Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bersihkan Whatsapp Tanpa Hapus Chat, Internal Memory Langsung Lega!

Whatsapp merupakan aplikasi chat yang paling banyak digunakan di Indonesia, dengan Whatsapp kita bisa dengan mudah berkomunikasi baik melalui teks, suara, gambar, maupun Video.

Namun dibalik kemudahan tersebut tidak jarang kita menemui kendala yaitu membengkaknya ukuran aplikasi Whatsapp yang menyebabkan internal memory smartphone kita menipis dan pada akhirnya membuat smartphone kita menjadi lemot.

Ukuran asli dari aplikasi Whatsapp sebenarnya hanya sekitar 80 Mban sob, Namun seiring dengan pemakaian ukurannya bisa menjadi berkali-kali lipat, sebagai contoh ukuran aplikasi Whatsapp saya membengkak hingga menjadi 5 GB! 

Pembengkakan ukuran ini disebabkan oleh banyak hal sob, tapi yang paling besar kontribusinya adalah file gambar dan video yang kita kirim dan terima juga file backup dari Whatsapp, penasaran cara membersihkannya? yuk kita cek sama-sama.

Cara Bersihkan Whatsapp Tanpa Hapus Chat

1. Backup Whatsapp Secara Online

Sebelum mulai membersihkan Whatsapp disarankan untuk membackup Whatsapp secara online caranya seperti ini:

Buka Whatsapp > Settings > Chats > Chat Backup > Pilih Backup > tunggu hingga proses selesai. 

2. Hapus File Backup Yang Tidak Terpakai

Format file backup whatsapp biasanya berupa .msgstore, untuk menghapusnya kalian bisa buka aplikasi file manager (aplikasi file manager mana saja bebas).

Buka folder android > media > com.whatsapp > WhatsApp > Databases.

Ada 2 macam dari .msgstore, yaitu yang aman dan tidak aman untuk di hapus:

Aman untuk di hapus: msgstore-yyyy-mm-dd.1.db.crypt14.

Jangan di hapus: msgstore.db.crypt14 (karena ini merupakan file chat hari ini)

3. Hapus Video Yang Sudah Terkirim

Jika kita mengirimkan video ke orang lain atau ke grup sebenarnya Whatsapp mengcopy video asli dan meletakkannya di folder tersembunyi, Jika kalian mengirimkan banyak video tentu ukuran Whatsapp akan membengkak dengan sangat cepat, untuk menghapusnya buka aplikasi file manager (aplikasi file manager mana saja bebas).

Buka folder android > media > com.whatsapp > WhatsApp > Media > Whatsapp Video > Hapus folder Sent. 

Otomatis video yang sudah terkirim akan terhapus, tapi tenang video asli di galeri tidak akan terhapus kok sob.

4. Hapus Gambar Yang Sudah Terkirim

Selain Video, gambar juga berkontribusi cukup besar atas membengkaknya ukuran Whatsapp, Jika kalian merasa gambar yang sudah kalian kirim tidak diperlukan lagi untuk disimpan kalian bisa menghapusnya, caranya:

Buka folder android > media > com.whatsapp > WhatsApp > Media > Whatsapp Images> Hapus folder Sent. 

Maka gambar-gambar yang sudah kalian kirimkan akan terhapus. Tapi tenang sob karena kalian hanya menghapus folder sent, maka gambar yang dikirim ke hp kita tidak akan ikut terhapus.

5. Hapus Folder .Shared Whatsapp

Folder .Shared Whatsapp aman untuk di hapus sob, karena folder ini berisi cache file yang kalian share di  Whatsapp, caranya: 

Buka folder android > media > com.whatsapp > WhatsApp > Hapus folder .Shared > Tunggu hingga proses selesai. 

Saya sudah mencoba Cara Bersihkan Whatsapp Tanpa Hapus Chat di atas dan hasilnya lumayan sob yang awalnya ukuran aplikasi Whatsapp saya 5 GB sekarang Menjadi 2 GBan. 

Demikian sob Cara Bersihkan Whatsapp Tanpa Hapus Chat, Internal Memory Langsung Lega! terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Bersihkan Whatsapp Tanpa Hapus Chat, Internal Memory Langsung Lega!"