Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolaborasi Exynos-AMD Performa Tinggi, Vivo Juga Pakai?

Kerja sama antara Samsung dan AMD telah resmi di umumkan dalam acara Computex 2021 oleh Lisa Su sebagai CEO AMD. Samsung Exynos digadang-gadang akan menjadi prosesor pertama di dunia yang menggunakan GPU RDNA 2 sob.

RDNA 2 sendiri merupakan arsitektur GPU terbaru dari AMD yang juga digunakan pada GPU gaming flagship AMD Radeon RX 6000 Series.

Arsitektur ini juga dipakai pada konsol-konsol game terbaik saat ini seperti Sony PS5 dan Xbox Series X/S, manteb ga tuh?

Dikutip dari GSMArena, pengujian awal menunjukan bahwa chip Exynos dengan AMD RDNA 2 mampu meningkatkan performa 30% lebih baik dari Mali G78 yang saat ini digunakan pada chip Exynos 2100 di Galaxy S21 Ultra. 

Akan tetapi ada beberapa bocoran bahwa konsumsi daya pada chip ini mungkin akan sangat tinggi melebihi Snapdragon 810 yang notabene cukup boros daya.

GPU RDNA 2 diprediksi akan hadir di chip Exynos 2200 di perangkat smartphone dan laptop pada bulan juli mendatang.

CEO AMD mengungkapkan bahwa chip Exynos dengan RDNA 2 akan mendukung fitur ray tracing dan variable rate shading.

Dengan fitur tersebut, performa rendering grafis di chip Exynos dengan RDNA 2 akan lebih optimal.

Bocoran lain menyebutkan kalau chip Exynos dengan RDNA 2 tidak akan hanya dipakai untuk smartphone-smartphone samsung Galaxy, rumornya Vivo berminat untuk menggunakan chip ini untuk smartphone Vivo X60 and X60 Pro versi China mereka, dan tidak menutup kemungkinan vendor lain akan memakainya.

Kabar ini tentu cukup menarik sob untuk diikuti, apakah kombinasi exynos dan amd bisa merusak dominasi pasar snapdragon dan mediatek? kita tunggu saja updatenya di bulan juli ini.

Posting Komentar untuk "Kolaborasi Exynos-AMD Performa Tinggi, Vivo Juga Pakai?"

Berlangganan via Email