Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Subtitle Otomatis Untuk Semua Video dan Audio Streaming di Android dan PC

Pernah ga sob kalian nonton video atau film dalam bahasa Inggris tapi gak paham sama ceritanya karena gak bisa mengikuti sama apa yang diucapkan sama aktor/aktrisnya?

Nah, biasanya untuk mensiasati situasi ini kita menggunakan subtitle untuk lebih memudahkan dalam memahami pengucapan dari aktor atau aktris tersebut.

Apa Itu Subtitle?

Dikutip dari Wikipedia, Subtitle adalah penyampaian dialog dalam bentuk teks dalam film dan acara televisi, biasanya ditampilkan di bagian bawah layar. Teks merupakan bentuk terjemahan tertulis dari bahan yang berdialog bahasa asing, atau pemaparan dialog yang sama bahasanya.

Sebuah Film atau Video tidak selalu memuat subtitle di dalamnya, sering kali kita harus download dari situs lain agar bisa menikmati Film atau Video menggunakan subtitle.

Lalu bagaimana dengan dengan video streaming yang gak ada subtitlenya? Jawabannya adalah live caption

Apa Itu Live Caption?

Live Caption adalah teknologi dari google melalui Chrome untuk menampilkan teks dari percakapan yang ada di dalam video ataupun audio.

Teknologi ini sebenarnya sudah cukup lama di Android namun belum lama ini baru diterapkan di chrome browser PC. Live caption ini sepenuhnya hanya menuliskan suara yang ada di video yang sedang diputar ya sob, jadi bukan translate, tapi tidak menutup kemungkinan kedepannya bakal ada fitur translasinya juga.

Cara Mengaktifkan Live Caption

1. Mengaktifkan Live Caption di Chrome PC

Mengaktifkan live caption cukup mudah, hal pertama update google chrome kalian, setelah itu masuk ke Settings > Advanced > Accessibility,
Di menu Accessibility cari "Caption" hidupkan "Live Captionnya"

2. Mengaktifkan Live Caption di Android.

Fitur Live Caption sebenarnya sudah di tanamkan di Android 10, namun tidak semua vendor smartphone mengaktifkannya, jika Vendor kalian mengaktifkan sistem ini kalian bisa masuk ke Setting, lalu cari Menu Accessibility (biasanya agak tersembunyi), Cari menu caption dan aktifkan, maka setiap kita putar video akan muncul caption otomatisnya.

Tapi perlu diingat tidak di semua HP fitur ini bisa aktif ya sob, dan kalau aktif cukup menguras baterai karena sistem akan terus mencoba untuk mendeteksi setiap ada video/audio yang diputar di HP.

Lalu untuk HP yang belum support gimana? tenang bisa pakai Browser Chrome kok sob,

Cukup download atau update Chrome terbaru, Masuk Settings > Accessibilty > Caption. Kita Bisa setting Live Caption sesuai keinginan kita di menu ini.
Demikian Cara Setting Subtitle Otomatis Untuk Semua Video Streaming di Android dan PC, terima kasih sudah berkunjung silahkan di share jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Subtitle Otomatis Untuk Semua Video dan Audio Streaming di Android dan PC"