Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Menghapus File Lainnya Xiaomi 10 GB

Sob, jika kalian pengguna android terutama xiaomi pasti pernah melihat  file other / lainnya. Kalau belum tahu kalian bisa coba cek di settings > about > storage, maka kita akan bisa melihat detail penggunaan internal storage dari masing-masing kategori yang salah satunya adalah "other".

Pengunaan storage dari other biasanya cukup besar, contohnya di hp saya mencapai 20 GB, tapi jumlah ini beragam sih tiap hp bisa beda-beda.

Apa Itu "File Lainnya / Other" di Xiaomi?

Mungkin yang sering menjadi pertanyaan adalah, file lainnya / other itu apa sih? File lainnya / Other adalah semua file yang tersimpan dalam internal storage yang tidak termasuk dalam kategori Apps & Data, Images, Audio, Video, File APK, Documents, dan System.

Kemungkinan besar file lainnya / other berisi cache dari semua aplikasi yang terinstall, thumbnail photo gallery, dan backup file dari aplikasi chat semisal WhatsApp.

Itulah kenapa ukuran file lainnya / other file berbeda-beda karena tergantung berapa banyak aplikasi dan media yang tersimpan dalam hp.

Bagaimana Cara Menghapus "File Lainnya" di Xiaomi?

Jika kita cek di status storage, pada bagian file lainnya / other misal kita coba tap tidak akan muncul menu apa-apa sob, berbeda misal pada apps & storage jika kita tap akan muncul detail aplikasi mana saja yang menghabiskan storage kita, dan kita juga bisa menghapusnya.

Untuk menghapus file lainnya / other xiaomi memang tidak bisa asal langsung hapus saja sob, karena file-file tersebut tersembunyi, langkah-langkah untuk menghapusnya bisa kita simak di bawah:

Hapus Sampah Pakai Cleaner

Langkah pertama yang biasa saya lakukan adalah menghapus file sampah sob, untuk melakukan ini kita bisa pakai aplikasi bawaan Xiaomi. Caranya buka Security > Pilih cleaner, maka aplikasi akan secara otomatis memindai dan menghapus file sampah yang ada di dalam internal storage.


Kita juga bisa memilih deep clean untuk mendapat tambahan internal storage jika dibutuhkan.

Hapus Trash Bin di Gallery

Aplikasi gallery Xiaomi menyumbang porsi yang cukup besar sob untuk kategori other, karen selain menghasilkan thumbnail, gallery juga menyimpan foto-foto dan Video yang sudah kalian hapus dalam jangka waktu tertentu. Ya, benar sob setiap gambar dan video yang kalian delete sebenarnya tidak langsung dibuang melainkan di simpan dulu di folder trash bin, yang pastinya akan memakan internal storage kalian.

Jika merasa sudah tidak membutuhkannya, kalian bisa kok menghapus media file di trash bin ini, caranya buka gallery > albums > trash bin > delete all. 


Maka semua yang tersimpan di folder trash bin akan terhapus.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Ketika kita beli hp xiaomi pasti ada aplikasi bawaan yang sudah terinstall dari pabrik. Beberapa aplikasi seperti google drive, facebook, google music dll yang bisa di hapus sebaiknya kalian hapus karena selain bisa memberikan tambahan internal storage juga bisa mengurangi beban dari RAM. Aplikasi atau game yang mungkin kalian download sendiri dari play store dan tidak pernah kalian pakai sebaiknya juga di hapus untuk memperingan beban dari hp kalian.

Hapus .msgstore Dari WhatsApp

.msgstore merupakan file backup otomatis yang dibuat oleh WhatsApp isinya beragam dari chat, video, audio, dokumen, dan lainnya. Ukuran dari .msgstore ini juga beragam mulai dari ratusan MB hingga sekian GB tergantung dari intensitas dari chat kalian.

Kalian bisa menemukan file .msgstore ini dengan cara membuka file manager dan buka folder android > media > com.whatsapp > WhatsApp > Databases.

Ada 2 macam dari .msgstore, yaitu yang aman dan tidak aman untuk di hapus:

  • Aman untuk di hapus: msgstore-yyyy-mm-dd.1.db.crypt14.
  • Tidak aman untuk di hapus: msgstore.db.crypt14 (karena ini merupakan file chat hari ini)

Hapus folder .protected_image

Sebenarnya saya ga terlalu paham . protected_image ini folder apa sob, tapi menurut saya folder protected_image ini ada hubungannya dengan gallery xiaomi sob, karena ketika di buka isinya gambar-gambar dari gallery (mungkin thumbnail). 


Saya beberapa kali hapus folder ini dan hasilnya aman sob, tidak ada gambar di gallery yang terhapus dan saya bisa dapat internal storage  kosong yang besar. Oh iya folder ini akan otomatis muncul terus ya sob, kalian bisa cek secara berkala jika kalian merasa isinya sudah cukup banyak bisa kalian delete saja.

Nah untuk step selanjutnya akan memberikan internal storage yang sangat besar sob, saya bisa dapat 10 GB lebih (baca halaman selanjutnya...)

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Menghapus File Lainnya Xiaomi 10 GB"