Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal Umum Yang Memeperpendek Usia HP Android


Malem gan,, apakah kalian punya gadget android? Pasti punya lah,, Ya, secara sebagian besar perangkat mobile yang beredar di planet Bumi saat ini rata-rata menggunakan sistem operasi android.

Soal kecanggihan gadget android tentu kita sudah tidak meragukannya lagi, dari tahun ke tahun ada aja upgrade fitur-fitur baru dari android. Namun sayangnya, pengguna android terkadang kurang cukup canggih untuk mengimbangi ke-canggihan gadgetnya. Perlu kita ingat, secanggih-canggihnya gadget pasti tidak akan bekerja maksimal jika penggunaannya kuarang benar .

Berikut ini adalah Hal-hal yang sering kita lakukan namun tanpa di sadari sangat membebani kinerja dari Hp Android sehingga memperpendek usianya.

1. Menghabiskan Internal Memory gadget
Terkadang kita lupa untuk memperhatikan memori internal gadget, kita terlalu asik menggelonggong internal memori dengan foto, musik atau video. Padahal, internal memori android selain digunakan untuk menyimpan file juga digunakan oleh system untuk bekerja. Jadi apabila sisa internal memori gadget kita terlalu sedikit, gadget kita akan terasa lemot bin lelet karena kekurangan ruang untuk bernapas.

2. Instal aplikasi berlebihan
Ini biasanya dilakukan oleh pengguna gadget android baru, mereka ingin mencoba hal-hal baru dengan gadget android dengan cara menginstal banyak aplikasi keedalamnya. Berlebihan dalam menginstal aplikasi seperti ini  tentunya akan sangat memakan RAM karena kebanyakan aplikasi akan berjalan di latar belakang meskipun kita sudah menutupnya. Ujung-ujungnya ini bisa membuat gadget kita jadi sering hang nggak jelas .

3. Asal Klik Iklan
Apakah kalian pernah mengalami ketika sedang browsing tiba-tiba muncul peringatan virus dan meminta anda untuk menginstal aplikasi terntu? Jangan panic dan percaya gan, iklan tersebut hanyalah cinta palsu, eh peringatan palsu maksudnya. Apabila kita mengekliknya justru iklan nggak jelas tersebut akan otomatis mengirimkan aplikasi-aplikasi malware yang dapat mengganggu kinerja gadget kalian.

4. Lebay dengan Sosial Media
Hmm.. kalau yang satu ini biasanya sih cewek-cewek. Menginstal sosmed secara berlebihan sangatlah membebani kinerja gadget. Karena semua aplikasi sosmed selalu jalan-jalan di latar belakang meskipun aplikasi tersebut diutup. Bayangkan Jika ada 5 sosmed yang berjalan bersamaan di gadget kita, pasti itu gadget bakalan sambat, pusing mikirin RAMnya. Saran saya install sosmed seperlunya saja lah, toh paling isinya sama semua

5. Instal Banyak Antivirus
Memasang antivirus di gadget merupakan sesuatu yang baik untuk menjaga keamanan gadget. Tapi jangan sampai overprotective gan, ingat antivirus itu bukan satpam, yang kalau jumlahnya semakin banyak akan semakin baik. Menginstal lebih dari satu antivirus justru akan menciptakan konflik internal (kayak partai aja ) yang akan menyebabkan gadget menjadi lemot dan boros baterai.

6. Memaksakan Bermain Game Yang Tidak Sesuai Spesifikasi Gadget
Ini anak sekolah ni biasanya yang ngelakuin, liat temen main game HD keren jadi pengen juga. Tapi karena spesifikasi gadgetnya nggak memadai. Akhirnya dia ngoprek gadgetnya yang malang hingga melampaui batasnya. Tentu ini akan sangat berdampak pada usia hardware dari gadget tersebut , terutama untuk baterai karena baterai sangat sensitif dengan suhu yang tinggi.

7. Memainkan Game Sambil Charging
Masih berhubungan sama main game nih, biasanya para gamers pas lagi asik-asiknya maen game susah banget untuk berhenti apalagi kalau lagi mabar sama teman-teman. meskipun baterai sudah kritis, tetap saja di hajar main sambil ngecas.
Kebiasaan ini sangat tidak baik untuk umur baterai, karena menghasilkan panas berlebih yang akan memperpendek siklus dari baterai.
Saran saya sebelum main game mending hp di cas terlebih dahulu sebelum dimainkan sampai cukup, toh sekarang kebanyakan hp android sudah ada fitur quick chargenya sehingga proses pengisian baterai sudah cukup cepat.


Itulah beberapa hal yang sering kita lakukan yang tanpa kita sadari dapat membebani kinerja Hp Android kita. Terima kasih sudah berkunjung dan silahkan share jika dirasa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Hal-hal Umum Yang Memeperpendek Usia HP Android"