Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Otomatis Untuk Skripsi

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi

Dalam membuat tugas kuliah/sekolah seperti makalah, proposal, atau skripsi tentu sobat Kelar Nugas harus mencantumkan nomer halaman atau page number disetiap halamannya.

Aturan penulisan nomor halaman sih berbeda-beda, tergantung kebijakan instansi masing-masing. Namun pada umumnya nomor halaman sebelum BAB I adalah angka romawi (i, ii, iii, iv, dst) dan posisinya berada di bagian bawah tengah halaman semua. Mulai dari BAB I sampai BAB VI nomor halaman menggunakan angka biasa (1,2,3,4,dst) namun terdapat aturan khusus dalam penempatannya. Jika di suatu halaman terdapat judul bab (misal BAB I PENDAHULUAN atau BAB II KAJIAN PUSTAKA), nomor halaman posisinya berada pada bagian bawah tengah halaman, sedangkan jika tidak ada judul babnya posisnya berada di kanan atas halaman.

Itu artinya kita harus membuat format page number yang berbeda-beda untuk satu dokumen penuh. Bagaimana cara membuatnya? Sebenarnya ada dua acara untuk membuat nomor halaman, bisa secara manual, bisa juga secara otomatis. Untuk cara manual, kita harus mengetik halaman satu persatu secara manual. Iya kalau halamannya cuma 15, kalau ada ratusan, terus ada yang keselip satu, kan pegel nda… ngulang lagi.

Nah untuk mencegah pegel-pegel tersebut kita bisa menggunakan cara yang otomatis, cek it out:

1. Langkah pertama kita harus membagi section-section dokumen. Caranya letakkan kursor di depan BAB I, klik layout, pilih Breaks, lalu pilih next page. Ulangi langkah ini untuk BAB II, BAB III, dst.


2. Saatnya membuat nomor halamannya. Pertama kita buat nomor halaman untuk yang sebelum BAB I dulu alias yang berformat romawi, disini saya memberi contoh dari kata pengantar.
Pindahkan kursor ke depan tulisan “KATA PENGANTAR”, klik Insert pilih page number, pilih Format Page Numbers, dan pada kotak number format pilih yang format romawi.



3. Karena untuk nomor halaman romawi letaknya di bawah. Klik page number lagi, pilih Bottom of Page, dan pilih yang tengah.


4. Sekarang kita menuju ke BAB I. klik di depan BAB I, klik Insert pilih page number, pilih Format Page Numbers, dan pada kotak number format pilih yang format nomor biasa (1,2,3) dan jangan lupa klik start at: 1, klik OK.


5. Jika sudah, dobel klik nomor halaman satu, centang different first page, pilih page number, pilih bottom of page.


6. Sekarang kita lihat halaman 2, halamannya masih di bawah kan, untuk mengubah posisinya ke kanan atas dobel klik nomor halaman 2, pilih page number pilih top of page.

7. Sekarang nomor halaman di halaman 2 kalian akan ada dua; diatas dan bawah. Dobel klik nomor yang bawah tinggal delete dah beres 😁.

8. Gan Awal BAB II kok ikutan di kanan atas, harusnya kan di bawah tengah? Gampang,, tinggal klik nomor halamannya, terus centang different first page, otomatis halamannya akan pindah ke bawah.



Jika ada kesalahan dalam membuat section break silahkan (baca: Cara Menghapus Halaman Kosong Akibat Salah Page Break).
Demikian Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Untuk Skripsi dari kelarnugas.com, Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan melalui kolom komentar dan silahkan dishare jika bermanfaat buat sobat. Terima kasih audah berkunjung. 😁

Posting Komentar

0 Komentar