Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arah Antena Router Wifi Untuk Sinyal Terbaik

Jika kalian memasang instalasi wifi mungkin sempat terbesit dipikiran kalian apakah arah antena pada router bisa mempengaruhi kualitas sinyal wifi? Mungkin pemikiran ini wajar ambil contoh saja antena radio atau televisi, kalau beda arah pasti kualitas suara dan gambarnya berbeda. 

Lalu bagaimana dengan router? apakah arah antena juga mempengaruhi kualitas dan jangkauan sinyal wifi? Setelah saya baca-baca ternyata ada pengaruhnya sob, arah dari antena router berpengaruh terhadap arah penyebarannya.

Sebagai informasi arah sebaran sinyal wifi dari antena adalah horizontal seperti gambar di bawah.


Jadi jika router kalian memiliki 1 antena disarankan antenanya tegak lurus ke atas sob, sehingga sebaran sinyalnya bisa merata secara horizontal.
Jika router kalian memiliki 2 antena dan rumah kalian memiliki 2 lantai kalian bisa mengarahkan 1 antena tegak ke atas (vertikal) untuk menyebarkan sinyal wifi di lantai 1 dan 1 antena lain ke samping (horizontal) untuk menyebarkan sinyal ke lantai 2 (ke atas-bawah).


 
Selain arah antena, penempatan router wifi juga sangat penting sob. Sangat dianjurkan untuk menempatkan router wifi di tengah ruangan dan tidak terhalang oleh benda lain. Ketinggian penempatan router juga tidak kalah penting, untuk rumah 1 lantai disarankan ketinggian router antara 1 - 1.5 meter dari atas lantai.
Jika diletakkan di lantai 2 disarankan ketinggian router sekitar 0.5 meter dari atas lantai.

Kesimpulan

Jika kita melihat sifat dari penyebaran sinyal wifi, arah antena router memiliki pengaruh untuk menentukan jangkauan dan kualitas sinyal wifi. Kalian bisa mengarahkan antena tegak ke atas jika ruangan kalian 1 lantai. Jika ruangan kalian 2 lantai bisa mengkombinasikan arah antena vertikal da horizontal.

Selain arah antena, penempatan router juga bisa lebih memaksimalkan pancaran sinyal wifi.

Demikian sob Arah Antena Wifi Untuk Sinyal Terbaik, terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Arah Antena Router Wifi Untuk Sinyal Terbaik"