Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Test 5 Aplikasi VPN Gratis Paling Stabil dan Kencang Untuk Download dan Gaming Android, Hasilnya Mengejutkan!

VPN ( Virtual Private Network) adalah layanan koneksi untuk melindungi informasi pribadi agar tidak bocor di internet saat kita mengunjungi suatu website.

Cara Kerja VPN

Lah koq bisa? Emang cara kerjanya gimana?
Jadi cara kerja VPN itu gini sob, VPN bisa dikatakan sebagai "perantara" antara device yang kita gunakan dengan dunia internet. Data dari device kita akan dienkripsi oleh aplikasi VPN sebelum diteruskan ke internet.

Lokasi server VPN biasanya juga banyak sob seperti Amerika, Inggris, Singapura, Jepang, Canada, dan lainnya suka-suka yang buat aplikasi dah pokoknya. Dengan begitu koneksi kita selain di enkripsi datanya, juga disamarkan lokasinya seolah kita sedang akses dari negara lainnya.

Manfaat VPN

Selain untuk keamanan, VPN biasa dimanfaatkan untuk akses situs-situs yang di blokir pemerintah atau main game-game online yang di lock regionnya.

Tapi untuk akses mbanking saya sih kurang saranin buat pakai VPN yang gratisan sob, mending langsung tanpa VPN atau kalau mau pakai VPN pakai yang premium alias bayar biar lebih terjamin keamanannya.
Kalau untuk sekedar akses web yang diblokir atau buat main game online saya rasa sih gak masalah.

Aplikasi VPN Android Teratas

Di Google Play store ada banyak nih sob pilihan VPN-VPN gratis yang bisa di download, saya akan coba tes 5 aplikasi VPN teratas saat kita search di Play store (kalau aplikasi sama versi lite ga saya masukin)
Terus untuk ngetes saya pakai aplikasi speed test by ookla dan yang di tes adalah:
Download: mengukur kecepatan unduh data (makin tinggi makin bagus)
Upload: mengukur kecepatan unggah data (makin tinggi makin bagus)
Ping: Mengukur respon dari server ke client (makin rendah makin baik, penting untuk game online)
Jitter: Mengukur delay paket data yang diterima (jika 0 artinya bagus)
Loss: Mengukur paket data yang hilang (jika 0 artinya bagus), yang ini gak saya masukin karena kadang gak terbaca.

Masing-masing akan saya tes 2x, untuk ISPnya saya pakai Indihome 20 Mbps dengan hasil pengetesan murni tanpa VPN seperti di bawah.
Ingat, satuan disini pakai Mbps ya sob, bukan MBps kalau belum tahu bedanya bisa cek dulu postingan saya sebelumnya (baca juga: Mbps Vs MBps, Kbps Vs KBps apa bedanya?)

Pengetesan Aplikasi VPN Android

1. Turbo VPN

Di Playstore aplikasi Vpn berlogo kelinci ini berada di posisi paling atas, tapi apakah benar berbanding lurus dengan performanya? berikut hasilnya:
Untuk download speed Turbo VPN rata-rata di sekitar 10.5 Mbps-an, sedangkan Upload speed rata-rata di sekitar 3.85 Mbps-an, ping 261ms dan jitter 2ms

2. SuperVPN Free VPN Client

Aplikasi kedua yang saya tes adalah SuperVPN Free VPN Client dengan hasil berikut:
Untuk download speed SuperVPN Free VPN Client rata-rata di sekitar 6.44 Mbps-an, sedangkan Upload speed rata-rata di sekitar 2.6 Mbps-an, ping 224ms dan jitter 7ms

3. Thunder VPN - Fast, Free VPN

Aplikasi selanjutnya yang saya tes adalah Thunder VPN - Fast, Free VPN dengan hasil berikut:
Untuk download speed Thunder VPN - Fast, Free VPN rata-rata di sekitar 3.7 Mbps-an, sedangkan Upload speed rata-rata di sekitar 3.3 Mbps-an, ping 33ms dan jitter 24ms.

4. Free VPN & Security Unblock Proxy

Aplikasi VPN keempat yang saya tes adalah Free VPN & Security Unblock Proxy dengan hasil berikut:
Untuk download Free VPN & Security Unblock Proxy rata-rata di sekitar 9.18 Mbps-an, sedangkan Upload speed rata-rata di sekitar 3.2 Mbps-an, ping 210ms dan jitter 76ms.

5. VPN Proxy Master

Aplikasi VPN terakhir dalam list yang saya coba adalah VPN Proxy Master dengan hasil berikut:
Untuk download VPN Proxy Master rata-rata di sekitar 8.32 Mbps-an, sedangkan Upload speed rata-rata di sekitar 3.3 Mbps-an, ping 217ms dan jitter 3ms.

6. Speed Test

Bonus nih sob, ternyata aplikasi speed test juga ada VPNnya meskipun untuk versi gratisnya di limit 2 GB per bulan, iseng-iseng lah saya tes, bagaimana hasil testnya?
Untuk download VPN dari Speed Test rata-rata di sekitar 10.93 Mbps-an, sedangkan Upload speed rata-rata di sekitar 3.2 Mbps-an, ping 29ms dan jitter 2ms.

Kesimpulan

Biar gampang narik kesimpulan saya bikin diagram kayak di bawah sob:
Terlihat untuk kecepatan download VPN dari Speed test menjadi yang paling kencang di 10.93 Mbps
Untuk Upload Speed di menangkan oleh Turbo VPN dengan kecepatan 3.85 Mbps
Sementara untuk Ping dan Jitter paling rendah ada di VPN dari speed test

Kalau dilihat dari hasil test sih kelihatan banget sob malah yang paling kenceng buat download dan punya ping paling kecil untuk gaming adalah VPN dari Speed Test. Diluar dugaan sih memang, karena sebenarnya gak ada niatan buat test VPN dari speed test ini. Tapi perlu diinget ya sob VPN gratis dari speed test ini punya limit 2 GB perbulan.

Kalau mau VPN Gratis unlimited paling kenceng untuk download bisa pilihTurbo VPN, sedangkan untuk Gaming bisa pilih Thunder VPN karena Pingnya lumayan kecil.

Sekian Test 5 Aplikasi VPN Gratis Paling Stabil dan Kencang Untuk Android, test di atas cuma buat referensi aja ya sob, mungkin ada perbedaan ketika di test di waktu yang berbeda. Terima kasih sudah berkunjung, silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Test 5 Aplikasi VPN Gratis Paling Stabil dan Kencang Untuk Download dan Gaming Android, Hasilnya Mengejutkan!"