Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Scroll Bar Excel dan WPS Spreadsheet yang Hilang

Scroll bar dalam microsoft excel ataupun wps spreadsheet digunakan untuk menggeser isi dari layar, sehingga kita bisa membaca data yang panjang secara menyeluruh.

Secara default, letak dari scroll bar ada di sisi kanan dan sisi bawah dari microsoft excel ataupun wps office. Scroll bar di sisi kanan berguna untuk menggeser isi layar ke atas dan ke bawah, sedangkan scroll bar yang berada di sisi bawah digunakan untuk menggeser isi layar ke kanan dan ke kiri.

Tapi pernah gak sob kalian menerima dokumen excel dan ketika dibuka salah satu scroll bar atau bahkan kedua-duanya tidak ada? 

Tenang sob, saya juga pernah ngalamin hal yang sama, sering malah. Seringnya saya mendapati masalah ini ketika mendapatkan kiriman file excel dari luar negeri, salah satu contohnya seperti di bawah.


Saya sih kurang begitu paham apa masalah utama yang menyebabkan hilangnya scroll bar ini, bisa jadi ada perbedaan versi aplikasi atau mungkin ada masalah pada setting aplikasi dari pengirim, entahlah. Tapi yang jelas masalah ini gampang banget untuk diatasi kok sob, yuk kita simak sama-sama caranya.

Cara Mengembalikan Scroll Bar di Microsoft Excel

  1. Klik File
  2. Pilih options
  3. Klik advanced
  4. Geser terus kebawah, centang "show horizontal scroll bar" dan "show vertical scroll bar"

  5. Terakhir Klik OK

Cara Mengembalikan Scroll Bar di WPS Spreadsheet

  1. Klik Menu di pojok kanan atas
  2. Pilih Options
  3. Pada "window options", centang "horizontal scroll bar" dan "vertical scroll bar"

  4. Terakhir klik Ok

Sekarang coba cek kembali, seharusnya scroll bar akan muncul seperti semestinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Scroll Bar Excel dan WPS Spreadsheet yang Hilang"