Setting Baterai Laptop Supaya Awet



Di era serba mobile ini, setiap gadget dituntut untuk memiliki dimensi seminim mungkin agar lebih mudah untuk di bawa-bawa. Untuk mengakomodir tuntutan ini, tentu sumber tenaga dari gadget tersebut harus  praktis juga dong, kan nggak lucu kalau kita harus bawa rol kabel beratus-ratus meter supaya gadget kita bisa nyala, Oleh karena itu Kebanyakan gadget saat ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya.

Salah satu gadget yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya adalah Laptop. Gadget ini sangat praktis dan menyenangkan bagi para pelajar untuk mengerjakan tugas sambil download-download. Namun hal itu berubah saat baterai kita sudah tidak waras. Ketika seekor laptop sudah tidak waras atau rusak baterainya, akan sangat amat merepotkan usernya, dimana kita harus selalu selalu mencari mangsa colokan untuk kelangsungan hidupnya .

Apa Sih Penyebab Baterai Laptop Rusak?
Kalau kata viateknologi sih ada beberapa penyebab baterai laptop cepat rusak, beberapa diantaranya adalah karena menggunkan laptop saat charging, dan juga karena charging laptop terlalu lama.

Bagaimana Cara Mencegahnya?
Beberapa gamer mencoba menyelamatkan nyawa baterai mereka dengan cara mencabut baterai laptop saat bermain game. Cara ini sih ampuh untuk menyelamatkan baterai laptop, tapi kalau listrik nggak stabil, atau mati tiba-tiba itu akan membahayakan motherboard dan komponen-komponen hardware lain di laptop kalian, hmm,, ngeri,, malah buntung berkali lipat .

Beberapa vendor laptop sebenarnya sudah menyediakan setting khusus agar umur baterai laptop lebih awet, salah satunya adalah Samsung. Di laptop samsung biasanya ada fitur yang namanya Battery Life Cycle Extension. Fitur ini akan membatasi charging baterai laptop maksimal hanya 80%, setelah 80% jika kalian hover pakai pointer maka akan tertulis “plugged in, not charging.”

Awalnya saya kira fitur ini nggak terlalu ngefek, tapi ternyata setelah 4 tahun berkelana mencari kitab suci dengan laptop tercinta, alhamdulillah baterainya masih awet gan, Dengan isi 80% sekarang masih bisa nyala 2 jam lebih 

Bagaimana Cara Mengaktifkannya?
Jika charging laptop samsung kalian masih menyentuh angkah 100%, ada 2 kemungkinan. Yang pertama tipe laptop memang tidak support fitur Battery Life Cycle Extension, dan yang ke dua mungkin fiturnya belum diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya ikuti langkah berikut:

1. klik start dan ketikkan Easy Setting. (Jika Laptop kalian di instal dengan baik dan benar maka software bawaan samsung ini pasti ada)

2. Setelah terbuka, Klik General dan cari menu Battery Life Extender, tinggal setting slidernya (kalau kita pilih ON: Baterai akan terisi maksimal hanya 80% tapi umur baterainya akan lebih panjang, Kalau OFF: Baterai akan terisi sampai 100% tapi umur baterainya akan lebih pendek)

Menu Easy Setting Tidak Ada?
Jika aplikasi Easy setting tidak ada, jangan galau dulu bisa jadi laptop kalian support, tapi softwarenya belum terinstal.

Kalau nggak mau ribet instal-instal, kalian bisa kok aktifin ni fitur lewat bios.

1. Langkah pertama, matikan laptop kalian.

2. Hidupkan kembali sambil menekan-nekan tombol F2 di keyboard. Jika berhasil maka kalian akan masuk ke menu bios.

3. Pilih tab Advanced, dengan menekan rombol arah kanan di Keyboard (mouse dan touchpad ga fungsi di sini)

4. Cari menu Battery Life Cycle Extension, dan ubah menjadi Enabled.

5. Exit and Save.

Demikianlah cara setting baterai laptop supaya awet, untuk merk laptop yang lain menyusul ya. Terimakasih atas kunjungannya dan silahkan share jika dirasa bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar