Cara Gampang Print Dokumen Bolak-Balik

Ya Nge-print memang kata yang mudah untuk diucapkan tapi tidak terlalu mudah untuk dilakukan. Jika kita kurang teliti dalam mengetik atau mengatur dokumen kita. Maka yang akan terjadi adalah pengucapan satwa-satwa kebun binatang yang sebenarnya tidak memiliki kesalahan apa-apa kepada kita.

Pengalaman ini pernah saya alami ketika teman saya mencoba untuk nge-print skripsi bolak-balik menggunakan printernya sendiri. Saat-saat awal ketika akan mengeprint dia terlihat sangat tenang dan yakin akan bisa nge-print dokumen-dokumen itu dengan baik like a pro. Namun hal itu berubah saat hasil akhir print-nya keluar, dari ratusan halaman yang ter-print, antara halaman depan dan baliknya tidak memiliki margin yang sejajar, dan akhirnya keluarlah hewan-hewan kebun binatang itu satu per-satu.

Nah untuk melindungi satwa-satwa yang tidak bersalah, saya akan coba share Cara Print Dokumen Bolak-Balik Yang Benar Agar kita tidak Galau. Oke tanpa panjang lebar lagi mari ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Langkah pertama adalah cek semua kalimat kalian untuk mengantisipasi kesalahan pengetikan.

2. Setting Ukuran Kertas, sesuai dengan kertas yang kalian pakai.
Klik Layout > size > pilih more paper size, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


3. Pada menu “Paper Size” sesuaikan ukuran kertas yang akan digunakan untuk nge-print, dan jangan lupa pilih apply to “whole document” untuk menerapkan pengaturan di semua halaman dokumen.

4. Sekarang atur marginnya.
Masih di Jendela tadi, klik tab Margins. Pada menu multiple pages pilih “Mirror margins”, sekarang sesuaikan margin dengan aturan penulisan di instasi kalian, kemudian jangan pilih apply to “whole document” untuk menerapkan pengaturan di semua halaman dokumen. (Baca Juga: Setting Nomor Halaman untuk Print Bolak-Balik)



5. Saatnya nge-print.
pencet tombol CTRL + P pada keyboard. Pilih “Manually Print on Both Sides” > klik print.



6. Print Halaman Baliknya.
Setelah klik print, akan muncul tampilan seperti ini (jangan klik OK dulu).  Jika halaman - halaman ganjil sudah terprint semua, masukkan kembali kertas-kertas itu dengan posisi yang sesuai dengan instruksi di gambar. Jika sudah dimasukkan barulah klik OK.


Begitulah cara untuk nge-print bolak-balik anti galau, saran saya sih coba praktek 4 halaman dulu agar tahu posisi yang benar saat memasukkan kertas. Terimakasih atas kunjungannya dan silahkan share jika dirasa bermanfaat. (Jangan Lupa Baca Juga: Setting Nomor Halaman untuk Print Bolak-Balik)

Posting Komentar

0 Komentar