Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat QR Code Lokasi Untuk Undangan, Brosur, Spanduk atau Iklan Menggunakan Android


Eh sob, pernah gak sih kalian dapat undangan ke suatu acara tapi gak tau lokasi tempatnya? Memang sih si undangan acara biasanya tertera denah lokasi sebagai petunjuk dimana acara tersebut akan berlangsung. Tapi masalahnya adalah denah lokasi ini skalanya terlalu luas sob, biasa dikatakan hanya sebagai "ancer-ancer" untuk menuju ke tempat acara.

Saya pernah ke acara teman yang memang sebelumnya saya belum pernah ke lokasi itu, walhasil saya nyasar muter-muter gak jelas karena lokasinya yang masuk ke gang-gang dan denah yang tertera di undangan tidaklah spesifik. Sudah tanya-tanya ke warga sekitar tetep gak ketemu sob. Akhirnya saya minta share location maps ke tempat acara itu dan dalam sekejap bisa sampai ke tempat acara dengan mudah.

Dari cerita saya di atas bisa di simpulkan akan lebih mudah untuk menuju ke suatu lokasi yang belum diketahui menggunakan maps. Lalu apakah kita bisa memasukkan lokasi maps ke dalam undangan? Bisa banget sob, kita bisa menggunakan fitur QR Code.

Apa itu QR Code?

QR Code biasanya berupa kotak putih yang berisi jajaran kode unik berwarna hitam di dalamnya. Untuk membaca QR Code ini kita bisa menggunakan aplikasi QR Scanner yang biasanya sudah terinstall di hp android saat penjualan, biasanya di beri nama Scanner, pemindai atau QR Scanner. Jika tidak ada kita bisa install sendiri kok di Google Play Store, cari saja QR Scanner, maka akan ada banyak aplikasi yang bisa di pilih.

Nah untuk membuat QR Code ini gampang banget kok sob, kita gak perlu skill khusus ataupun alat-alat khusus untuk membuatnya, cukup pakai hp android sobat dan semua ini gratis sob (kecuali hpnya 😁). Mari kita cek langkah-langkah berikut.

Cara Membuat QR Code Lokasi Menggunakan Android.

1. Tentukan Lokasi Acara.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan lokasi acara di maps, mungkin kalian sudah tahu caranya dari postingan sebelumnya.


Tapi di sini agak beda sob, kita gak perlu save alamat kita, hanya perlu copy alamatnya saja.
> Buka google maps, lalu tap dan tahan lokasi tempat acara sampai muncul pin merah, lalu pilih share.

> Geser terus ke kanan sampai ketemu menu copy to clipboard, tap menu tersebut sampai muncul tulisan copied to clipboard atau tersalin di papan klip.

2. Install Aplikasi QR Generator.

Sekarang buka Play Store kita, cari aplikasi QR Generator, akan ada banyak aplikasi yang bisa di pilih di sana, tapi sebagai contoh kali ini saya pakai aplikasi seperti di bawah.

Buka aplikasi QR Generator, pilih Generate QR Code dan pilih Website.

Paste atau tempel alamat yang sudah dicopy dari google maps tadi, caranya tap dan tahan pada "input a website url". Lalu sisakan alamat yang saya beri kotak hijau (mulai https://.....). Inget ya sob sisain aja yang saya beri tanda kotak hijau, yang diatasnya hapus saja, karena kalau tidak di hapus gak bakal otomatis bisa buka google maps nantinya.
Jika sudah tekan icon centang di bawah.

Maka QR Code akan segera muncul, tinggal tap save picture. QR Code Lokasi akan muncul di galery hp kita dan siap di tempel di undangan, brosur, spanduk ataupun iklan kita sob.

Demikian cara membuat QR Code lokasi sangat mudah bukan? Selain untuk undangan QR Code lokasi ini bisa digunakan untuk brosur, spanduk, iklan, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan sobat. Silakan dishare jika bermanfaat terimakasih sudah berkunjung.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat QR Code Lokasi Untuk Undangan, Brosur, Spanduk atau Iklan Menggunakan Android"