Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Charger VOOC Bisa Untuk Xiaomi?

Kecepatan charging smartphone kian berkembang, dari awalnya 2.5 watt, 5 watt, 10 watt, 15 watt, 18 watt, 33 watt, sampai 100 watt juga ada.
Peningkatan kecepatan ini bisa terjadi karena adanya perpaduan perkembangan kemampuan dari charger, chipset, baterai dan system. Jadi kalau hanya salah satu saja yang berkembang tidak akan bisa cepat chargingnya sob.

Istilah charging cepat ada banyak sob antara lain  Qualcomm Quick Charge, Adaptive Fast Charging, TurboPower dan ada juga VOOC flash charge yang memiliki teknologi cukup berbeda dari yang lainnya.

Apa itu VOOC?

VOOC merupakan singkatan dari "Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging" yang merupakan hasil karya Oppo sendiri, dan bukan fitur bawaan QuickCharge dari chipset Qualcomm Snapdragon. Makanya yang memiliki teknologi ini biasanya hanya hp OPPO atau Realme (anaknya OPPO)

Kecepatan charging dipengaruhi oleh besarnya daya listrik (watt) yang dikirimkan charger ke smartphone, coba deh kalian cek charger smartphone kalian, pada pengisian cepat selain VOOC biasanya yang di tinggikan adalah Voltase nya sob untuk meningkatkan daya listrik pengisian, misalnya: 5V-2A= 10 watt, 9V-2A= 18watt, nah kalau di VOOC yang ditinggikan itu arusnya sob (Ampere), misalnya 5V-4A=20W. 

Apa Keunggulan VOOC?

Menurut beberapa pengujian, VOOC flash charge memiliki keungguluan di suhu pengecasan, karena yang di naikkan adalah arusnya, suhu VOOC flash charge relatif lebih rendah dari qualcomm quick charge yang efeknya bisa mengoptimalkan kecepatan charging dan keawetan baterai.

Bisakah Xiaomi Pakai Charger VOOC?


Kembali ke pertanyaan awal, apakah bisa HP Xiaomi pakai charger VOOC? jawabannya adalah bisa! Tapi... pengisian cepat atau fast chargingya gak nyala sob.
Saya sudah coba di Redmi Note 8 Pro, ketika pakai charger bawaan (5V~3A/9V~2A) fast charging nyala (icon listrik dobel) dan saya cek dengan aplikasi AccuBattery dapat sekitar 2900mA, dengan average speed 79.5% /h, yang artinya dalam 1 jam baterai akan terisi sebanyak 79.5%


Sedangkan ketika saya coba pakai charger VOOC dan kabel bawaan realme 6 (5V~2A/5V~6A) hasilnya seperti dibawah.
Bisa ngisi sob, tapi fast charging tidak menyala, charging current hanya dapat sekitar 1700 mA dan average charge speednya 55% dalam 1 jam, lumayan jauh sob bedanya dari charger original.

Jadi kesimpulannya charging VOOC bisa dipakai untuk Xiaomi, tapi kecepatan chargingnya lambat, seperti yang tertulis di charger VOOC dia punya dua opsi yaitu 5V~6A = 30watt, atau kalau hp tidak support dapatnya 5V~2A= 10 watt.
Redmi Note 8 pro hanya support fast charging 18 watt jadi dia cuma dapat 5V~2A alias 10 wattnya saja.

Saya belum coba untuk xiaomi yang bisa charging di atasnya misalnya redmi note 10 yang bisa sampai 33 watt karena ga punya device nya :D, kalau kalian ada yang punya bisa bagi pengalamannya di kolom komentar ya sob.

Sekian informasi kali ini, terimakasih sudah berkunjung silahkan dishare jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apakah Charger VOOC Bisa Untuk Xiaomi?"