Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Tombol Keyboard Yang Acak-Acakan

FN LOCK AND NUMLOCK

Ketik mengetik dokumen merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa, terutama mahasiswa semester *ehm* tua. Mengetik dokumen sekarang sudah tidak lagi menggunakan mesin ketik yang suaranya cetek-cetek. melainkan menggunakan komputer atau laptop dengan bantuan input device berupa keyboard.

Keyboard komputer atau laptop standar dari jaman saya SD sampe lulus kuliah sih isinya itu-itu aja dan tidak ada yang sitimewa. Namun hal itu berbubah ketika beberapa waktu yangl lalu saya dapat curhatan dari temen saya yang galau karena tombol keyboardnya bertingkah aneh. Beberapa huruf yang di pencet tidak bisa mengeluarkan huruf melainkan angka, yang memaksa dia untuk menggunakan virtual keyboard yang tentunya ribet untuk kegiatan ketik mengetik.

Karena saya baik hati dan tidak sombong ya saya coba lihat keyboardnya, dan ternyata permasalhannya bukan pada hardware, karena semua tombol-tombolnya masih bisa mengirimkan instruksi. Setalah saya cek ternyata permsalahannya simple, masalahnya hanya karena NumLock yang aktif.

NumLock

Beberapa Laptop memang mempunyai tombol NumLock di keyboardnya. NumLock merupakan singkatan dari Num: number/angka dan Lock: kunci. Jadi ya intinya adalah tombol yang di gunakan untuk mengaktifkan atau mengunci tombol angka. Jika kita lihat dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya pada beberapa laptop yang ada NumLocknya pada beberapa huruf keyboard ada angkanya juga, biasanya sih J = 1, K = 2, L = 3, U = 4, I = 5, P = 6. Jadi misal kita menekan tombol J tapi yang kelur malah angka 1, itu bukan berarti keyboard kita rusak, tapi NumLock kita sedang dalam keadaan aktif. Coba deh sekarang tekan tombol NumLocknya sekaliii aja dan setelah itu coba tekan tombol J nya, pasti normal lagi kan.

FN Lock

Tombol Lock lain yang kadang ada adalah FN Lock, yang fungsinya untuk me-lock fungsi tombol FN sehingga ketika sudah mengaktifkan FN lock kita tidak perlu menekan tombol FN lagi ketika ingin menggunakan shortcut.
Contohnya: di laptop saya tombol untuk menambah kecerahan layar ada tombol F3, jika saya ingin mencerahkan layar berarti saya harus menahan tombol FN dan F3 secara bersamaan, tapi jika saya mengaktifkan tombol FN lock maka saya hanya perlu menekan F3 tanpa menahan tombol FN lagi.

Tidak Ada Tombol FN Lock Tapi FN Terkunci

Beberapa merk laptop (yang saya ketahui netbook lenovo) memiliki fitur FN Lock, akan tetapi untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya kita harus masuk ke BIOS (karena tidak tombol FN  Lock di Keyboard).
  1. Masuk ke Menu Bios Netbook Lenovo. (Matikan netbook dan hidupkan kembali sambil menahan tombol kecil yang ada di sisi kanan atau kiri cashing netbook)
  2. Masuk Ke Menu Configuration
  3. Pada Hotkey Pilih Enable/Disable (Enable= untuk mengaktifkan FN Lock, Disable= Untuk menonaktifkan FN Lock).
Jika kalian memiliki tombol keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi bisa coba cek artikel mengenai cara Mengatasi Keyboard Laptop Rusak Tanpa Keluar Duit.
Demikianlah cara mengatasi tombol keyboard yang acak-acakan, terimakasih atas kunjungannya dan share jika di rasa bermanfaat.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Mengatasi Tombol Keyboard Yang Acak-Acakan"