Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi Band Jaringan 5G Operator Indonesia

Era jaringan 5G sudah mulai terlihat di Indonesia, di tandai dengan dua operator besar yaitu Telkmsel dan Indosat sudah mulai melakukan test jaringan 5G, meskipun hanya baru di beberapa titik lokasi saja. 

5G memiliki keunggulan di bagian kecepatan, latency, dan coverage jika dibandingkan dengan 4G, dengan detail kurang lebih seperti berikut:
  • Up to 10Gbps data rate - > 10 to 100x speed improvement over 4G and 4.5G networks
  • 1-millisecond latency
  • 1000x bandwidth per unit area
  • Up to 100x number of connected devices per unit area (compared with 4G LTE)
  • 99.999% availability
  • 100% coverage
  • 90% reduction in network energy usage
  • Up to 10-year battery life for low power IoT device
Intinya 5G seharusnya lebih ngebut saat download dan upload, san sangat responsif untuk main game online, jadi seharusnya ga bakal ada lag saat main.

Smartphone 5G sekarang sudah mulai bertebaran di pasar Indonesia, dari flagship hingga midrange, beberapa vendor smartphone bahkan ada yang menawarkan smartphone 5G di harga 2 jutaan.

Tapi perlu diingat dalam tahap uji coba ini tidak semua hp 5G bisa terkoneksi dengan jaringan 5G operator Telkomsel dan Indosat, karena mereka hanya membuka jaringan 5G di band tertentu saja.

Perlu di ketahui nih sob, jaringan 5G ada banyak bandnya. Bagi yang belum tahu, band adalah channel frekuensi jaringan, jadi antara band operator seluler dan hp android kita harus sama.
Band 5G ada banyak sob seperti: n1, n3, n7, n8, n20, n28, n38, n40, n41, n66, n77. 

Selain band, arsitektur 5G juga ada 2 macam yaitu SA (Standalone Architecture) dan NSA (Non-Standalone Architecture), apa tuh bedanya SA dan NSA?
SA menggunakan arsitektur jaringan 5G baru, jadi jaringannya memang khusus untuk 5G,
Sementara NSA menggunakan arsitekur dari 4G, jadi jaringan 5Gnya numpang di jaringan 4G yang sudah ada sob.

Nah, pada uji coba awal ini, Telkomsel menyediakan jaringan 5G di band n40 NSA, sementara Indosat ada di band n3 NSA, jadi pastikan HP 5G kalian memiliki band dan arsitektur tersebut.

Bagaimana cara cek apakah hp kita support band 5G telkomsel, indosat atau operator lain?
kita bisa cek kok di website resmi hp kalian atau bisa cek di GSM Arena bagian network.
Disitu akan terlihat band dan arsitektur mana saja yang disupport.

Spec band hp sudah sesuai tapi belum bisa terkoneksi 5G?

Coba cek dulu sob apakah area kalian memang benar-benar sudah tercakup jaringan 5G, kalau iya tapi masih gak dapat sinyal 5G kemungkinan 5Gnya masih di kunci sama vendor hp, jadi kalian harus tunggu update firmware dari vendor hp kalian masing-masing.
Atau kalau pengen cepet bisa coba dial *#*#4636#*#* lalu pada "set prefered network type" pilih 5G atau NR

Demikian sob informasi mengenai Frekuensi Band Jaringan 5G Operator Indonesia, 5G saat tulisan ini dibuat masih dalam masa uji coba, untuk opertor selain telkomsel dan indosat akan segera menyusul, semoga bisa membantu silahkan dishare jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Frekuensi Band Jaringan 5G Operator Indonesia"