Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Simpel Mengatasi Komputer Tidak Bisa Nyala

Komputer yang tidak bisa menyala saat di butuhkan pasti akan membuat kita panik. Tapi jangan terlalu panik juga sob, komputer yang tidak bisa menyala belum tentu mengalamai kerusakan.

Masalah yang kadang terjadi di komputer kita adalah tidak menampilkan tampilan apapun saat CPU sudah di On kan alias blank sob, sama sekali tidak ada tanda-tanda tampilan di layar monitor, sedangkan CPU berjalan normal. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan di benak kita, kenapa ya? apakah ada yang rusak? Jangan panik dulu, yuk kita cek sama-sama sob.

1. Cek sambungan kabel dari PC ke Monitor


Terlihat sepele memang, tapi kadang juga bisa terjadi. Coba cek sambungan dari PC ke Monitor kalian sob, apakah sambungan sudah terpasang dengan benar? jika kalian pakai VGA external, pastikan kabel benar-benar terpasang dari socket VGA ke Monitor, bukan Socket motherboard ke Monitor. Cek juga apakah kabel power monitor kalian sudah terpasang dengan benar ke socket listrik.

2. Bersihkan RAM



Seperti yang kita tahu komputer memiliki banyak komponen yang bisa di bongkar pasang seperti Hardisk, RAM, CD room, processor, hampir semua dah bisa di bongkar pasang, dan semua perangkat ini rawan kotor dan bergeser jika tidak di tempatkan dengan benar. 

Salah satu komponen yang bisa kalian cek adalah RAM Komputer, pertama jangan lupa cabut semua sumber arus listrik, kemudian buka case PC kalian dan coba bersihkan konektor RAMnya, cukup gosok-gosok konektornya pakai penghapus atau kalau tidak punya penghapus karet pakai karet gelang juga bisa sob. Sekarang coba pasang lagi RAMnya seperti semula.

Kalau masih tidak bisa matikan komputer lagi, cabut semua sumber listrik, sekarang coba cek misalnya kalian pasang 2 keping RAM coba tukar posisinya, atau coba pasang 1 keping terlebih dahulu untuk mengecek apakah salah satu RAMnya ada kerusakan atau tidak. Dan pastikan terpasang dengan pas ya sob.

Demikian Cara Simpel Mengatasi Komputer Tidak Bisa Nyala, terima kasih sudah berkunjung dan silahkan dishare jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Simpel Mengatasi Komputer Tidak Bisa Nyala"