Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengembalikan File yang Tiba-Tiba Hilang dari Flashdisk & Hardisk

Untuk menyimpan dokumen penting kita memilki 2 opsi pilihan yaitu penyimapanan secara online dan penyimpanan offline. Di Indonesia sendiri masih banyak yang lebih mempercayakan penyimpanan data mereka secara offline menggunakan storage device baik di Hardisk, SSD, SD Card dan yang paling banyak adalah Flashdisk, karena Flashdisk sangat ringkas untuk di bawa dan mudah di kioneksikan ke komputer atau laptop manapun.

Penyimpanan secara offline menggunakan storage device memiliki keunggulan yaitu bisa menyimpan data tanpa tergantung koneksi internet, relatif lebih cepat untuk menyimpan file besar, dan tidak perlu membayar biaya langganan perbulan.

Namun dibalik itu semua penyimpanan secara offline juga memiliki resiko yaitu hilangnya semua data yang ada di dalam storage device ketika terjadi kerusakan atau terserang virus, dan data yang berada di dalamnya cukup sulit atau tidak mungkin untuk dikembalikan.

Kejadian yang paling sering terjadi adalah data yang ada di flashdisk tiba-tiba menghilang, padahal tidak notifikasi dari komputer jika flashdisk kita mengalami kerusakan. Jika hal ini yang terjadi, kalian jangan panik dulu sob karena kemungkinan besar data-data di flashdisk kalian yang tiba-tiba hilang masih aman dan bisa muncul kembali, bagaimana caranya? yuk kita cek sama-sama.

Cara Mudah Mengembalikan File yang Tiba-Tiba Hilang dari Flashdisk & Hardisk.

1. Cek Penggunaan Storage Flashdisk atau Hardisk.
Hal pertama yang harus dicoba adalah cek Penggunaan Storage Flashdisk atau Hardisk kalian. Caranya masuk windows explorer, klik kanan pada device kalian dan oilih properties, misalnya disini flashdisk saya xxx (F). Cek pada bagian "used space" jika ada kapasitas yang dipakai maka file kalian hanya berstatus hidden, yang artinya sebenarnya file kalian masih ada di flashdisk tapi disembunyikan oleh virus.
Cara Mudah Mengembalikan File yang Tiba-Tiba Hilang dari Flashdisk & Hardisk

2. Download dan Instal Smadav dari link berikut.
3. Scan Flashdisk atau Hardisk menggunakan Smadav.
Buka Smadav, Pilih Scanner, lalu centang Drive yang ingin di scan saja, misal disini saya mau scan flasdisk saya "KINGSTONE(G)", klik scan, tunggu hingga proses selesai
Cara Mudah Mengembalikan File yang Tiba-Tiba Hilang dari Flashdisk & Hardisk

4. Buka tab Hidden Files.
5. Klik Unhide All.
Cek kembali flashdisk atau hardisk kalian yang sudah di scan, jika berhasil semua file akan muncul kembali.
Cara Mudah Mengembalikan File yang Tiba-Tiba Hilang dari Flashdisk & Hardisk


Demikian Cara Mudah Mengembalikan File yang Tiba-Tiba Hilang dari Flashdisk & Hardisk, terima kasih sudah berkunjung, silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengembalikan File yang Tiba-Tiba Hilang dari Flashdisk & Hardisk"