Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belanja Online Bagi Pemula Apakah Aman? Berikut Yang Perlu Diperhatikan!

Belanja online sudah sangat lumrah di jaman sekarang ini. Tapi pasti diantara teman kalian atau mungkin kalian sendiri belum pernah sama sekali belanja online. 
Mungkin ada banyak alasan masih ogah belanja online ntah itu karena ribet gak tau caranya atau takut dengan resiko keamanan yang mungkin bisa terjadi.
Bagi sobat yang masih ragu belanja online bisa disimak nih beberapa hal yang bisa...

Hal-Hal Yang Bikin Takut Belanja Online:

1. Takut Ditipu Seller

Ini mungkin yang jadi pertimbangan awal yang bikin orang takut belanja online. Banyak orang yang ragu beli online karena takut tertipu seller ntah barang tidak di kirim atau barang yang di kirim palsu, tapi tenang sob kita cek poin-poin berikut:
> Kalau kita sudah transfer uang dan barang belum dikirim, maka transaksi akan batal secara otomatis. Uang kita akan kembali otamatis ke akun kita dan di transfer kembali ke rekening bank.
>Kalau barang yang kita terima palsu atau tidak sesuai deskripsi kita bisa kembalikan barang tersebut dan uang kita akan di kembalikan ke akun kita sehingga bisa di transfer kembali ke rekening bank kita.

2. Gak Punya Rekening Bank Untuk Bayar.

Ini juga masalah yang lumrah saya temui di sekitar saya, banyak yang males belanja online karena tidak punya rekening bank atau kartu ATM. 

Tenang sob kita ga perlu punya rekening bank untuk belanja online, sekarang metode pembayaran belanja online sudah beragam. Sekarang kita bisa bayar di indomart atau Alfamart, ada pilihan COD juga sob jadi ga perlu transfer-transfer dulu, bayarnya pas barang datang.

3. Takut Barang Hilang atau Rusak.

Ini biasanya juga bikin was-was sob, takut barang kita hilang atau nyasar. Sebenarnya kita ga perlu khawatir barang kita hilang sob, yang penting data yang kita isi seperti nama, alamat dan nomor hp yang bisa di hubungi valid.
Setiap kita pesan barang online maka akan diberikan nomer resi, kita bisa lacak tuh barang kita sudah sampai mana, dan kalau hampir sampai biasanya kurir bakal WA atau telpon kalau barang akan di kirim kerumah.

Kalau masalah barang rusak selama pengiriman pasti resiko itu selalu ada sebaiknya sebelum kita pesan, chat dulu sellernya jika barang kita mudah rusak kita bisa request packing tambahan seperti bubble wrap atau packing kayu untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan.

4. Bingung Cara Pakai Aplikasi.

Beberapa orang masih bingung cara memakai aplikasi belanja online, apalagi kalau pertama kali install. Aplikasi belanja online sekarang ada lumayan banyak, tapi intinya sebenarnya sama kok sob alurnya.
Cari barang > lihat deskripsi dengan teliti > kalau ada yang kurang jelas chat sellernya > buat pesanan > transfer uang > barang akan segera di kirim.
Akan saya bikinkan cara pakai aplikasinya langkah demi langkah di artikel yang lain.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Belanja Online:

1. Perhatikan Deskripsi Barang Secara Teliti.

Teliti dalam membaca deskripsi barang sangatlah penting, jangan mentang-mentang dapat harga murah langsung check out saja, kalau memang kurang yakin chat dulu sellernya sob. Karena kadang ada beberapa oknum seller nakal yang memanfaatkan celah ini.
Misalnya yang di pajang gambar HP, tapi sebenarnya di deskripsi ternyata yang dijual hanya tempered glass saja.

2. Isi Data Diri Dengan Benar.

Ketika ketika daftar aplikasi belanja online biasanya kita diharuskan mengisi data diri seperti nama, alamat, dan nomor hp. Pastikan pengisiannya bener ya sob, soalnya ini akan menjadii acuan untuk mengirimkan barang, kalau diisi asal yang otomatis barang kita nyasar nanti.

3. Jangan Berikan Informasi Pribadi Ke Seller.

Ini penting ni sob, jangan pernah berikan data pribadi kita ke seller, apalagi password atau kode OTP yang biasa di kirim melalui SMS oleh aplikasi belanja online. Pokoknya jangan deh, kalau sampai ada seller yang minta kode OTP atau password dengan alasan apapun udah pasti itu ga bener sob, mendig langsung tinggalin atau kita laporin ke pihak aplikasi belanja online.

4. Jangan Tergiur Harga Terlalu Murah.

Barang online biasanya lebih murah dari beli di toko, tapi kalau harganya terlalu jauh dan tidak wajar jangan langsung percaya aja ya sob.
Misalnya harga Handphone yang harga pasaranny 10 juta tapi di jual cuma 1 juta, kan gak masuk akal banget tu sob, kita hindari saja yang kayak gini ini. Kita juga bisa lihat rating toko dan penilaian dari pembeli lainnya, cari yang ratingnya bagus aja sob biar aman.

5. Pilih Dengan Teliti.

Terkadang sebuah barang memiliki model atau warna yang berbeda-beda, ketika hendak membuat pesanan pastikan memilih model dan warna yang diinginkan, kalau perlu chat ke seller dan cantumkan di deskripsi pesanan sebelum membuat pesanan.

6. Jangan Buru-Buru Tekan "Pesanan Diterima".

Ketika barang yang kita pesan sampai di rumah, biasanya akan muncul notifikasi untuk menekan "pesanan diterima" di aplikasi belanja online, tapi jangan buru-buru pencet sob.
Pertama kita buka dulu paketnya, kalau bisa direkam atau di foto tuh proses bukanya, lihat detail-detail barangnya. Kalau sudah ok bisa pencet pesanan di terima maka uang akan di transfer ke seller.

Kalau barang tidak sesuai jangan pencet pesanan diterima ya sob, tapi chat dulu ke sellernya dan jelaskan masalahnya, nanti kita akan di beri opsi untuk pengembalian barang atau dana.

7. Berikan Penilaian Yang Sesuai.

Nah setelah belanja, dan menekan pesanan di terima maka akan ada menu untuk memberikan penilaian untuk barang yang kita pesan. Biasanya penilaian dalam bentuk bintang dari bintang 1 sampai bintang 5.
Bintang 1 artinya jelek banget dan Bintang 5 artinya barang dan pelayanan sesuai keinginan kita.

Berilah penilaian yang jujur kalau memang pelayanan bagus berilah bintang yang tinggi karena ini akan berpengaruh ke rating tokonya. Beberapa orang kadang ngasih rating seperti lelucon, misalnya berkomentar barang dan pelayanan baik tapi bintangnya cuma 1, hal ini sangat tidak bertanggung jawab dan harus di hindari ya sob.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan ketika belanja online, semoga bisa membantu sobat yang mungkin baru pertama kali akan belanja online.
Terima kasih sudah berkunjung, silahkan di share jika bermanfaat 😁 .

Posting Komentar untuk "Belanja Online Bagi Pemula Apakah Aman? Berikut Yang Perlu Diperhatikan!"