cara setting nomor halaman untuk print bolak-balik.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya (baca: Cara Mengatur Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi), untuk nomor halaman skripsi yang tidak bolak-balik letaknya berada di kanan atas halaman. Namun jika kita akan print halaman skripsi tersebut untuk bolak-balik, maka kita harus mengubah posisi nomor halaman tersebut agar selalu berada di outside margin (margin sebelah luar). Kenapa harus begitu? entahlah bang saya cuma ikut-ikutan :v

Apa itu Outside Margin?
Oke kalau kita setting margin kita menjadi Mirror Margins, maka margin left dan right akan berubah menjadi inside dan outside seperti gambar di bawah ini. Margin Inside adalah margin yang terkena penjilidan, kalau yang outside ya,, berarti lawannya.



Cara Setting
1. OK, nggak usah banyak cingcong lagi, sekarang buat nomor halaman seperti yang saya contohkan kemarin-kemarin (Baca: Cara Mengatur Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi) dan setting halaman print bolak-baliknya (Baca: Cara Print Bolak-Balik). Maka hasilnya kurang lebih akan seperti di bawah ini.



Jika kita lihat gambar di atas, maka terlihat jelas jika nomor halaman ganjil (nomor halaman 3,5,7,dst ) sudah benar ada di outside margin (margin sebelah luar). Sedangkan nomor halaman genap (2,4,6,dst) ternyata masih ada di inside margin (margin sebelah dalam).

2. Dobel klik salah satu nomor halaman genap (contohnya nomor halaman 4). Terus centang different odd & even pages, jika benar maka semua nomor halaman genap akan lenyap seketika hahaha. Tapi tenang emang begitu kok.


3. Langkah selanjutnya klik page number pilih top of page dan pilih nomor halaman yang posisinya di kiri atas (karena margin outer halaman genap ada di kiri).


4. Jika langkah-langkah kalian benar maka semua nomor halaman akan berada di margin outside (kecuali nomor awal halaman yang berada di bawah)



Demikianlah cara Setting Nomor Halaman untuk Print Bolak-Balik, Terimakasih sudah berkunjung dan silahkan share jika dirasa bermanfaat.