Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cetak Kartu BPJS Digital Sendiri Gratis

Kartu BPJS sekarang sangatlah penting kegunaanya, hampir segala urusan bahkan membuat SIM juga harus menggunakan kartu BPJS. Namun kita terkadang memiliki kendala ketika kartu BPJS yang kita miliki hilang.

Apakah kita perlu mengurus Kartu BPJS yang hilang ke Kantor BPJS?

Jawabannya tidak perlu sob, karena kartu BPJS bisa kita cetak sendiri kok dari rumah, dan tanpa perlu mengurus kehilangan kartu ke kantor BPJS.

Namun sebelum ke tutorial cara cetak kartu BPJS sendiri, beberapa orang mungkin masih ada yang bingung apa perbedaan KIS dan BPJS.

Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan

Apa Itu KIS?

KIS adalah sebuah Program Jaminan Kesehatan dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bagi warga negara Indonesia, khususnya fakir miskin dan penduduk yang tidak mampu secara ekonomi. 

Kita tidak perlu mendaftar untuk mendapatkan kartu KIS karena  hanya diberikan kepada masyarakat miskin dan masyarakat miskin tersebut terdaftar dalam pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS)  2011 yang disusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Peserta KIS tidak perlu membayar iuran bulanan karena sudah ditanggung oleh pemerintah.

Apa itu BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan adalah Program Jaminan Kesehatan dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bagi warga negara Indonesia, siapapun dapat menjadi peserta BPJS, termasuk orang asing yang telah bekerja minimal enam bulan di Indonesia. Untuk menjadi peserta BPJS, kita dapat mendaftar secara mandiri atau didaftarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja yang menyediakan fasilitas kesehatan BPJS. 

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website BPJS Kesehatan atau dengan mengunjungi cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Peserta BPJS harus membayar iuran kepesertaan bulanan tergantung kelas yang  didaftarkan dan peserta BPJS Kesehatan dapat membayar iuran kepesertaan melalui virtual account sesuai nomor kartu BPJS.

Apakah Kartu BPJS dan KIS Sama?

Pada awal peluncurannya Kartu BPJS dan KIS memiliki desain yang berbeda. Namun sekarang desain Kartu BPJS dan KIS adalah sama menggunakan desain dari KIS seperti berikut ini.

Bagaimana Cara Mencetak Kartu BPJS Digital Sendiri?

Untuk mencetak Kartu BPJS Digital kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Download dan buka aplikasi Mobile JKN.
  • Login ke akun JKN kalian, jika belum silahkan daftar.
  • Pastikan alamat email kalian sudah benar.
  • Untuk mengeceknya buka "Menu Lainnya".
  • Pilih "Perubahan Data Peserta". 
  • Pastikan alamat email kalian sudah benar. 
  • Jika sudah kembali ke menu awal.
  • Lihat pada bagian bawah, pilih kartu peserta.
  • Maka Kartu BPJS Digital kita akan muncul, pilih kirim email. 

  • Sekarang keluar dari aplikasi JKN Mobile.
  • Buka email dan cek inbox (kotak masuk) kalian.
  • Buka lampiran email dari BPJS dan kalian bisa mencetaknya sendiri menggunakan printer biasa.

Apakah Kartu BPJS yang Kita Cetak Sendiri Bisa Digunakan Untuk Berobat?

Bisa sob Kartu BPJS yang Kita Cetak Sendiri bisa kok untuk mendaftar berobat karena kartu tersebut memang sah digunakan, yang penting informasi kartu BPJS seperti nomor kartu BPJS, Nama, Alamat, Tanggal Lahir dan NIK bisa terbaca dengan jelas oleh petugas.

Kesimpulan

Kartu BPJS dan KIS memiliki desain yang sama, fungsinya pun juga sama yang membedakan hanya peruntukannya saja.

Kita bisa mencetak Kartu BPJS dan KIS sendiri di rumah gratis melalui aplikasi JKN Mobile dan kartunya bisa kok digunakan untuk daftar berobat secara offline.

Jadi demikian sob Cara Cetak Kartu BPJS Digital Sendiri Gratis terima kasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cetak Kartu BPJS Digital Sendiri Gratis"